-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Harapan Generasi Muda dalam Menyongsong Wajah Baru Ibukota Indonesia!

1 komentar

Indonesia-Akhir-akhir ini isu tentang pemindahan ibukota Indonesia dari Jakarta ke kota yang lebih layak semakin menguat, lebih tegas presiden Republik Indonesia bapak Jokowi mengatakan "Ya kan memang sudah dari dulu saya sampaikan pindah ke Kalimantan. Nah, Kalimantannya yang Kalimantan mana yang belum. Nanti kita sampaikan Agustuslah," kata Presiden Jokowi seperti dikutip dari laman Setkab, Rabu (31/7). Lantas tepatkah langkah yang akan di ambil oleh pemerintah ini, seburuk apakah kondisi Kota Jakarta saat ini sehingga dianggap tak layak lagi menjadi pusat pemerintahan serta tonggak perekonomian di Republik Indonesia. Beberapa alasan kuat mengapa Jakarta dianggap tidak mumpuni lagi untuk memegang roda kendali sebagai ibukota negara karena sejumlah masalah seperti daerah rawan bencana banjir, polusi udara yang semakin tidak baik untuk kesehatan masyarakat, kepadatan penduduk, serta kualitas sanitasi air yang buruk. Sungguh inilah problematika yang tengah dihadapi kota yang dulunya bernama Batavia ini.
Sumber : Dinas Lingkungan Hidup Prov. DKI Jakarta
Wacana tentang pemindahan Ibukota negara Indonesia ini memang telah dibahas sejak era pemerintahan presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno, namun tidak mudah untuk merealisasikan hal tersebut, butuh waktu dan dana yang tidak sedikit tentunya. Barulah di zaman pemerintahan Presiden Jokowi inilah isu tersebut kembali di angkat, tentu ada berbagai standar penting yang harus dipenuhi oleh calon ibukota negara yang baru. Beberapa diantaranya harus terbebas dari potensi terjadinya bencana alam baik dari darat maupun laut, selain itu calon ibukota yang baru hendaknya memiliki potensi yang baik dalam menopang berbagai sektor seperti perekonmian dan pemerintahan, ketersediaan air bersih dan bebas dari pencemaran lingkungan juga sangat diperlukan guna mereduksi berbagai wabah penyakit, lebih lagi kota tersebut harus memiliki infrastruktur yang berkualitas baik dalam tata ruang kota maupun interkonektivitas antar kota seperti jalan, bandara, terminal, maupun stasiun, dan dalam tatanan sosial sendiri ibukota harus memiliki budaya terbuka atau multikultural guna mengurangi kemungkinan terjadinya konflik sosial serta mampu mencerminkan pembangunan Indonesia sentris. Hal tersebut diperlukan guna merepresentasikan keadilan dan mendorong percepatan khususnya wilayah Indonesia bagian timur.
Sumber Pribadi
Jika berbagai kriteria tersebut telah mampu terpenuhi, barulah kota tersebut siap untuk memegang kendali sebagai ibukota suatu negara. Untuk memilih ibukota baru tentu tidaklah mudah, berbagai pemetaan wilayah tentu telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia agar tidak menimbulkan berbagai kerugian di masa yang akan datang. Salah satu kandidat wilayah terkuat yang disinyalir tepat untuk menjadi pengganti Jakarta sebagai ibukota negara ialah wilayah Kalimantan, belum diketahui secara pasti Kalimantan bagian mana yang dimaksud. Namun, secara geografis dan dipandang dari sisi sumber daya alam maupun manusianya wilayah Kalimantan memang menjadi urutan prioritas untuk menjadi pusat pemerintahan Republik Indonesia di masa depan, ditambah lagi wilayah Kalimantan yang dirasa ideal karena berada pada posisi sentral dari peta wilayah NKRI. Apapun keputusanya dan dimanapun ibukota Indonesia kelak, sebagai warga negara yang baik dan taat aturan memang seharusnya kita mendukung penuh segala langkah baik yang tengah dilakukan pemerintah saat ini terlepas dari segala pro dan kontra yang ada.
Sumber Pribadi
Sedikit membahas tentang Kalimantan, beberapa kota di Kalimantan dirasa layak menjadi ibukota Republik Indonesia sebut saja seperti Kota Balikpapan dan Samarinda di Kalimantan Timur atau Kota Palangkaraya di Kalimantan Tengah. Balikpapan dapat menjadi opsi karena berada pada lokasi yang strategis di tengah hutan tropis, belum lagi segala sarana infrastruktur di Balikpapan terbilang lengkap dan mumpuni. Selain Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur masih memiliki opsi Kota Samarinda sebagai calon ibukota negara yang baru, Samarinda bisa saja menjadi prioritas karena statusnya sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Timur dan tentu segala sesuatunya akan mudah di dapatkan di pusat ibukota provinsi ini. Sedikit melihat potensi di Kalimantan Tengah, isu tentang Kota Palangkaraya yang tengah dipersiapkan sebagai calon ibukota baru semakin mencuat, diketahui kota Palangkaraya memang telah menjadi kandidat ibukota baru bagi NKRI sejak era Presiden Ir. Soekarno. Beberapa kelebihan lain yang dimiliki Palangkaraya ialah seperti minim terjadinya bencana alam dan memiliki lahan yang luas untuk memulai pemerataan pembangunan. Namun terlepas dari segala kemungkinan yang ada, tentu pemerintah Indonesia harus selalu siap dan tanggap akan segala konsekuensi yang akan terjadi pasca pemindahan ibukota ini benar terealisasi. Mungkin beberapa konsekuensi yang akan tampak seperti cost yang dibutuhkan untuk membangun dan mempersiapkan segala kebutuhan di ibukota yang baru tentu tidaklah murah, disisi lain dapat dipastikan PNS yang berkarir di lingkup pemerintahan pusat akan turut pindah ke kota yang baru, dan terakhir butuh waktu jangka panjang untuk merealisasikan rencana akbar ini. Semoga pemerintah Indonesia selalu menemukan solusi terbaik atas segala kendala yang sedang atau akan terjadi di masa mendatang.
Harapan saya dan seluruh masyarakat Indonesia terhadap ibukota yang baru tentu sama, semua berharap yang terbaik untuk Indonesia, semoga wajah baru ibukota dapat mengangkat semangat baru generasi muda untuk selalu berprestasi dan mengharumkan nama bangsa. Atas dasar nasionalisme dan patriotisme saya mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk terus mendukung penuh segala kebijakan positif yang tengah dilakukan Pemerintah Indonesia guna terciptanya kesejahteraan yang berkesinambungan bagi seluruh rakyat Indonesia.
#Bappenas
#IbuKotaBaru

mrioaldino

1 komentar

  1. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)





banner



Klook.com