-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Menantang Mental di Pendakian Pertama, Gunung Merbabu Cocok Untuk Pemula Namun Terjal!

1 komentar

Oke perjalanan dimulai, Minggu 14 Juli 2019 kereta ekonomi membawa kami dari st. senen menuju st. lempuyangan Jogja. Kota Jogja akan menjadi titik awal kami sebelum menuju jalur pendakian Selo di keesokan harinya. Untuk tiket kereta kita sudah pesan PP, untuk pergi 98.000 dan pulang 75.000.

Senin, 15 Juli 2019 pendakian kita di mulai setelah pada malam hari kita menumpang istirahat di rumah rekan kita di Jogja. Di pendakian ini, Gua ditemani 3 orang teman Gua lainya Dimas, Yuda, dan Riski. Setelah semuanya siap, kami bergegas menuju basecamp pendakian Selo dari St. Lempuyangan Jogja dengan menggunakan mobil yg telah kami carter dengan harga 300.000 jadi kalo PP ya 600.000. Ini sudah hasil tawar menawar. Untuk kontak driver nya ada di deskripsi ya. Perjalanan menuju basecamp dari Jogja memakan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan, setelah sampai di basecamp kami kroscek ulang, memastikan bahawa semua peralatan yang kami bawa siap. Berjalan kami menuju loket untuk mengurus simaksi, untuk simaksi kami dikenakan biaya Rp. 15.000/ orang. Simaksi selesai, lalu briefing, dan terakhir jangan lupa berdoa supaya semuanya lancar.

Btw, ini adalah pendakian pertama gua setelah berkali2 berencana namun tak terealisasikan. Ohiya sebelum mendaki gunung pastikan sebelumnya kalian telah berlatih fisik ya dan tentu kondisi tubuh harus sehat. Lanjut, perjalanan menuju pos satu kami tempuh dengan waktu 1 jam 30 menit dengan medan yang belum terlalu menyulitkan. Setelah sampai di pos 1 kami beristirahat sejenak sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan menuju pos 2 dengan waktu tempuh hampir sama 1 jam 30 menit lebih. Menuju pos 2 track mulai ada yang terjal ni.

Di Pos 2, kami kembali beristirahat sejenak dan tak lupa bertegur sapa dengan para pendaki lain baik yang akan naik maupun yang akan turun untuk pulang. Ingat, Jadilah manusia ramah selama ada di gunung, baik kepada manusia maupun alamnya. Perjalanan berlanjut menuju pos 3 dan memakan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit lagi, setelah sampai di pos 3 sempat ada niat dari kami untu ngecamp disana namu urung dikarenakan kondisi camping ground di pos 3 yang kerap diterjang angina kencang. Setelah beristirahat perjalanan dilanjutkan menuju savana 1 tempat kami akan mendirikan tenda, dari pos 3 menuju savana 1 track mulai curam parah dan harus ekstra hati-hati. Sampai di savana 1 tepat sebelum magrib, kami langsung bergegas mencari lahan dan mendirikan tenda. Proses mendirikan tenda cukup sulit karena kondisi angina yang begitu kencang. Untuk informasi, kondisi cuaca di Merbabu sedang tidak baik, suhu begitu dingin, angin kencang, bahkan salah satu teman gua hampir saja terkena hipo karena begitu dinginya cuaca untuk segera kita hangatkan.

Malam pun tiba, kami memasak lalu makan malam sebelum akhirnya beristirahat. Kami berencana untuk summit ke puncak pada subuh hari. Dan tepat pukul 04:15 Wib gua, Riski, dan Yuda pun bersiap untuk menuju puncak sementara teman kita dimas tak ingin ikut. Jadilah kami bertiga berjalan dan naik menuju puncak dengan kondisi alam yang berangin, gelap, serta cukup licin. Setelah 1 jam 30 menit perjalanan, kami tiba di puncak Triangulasi di ketinggian 3.142 mdpl, lalu berlanjut menuju puncak kenteng Songo.

Bagi gua ini adalah pengalaman berharga yang tak dapat dibeli dengan apapun, gua ga pernah menjadikan puncak sebagai tujuan  utama dari pendakian. Bagi gua gunung adalah tempat yang adil untuk gua menata hati, mencintai alam, dan belajar melawan ego. Bagi teman-teman yang telah berhasil mencapai berbagai puncak gunung, ingat bukanlah kita yang maha penakluk alam, Tuhanlah yang maha penakluk atas segala hal yang ada di alam semesta. Tugas kita cukup sederhana yaitu bersyukur dan menjaga segala titipan yang tuhan berikan.

Vlog Youtube :

mrioaldino

1 komentar

1. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)