-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Mendobrak Sekat-sekat yang Mengisolasi Wilayah Demi Konektivitas Indonesia yang Merata!

1 komentar

Indonesia-Apa jadinya jika negara tanpa akses sarana dan prasarana transportasi, dapat dibayangkan betapa lumpuhnya aksesibilitas suatu wilayah bahkan negara jika tanpa konektivitas satu sama lain. Indonesia mungkin akan menjadi negara yang paling ketar-ketir kala sarana transportasi dan infrastruktur penunjangnya tak dapat difungsikan dengan maksimal, berlatar belakang sebagai negara kepulauan tentu peran sarana transportasi dan infrastruktur penunjang konektivitas antar wilayah begitu vital bagi bangsa ini. Laju aktivitas perekonomian, mobilitas penduduk, bahkan aktivitas pemerintahan akan sangat bergantung pada segala jenis infrastruktur dan sarana transportasi. Dalam hal ini Pemerintah pusat, propinsi, bahkan daerah pun saling berkolaborasi dalam membangun sarana dan prasarana transportasi yang kondusif bagi seluruh rakyat Indonesia. Presiden dan wakil presiden pun tak bekerja berdua-duaan saja, segala urusan yang berkaitan dengan sarana transportasi dan perhubungan tentu dibawah kendali dari Kementerian Perhubungan yang mana dari tahun ke tahun selalu menghadirkan inovasi yang baik dalam ruang lingkup pekerjaannya. Dilansir dari website resmi dephub.go.id adapun tugas pokok Kementerian perhubungan beserta jajaran dinasnya ialah membantu presiden dalam menyelenggarakan sebagian tugas pemerintahan di bidang perhubungan.

Sebesar apa Prestasi Kemenhub 5 Tahun Terakhir?
Selalu ada evaluasi dalam setiap hasil kerja, selalu ada prestasi dan wanprestasi dalam setiap proses pelaksanaan tugas dan pekerjaan. Sepertihalnya perangkat negara lain, Kemenhub hadir bukan hanya sekedar formalitas suatu lembaga negara semata, kehadiran dan eksistensi kementerian perhubungan tentu untuk menjamin pemerataan sarana konektivitas antar wilayah dan masyarakat di seluruh Indonesia. Sepanjang 5 tahun perjalananya di kabinet Indonesia Kerja besutan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, banyak torehan prestasi membanggakan yang telah di tuai Kemenhub baik ketika dibawah arahan Menteri Ignasius Jonan hingga beralih kursi kepada Menteri Budi Karya Sumardi hingga saat ini. 5 tahun adalah proses panjang untuk memenangkan hati masyarakat, tentu ada banyak pengorbanan dan perjuangan besar yang telah dilakukan oleh seluruh pihak kementerian perhubungan dan dinas terkaitnya untuk menjalankan tugas dan wewenang secara amanah. Dalam 5 tahun ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membangun berbagai sarana dan prasarana transportasi pada sektor darat, laut, dan udara di berbagai wilayah di Indonesia, bahkan beberapa peraturan dalam dunia transportasi dan perhubungan pun terus digodok guna menghadirkan stabilitas dalam dunia perhubungan. Terlepas dari tahun 2019 yang menjadi masa peralihan dari kabinet lama ke kabinet yang baru, mari kita melihat kemajuan dan pembaharuan apa saja yang telah dicanangkan oleh Kemenhub terhitung sejak tahun 2014-2018.
Sumber : dephub.go.id
Sedikit demi sedikit pemerataan sarana dan prasarana transportasi di Indonesia telah memasuki babak baru, pembangunan yang terus gencar dilakukan pemerintah Indonesia tak lain untuk menghadirkan konektivitas pembangunan yang merata hingga ke pelosok negeri. Kemenhub pun melakukan pembangunan infrastruktur transportasi dengan pendekatan Indonesia sentris guna membuka sekat-sekat yang mengisolasi terutama pada kawasan 3TP (Terluar, Terdepan, Tertinggal dan Perbatasan).
Sumber : instagram.com/kemenhub151
Prestasi lain yang dicatatkan oleh Kementerian Perhubungan sepanjang 5 tahun terakhir ialah meraih peringkat ketiga sebagai lembaga negara paling berintegritas. Semoga Kemenhub selalu menorehkan prestasi gemilang di dunia pemerintahan dan selalu memperoleh apresiasi yang baik dari masyarakat Indonesia.

Bagaimana sih Bentuk Konektivitas Antarwilayah di Indonesia?
          Berbicara tentang konektivitas, tentu kita akan berbicara pula tentang perangkat yang digunakan untuk menunjang konektivitas tersebut. Membahas tentang sistem bagaimana yang mampu menghubungkan antar wilayah di Indonesia, maka sarana dan prasarana transportasilah yang menjadi perangkat penghubung antar wilayah tersebut. Menurut Steenbrink (1974), transportasi adalah perpindahan orang atau barang dengan menggunakan alat atau kendaraan dari dan ke tempat-tempat yang terpisah secara geografis. Secara geografis Indonesia adalah negara maritim dan mayoritas wilayahnya terpisah antarpulau satu sama lain. Berbagai moda sarana dan prasarana transportasi pun digunakan baik jalur darat, laut, bahkan udara.
Keunggulan Transportasi Darat Indonesia
Sumber : olah data pribadi
Kabar baik dari dunia transportasi darat, perkembangan pesat teknologi modern telah berdampak terhadap inovasi dan kreasi baru dalam dunia transportasi. Berbagai akses tranportasi darat yang unggul pun rampung dan siap untuk di aplikasikan ke masyarakat. Kehadiran kereta Mass Rapid Transit (MRT) bagi masyarakat Jakarta telah meringankan daya pikul KRL commuter line yang makin hari-makin massif saja penggunanya, belum lagi beberapa tahun kedepan Light Rail Transit (LRT) pun siap di uji di Jakarta meskipun LRT Palembang telah beroperasi. Beberapa kota di Indonesia pun telah memiliki Bus Trans dalam Kota yang ramah bagi mobilitas warga sebut saja Trans Jakarta, Trans Solo, Trans Jogja, dan lainya. Selain itu wacana untuk menghadirkan transportasi darat ramah lingkungan pun terus dikaji, baik kendaraan berbahan bakar gas ataupun listrik dan spesialnya tentu ini akan menggembangkan karya anak negeri. Fenomena transportasi online pun semakin marak akhir-akhir ini, kombinasi teknologi modern (internet) dan alat transportasi pun telah menghadirkan gaya baru yang lebih praktis dalam berkendara. Terlepas dari Pro dan Kontra kehadiran transportasi online seperti Go-Jek dan Grab, Kemenhub pun telah mengeluarkan sejumlah regulasi mengatur jenis transportasi online tersebut yakni Peraturan Menteri Perhubungan (PM)118/2018 tentang Angkutan Sewa Khusus (ASK) serta (PM) 12/2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat.
Keunggulan Transportasi Laut Indonesia
Sumber : olah data pribadi
Dari transportasi laut pun tak kalah baik kemajuannya, Laut menjadi salah satu sektor penghubung yang vital bagi beberapa wilayah di Indonesia. Normalisasi akses transportasi laut seperti kapal penumpang, kapal barang ekpedisi, dan kapal tambang pun terus diupayakan. Sebagai contoh, dalam Pasal 8 Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 tentang Penyelenggaran Kegiatan Pelayanan Publik Kapal Perintis Milik Negara, Pemerintah telah menugaskan PT. Pelni untuk melayani angkutan laut perintis tahun 2016 dengan mengoperasikan 52 kapal negara. Penugasan tersebut diberikan kepada PT. Pelni karena PT. Pelni memiliki pengalaman, manajemen, dan sumber daya yang memadai untuk menjamin kualitas pelayanan angkutan laut perintis. Pemerintah melalui Kementerian perhubungan tentu selalu berupaya untuk menghadirkan kualitas pelayanan yang serius bagi masyarakat. Laut adalah salah satu kekayaan yang dimiliki oleh bangsa ini, tentu ini akan sangat berguna untuk menunjang segala aktivitas transportasi di Indonesia.
Keunggulan Transportasi Udara Indonesia
Dunia penerbangan menjadi salah satu akses paling cepat dalam dunia transportasi, lalu lintas pesawat pun tak terbendung setiap harinya. Data terakhir dari hubud.dephub.go.id menunjukan sejak per 2013-2019 inilah jumlah lalu lintas pesawat Indonesia.
Sumber : hubud.dephub.go.id
Dunia dirgantara Indonesia pun selalu berimprovisasi menghadirkan kualitas pelayanan penerbangan yang kompeten untuk publik. Berbagai jenis pesawat komersil unggulan pun hadir di Indonesia baik itu berjenis Boeing ataupun Airbus, belum lagi adanya wacana untuk menghadirkan rancangan pesawat anak Negeri yang kualitasnya tak kalah baik dari buatan asing. Cita-cita Presiden ke-3 RI Alm. Bapak Habibie pun nampaknya akan segera terealisasi, pesawat R-80 yang dirancang oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI) dapat saja menjadi prestasi bangsa ini dalam dunia penerbangan. Sekedar informasi, Pesawat R-80 dirancang dengan teknologi terbaru dan super canggih dengan tingkat keamanan bermutu tinggi bagi penumpang. Berbeda dengan pesawat pada umumnya, Pesawat R-80 dilengkapi dengan teknologi fly by wire yang menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah. Kemenhub sendiri dalam dunia penerbangan pun memiliki aturan perundang-undangan yang serius, PM No. 52 / 2018 tentang Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 47 (Civil Aviation Safety Regulations Part 47) Tentang Pendaftaran Pesawat Udara (Aircraft Registration).
Kualitas Prasarana Transportasi di Indonesia
Sumber : olah data pribadi
Setelah segala sarana transportasi yang unggul telah terpenuhi, bagaimana dengan prasana transportasi di Indonesia, apakah sudah jauh dari kata baik?. Prestasi lain dari kementerian perhubungan bersama kementerian pekerjaan umum dan perusahaan swasta terkait ialah membangun dan merenovasi berbagai infrastruktur transportasi guna memberikan kenyamanan terhadap publik. Pembangunan jembatan untuk meningkatkan konektivitas logistik, penggembangan jalan umum dan lintas, renovasi berbagai stasiun kereta, normalisasi terminal bus dan pembaharuan trayek angkutan umum, kemudahan akses pembelian tiket transportasi umum, pembuatan dermaga baru, hingga pembangunan bandara baru pun telah banyak dilakukan. Sebagai contoh, beberapa Bandara baru pun akan atau bahkan telah siap beroperasi seperti Bandara Internasional Kertajati, di Majalengka yang dapat menjadi alternatif setelah Bandara Soekarno Hatta atau Husein Sastranegara di Bandung, Bandara Internasional Yogyakarta (Kulon Progo) pun kelak akan menjadi wajah baru di kota Gudeg. Dibalik pesatnya pembenahan yang terjadi tentu ada peran krusial Sumber Daya Manusia yang makin hari makin unggul. Melahirkan kualitas SDM yang unggul harus selalu menjadi prioritas pemerintah Indonesia, baiknya agar negara ini tak selalu bergantung pada Sumber Daya Asing di masa depan.

Program Kerja Kemenhub Kedepan dalam Menjaga Konektivitas Antar Wilayah
Sumber : ppid.dephub.go.id
     Merujuk pada rencana kerja kementerian perhubungan tahun 2019, Bapak Menteri Ir. Budi Karya Sumadi bersama jajaranya pun telah menetapkan berbagai agenda penting baik lanjutan dari program kerja sebelumnya maupun rencana kerja baru. Tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2019 adalah “Pemerataan Pembangunan untuk Pertumbuhan Berkualitas” dan ini telah menjadi tantangan tersendiri bagi Kemenhub untuk terus menjamin pemerataan sarana dan prasarana transportasi hingga ke pelosok negeri. Berdasarkan dokumen unduhan pada laman website ppid.dephub.go.id perihal Rencana Kerja Kemenhub 2019 dapat dipastikan prioritas Kemenhub adalah tetap berpegang teguh pada visinya yaitu handal, berdaya saing, dan bernilai tambah. Sementara sasaran program kerja Kemenhub hingga 5 tahun kedepan seperti disampaikan oleh Pak Menteri Budi Karya yang dilansir dari tribunnews.com (15/07/2019) adalah mendorong pihaknya untuk terus melanjutkan pembangunan infrastruktur dan mengupayakan agar selalu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, melanjutkan program Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Sekolah-Sekolah di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Kemenhub untuk menggembangkan kualitas SDM yang ada. Selanjutnya terkait dengan kemudahan investasi, kemenhub terus mendorong dilakukannya efisiensi-efisensi di berbagai lini di sektor transportasi dalam upaya mendorong ekspor dan kemudahan investasi. Dan terakhir perihal APBN yang fokus dan tepat sasaran, dia menyatakan kementeriannya akan fokus pada program-program unggulan Kementerian Perhubungan seperti: Revitalisasi sarana dan prasarana Angkutan Jalan, pengembangan Tol Laut, pembangunan Bandara di daerah terpencil, tertinggal, terdepan dan perbatasan (3TP), pembangunan jalur KA Trans Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, serta program strategis lainnya.

Tujuan Konektivitas Wilayah dan Harapan untuk Kemenhub!
Sumber : olah data pribadi
               Besar harapan masyarakat Indonesia terhadap segala program kerja pemerintah baru saat ini. Terkhususnya kepada Kementerian Perhubungan, tulisan ini mewakili masyarakat Indonesia tentang harapan atas jaminan terkoneksinya seluruh wilayah di Indonesia secara merata, karena tujuan dari konektivitas ialah untuk pemerataan pembangunan. Jika setiap titik di NKRI telah terhubung satu sama lain maka berbagai hal positif akan tampak seperti akan mereduksi kesenjangan sosial yang ada, lalu lintas bahan-bahan logistik pun tak akan tersendat, hingga proses pembangunan infrastruktur tiap-tiap wilayah pun akan cepat rampung tanpa hambatan. Masyarakat percaya pemerintah, dan pemerintah bekerja untuk masyarakat. Kesenjangan antar wilayah dan propinsi di NKRI harus segera diminimalisir, pemerintah dan masyarakat harus bersinergi dan berkolaborasi untuk mewujudkan segala cita-cita baik bangsa Indonesia. Pembangunan itu dari kita, oleh kita, dan untuk kita sepertihanya konsep kita dalam berdemokrasi.

Bonus Ilmu : Tips Berkendara Aman Ala-ala!
Mendukung setiap program kerja pemerintah adalah hal yang sepatutnya masyarakat lakukan, pemerintah butuh pemantik semangat serta pengawas atas apa yang tengah mereka kerjakan dan kriteria ini ada dalam diri masyarakat. Dalam dunia transportasi pemerintah punya tanggung jawab untuk memberikan akses transportasi yang layak bagi masyarakat, namun sebagai warga masyarakat yang cerdas tentu harus paham rule yang baik dalam berkendara atau memanfaatkan fasilitas transportasi, guna menciptakan suasana berkendara yang aman tentunya. Setiap tahun angka kecelakaan lalu lintas bisa saja meningkat akibat ketidak mawasan masyarakat dalam memanfaatkan alat transportasi. Perlu ada tips khusus berkendara yang harus disosialisasikan kepada masyarakat guna menekan angka kecelakaan lalu lintas. Nah, secara umum berikut adalah “7 Ramuan Selamat Dijalan” versi aku dalam berkendara baik motor, mobil, dan lainya.
Sumber : olah data pribadi
Nah, itulah beberapa tips umum dari Aku tentang “7 Ramuan Selamat Dijalan”, semoga tulisan ini dapat menambah refrensi ilmu pengetahuan kalian yang membaca dan jangan lelah untuk mendukung pemerintah beserta Kemenhub untuk selalu menghadirkan Transportasi yang Unggul, demi menyongsong masa depan Indonesia yang maju.

Tema : Transportasi Unggul,Indonesia Maju
Sub-tema : Konektivitas untuk pemerataan pembangunan

Daftar Pustaka :
- Steenbrink, 1974, Optimization of Transport Networks, Tugas Akhir Universitas. Jendral Soedirman, Purwokerto
  kemenhub (Diakses pada tanggal 3/11/2019, jam 12:12 wib)
hubud.dephub.go.id/?id/permen (Diakses pada tanggal 4/10/2019, jam 16:23 wib)
  tanggal 4/10/2019, jam 17:10 wib)

mrioaldino

1 komentar

  1. poker online dengan pelayanan CS yang baik dan ramah hanya di AJOQQ :D
    ayo di kunjungi agen AJOQQ :D





banner



Klook.com