-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Merencanakan Masa Depan! Gimana Caranya?

Tidak ada komentar



      Akhirnya gua nulis lagi di blog ini, akhir-akhir ini gua disibukan dengan berbagai macam kegiatan yang menurut gua gak jelas hehe. Meski ga jelas tapi seru juga. Oke, mau ngapain gua kali ini ya, sebenarnya kepala gua tu udah mau pecah karena tiap hari gua harus berjibaku dengan tulisan-tulisan makanya gua bingung, mau darimana gua mulai tulisan ini.

     Gua lagi kepengen bahas mengenai planning for future atau merencanakan masa depan, ngomongin masa depan itu ga ada habisnya menurut gua, banyak banget hal-hal yang pengen gua capai sebelum gua lenyap dari muka bumi ini. Bahkan hasrat gua ini udah gua kumpulin sejak gua kecil ya mulai dari hal sederhana saja seperti nonton langsung pertandingan Sriwijaya FC di stadion, kuliah di luar Bengkulu dan sebagainya. Dan hebatnya setiap bertambahnya usia gua, tentu keinginan-keinginan gua atau target gua ini semakin bertumpuk, jadinya bingung mau mulai darimana. Menurut gua wajar saja ya, karena setiap orang punya kebebasan untuk bermimpi bahkan tak ada batasan bagi manusia untuk terus bermimpi. Tapi, apakah mewujudkan impian itu mudah? Jawabanya ya tentu nggak kalo lu gak usaha dan doa. So, disini gua bakalan bahas mengenai siasat atau strategi gua untuk mencapai impian-impian gua tersebut, tentu awal mulanya dengan merencanakan masa depan.

      Gua menyadari semakin bertambahnya usia maka pandangan gua mengenai cara hidup itu semakin luas, jalan pikiran gua mengenai masa depan gua yang sesungguhnya itu dimana pun mulai terbuka. Dari hal yang bersifat umum-umum saja dapat gua buat jauh lebih spesifik, contoh pas masih kecil sekitar usia SD gua mungkin pernah berkeinginan untuk menjadi seorang tentara lah, polisi lah, atau apa lah namun setelah dewasa kok gua gak kepikiran lagi ya buat jadi hal-hal seperti itu atau mungkin karena gua sering nemuin hal-hal baru yang gak kebayang sebelumnya kali ya, but terserahlah gua anggap ini proses kehidupan. Saking spesifiknya cara gua berfikir sekarang sampe-sampe gua bingung mengenai profesi yang pas untuk gua di masa depan itu apa, gua cuman mikir yang penting hidup senang berkecukupan dan bekerja sesuai passion gua. Sekarang gua kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, jurusan yang sama sekali gak pernah terlintas di benak gua sebelumnya. Gua dulu mau ambil jurusan Hubungan Internasional atau Psikologi lah tapi gagal, ywd ambil komunikasi deh yang lumayan agak-agak nyambung dengan otak gua. Selama berkuliah di komunikasi gua dihadapkan dengan hal-hal baru, gua jadi senang fotografi, public speaking, atau editing dan itu semua adalah hal-hal yang sama sekali tak terpikirkan untuk gua lakuin sebelumnya. Dengan background perantau, ternyata selama jadi mahasiswa ada enaknya dan ada juga pahitnya, enaknya ya gua bisa bebas mau ngelakuin apa aja dan pahitnya gua harus berjuang sendiri di tempat orang tanpa mana tau siapa kawan dan siapa lawan. Nah, inilah ujian sebenarnya yang harus gua lalui, menjadi anak rantau gak mudah coy, mau ngapa-ngapain lu harus sendiri ibaratnya masa depan gua dipertaruhkan di masa-masa ini, tentu gua gak mau ngecewain keluarga gua yang udah membiayai gua kuliah jauh-jauh, gua harus balas budi pastinya. Di umur gua yang telah menginjak kepala dua ini alias 20 tahun, gua udah memiliki banyak target yang ingin gua capai hingga 2-3 tahun kedepan, kenapa nggak langsung 10 tahun bro? ya proses bro, semuanya bertahap dan harus dimulai dengan hal-hal kecil supaya kedepanya dapat berakhir happy. Cara gua merencanakan ini ialah dengan membuat sebuah dream board atau sekedar tabel rencana yang mana gua tempel di dinding agar gua selalu ingat dan fokus dengan target-target gua ini. Gambarnya kek diatas…
       Ya kalo cara gua sih begitu buat melecut semangat gua biar gak kendor, disamping membuat rencana seperti itu yang pastinya harus tetap diiringi doa dan usaha yang maksimal juga. Gua ga bisa jalan sendiri tentu ada Allah yang mengawasi setiap gerak-gerik gua, dan tentu ada saja hal-hal yang akan menghambat gua untuk mencapai mimpi-mimpi tersebut, oleh karenanya gua harus jadi manusia tangguh disini. Gua tu sangat punya impian untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri tepatnya negara UK atau Jerman, disamping gua bisa memperluas cakrawala gua tentang dunia luar, gua tentu akan memperoleh teman baru, pengalaman baru, serta tantangan baru dan tentu tujuan utama gua pengen kuliah ke luar negeri ya untuk balik lagi ke Indonesia dan berkontribusi untuk bangsa dalam hal apapun. Gua pengen pas gua udah gak ada lagi di dunia ini, nama gua dapat terukir dengan baik di negeri ini sebagai salah seorang agen perubahan bangsa meskipun hanya secuil namun berdampak besar atau dengan menjadi bupati di kampung halaman gua mungkin daerah Kab. Bengkulu Selatan. Kalo pengen dijabarkan secara luas tentu halaman blog ini gak bakalan cukup buat nampung cerita-cerita kehidupan gua, intinya gua tu orangnya punya banyak impian dan rencana, tentu semua itu harus gua wujudin dengan cara-cara gua dan cara-cara Allah. Mau sekeras apapun lu ngehalangin gua untuk maju, insyaallah gua bisa melewati itu karena gua punya niat dan tekad yang jauh lebih besar. So, keep positive thinking and positive acting. Selama tujuan-tujuan lu dimasa depan itu positif dan baik yakinlah itu akan terwujud dengan cara-cara yang baik pula!! 

Doakan saja semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah supaya kita dapat mewujudkan impian-impian kita di masa depan, aminn!

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com