-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

10 Spot Wisata Paling Populer di Kalimantan Timur, Apa Saja?

Tidak ada komentar

           Nah, sobat Ninggalin Jejak kali ini mimin kembali ke pulau Kalimantan dan akan memberikan informasi menarik kembali kepada kalian seputar pariwisata di pulau Kalimantan tepatnya Kalimantan Timur. Tidak perlu berlama-lama, berikut 10 spot wisata paling popular di Kalimantan Timur yang wajib wisatawan kunjungi.

1. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan
Source : totabuan.news

Kepulauan Derawan saat ini tengah naik daun di kalangan para pecinta wisata Indonesia khususnya wisata Kalimantan Timur. Secara administrative Kepulauan Derawan berada di Kabupaten Berau dan memiliki berbagai resort keren untuk para pengunjungnya. Derawan menjadi primadona baru bagi wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahan alamnya yang memukau, pantainya pun bersih dan air laut terlihat begitu jernih sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang melakukan aktivitas snorkeling dan diving di pulau ini.

2. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah
Source : satulensa.com

Berikutnya pelancong dapat berwisata alam ke Pulau Beras Basah yang berlokasi di Bontang. Pulau ini dikenal memiliki panorama pantai yang indah dengan pasir putihnya yang bersih. Selain itu di Pulau ini terdapat sebuah mercusuar tua yang semakin menambah estetika panorama di Pulau Beras Basah. Wisatawan juga dapat melakukan aktivitas snorkeling di pulau ini karena keindahan alam bawah lautnya yang sayang sekali jika dilewatkan.

3. Air Terjun Tanah Merah

air terjun tanah merah
Source : bernas.id

Selanjutnya, wisatawan dapat menyambangi Air Terjun Tanah Merah yang berada di Desa Purwosari, Kecamatan Samarida Utara, atau sekitar 14 km dari pusat kota Samarinda. Uniknya, air yang mengalir pada air terjun ini akan terlihat jernih dan bersih, namun ketika di bawah, air akan berubah menjadi keruh kemerahan. Hal ini dikarenakan tanah di sini berjenis gambut ya. Namun wisata air terjun ini tetap menjadi salah satu yang terpopuler di Kalimantan Timur tepatnya di Samarinda ya.

4. Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda
Source : kaltimprov.go.id

Wisata selanjutnya yang dapat kalian kunjungi ketika berada di Propinsi Kalimantan Timur ialah Masjid Islamic Center di Kota Samarinda. Masjid ikonik ini terletak di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Samarinda dan sudah dibangun sejak tahun 2001, namun peresmianya terjadi di tahun 2008. Salah satu spot wisata religi di Kalimantan Timur ini memiliki arsitektur bangunan yang ciamik dengan sentuhan desain ala Hagia Sophia di Turki. Masjid ini pun memiliki satu menara utama setinggi 99 meter yang disesuaikan dengan asmaul husna, dan enam menara dengan ukuran lebih pendek yang melambangkan rukun iman.

5. Desa Pengadan

suku dayak
Source : taldebrooklyn.com

Spot selanjutnya adalah berwisata budaya ke Desa Pengadan di Kutai Kartanegara, mayoritas penduduk asli desa ini ialah suku Dayak. Untuk bisa sampai di desa Pengadan kalian akan menyewa perahu dan melewati trek sungai yang cukup menantang karena masih kerap dijumpai buaya, orang utan, rusa, bekantan dan hewan-hewan eksotis lainnya jika tidak menimbulkan suara gaduh.

6. Pantai Lamaru

pantai lamaru balikpapan
Source : gran.senyiurhotels.com

Beralih ke Balikpapan, kali ini wisatawan dapat berkunjung ke Pantai Lamaru sebuah objek wisata pantai di Balikpapan. Pepohonan cemara di areal pantai memberikan rasa nyaman dan santai bagi para penikmatnya. Tak perlu khawatir terlalu sepi, di pantai ini juga terdapat berbagai fasilitas seperti warung-warung, toilet, dan parkir. Selain itu anda juga dapat mencoba bermain perahu sepeda yang terkenal di pantai ini. Wisata pantai ini sangat cocok untuk liburan keluarga di akhir pekan.

7. Pasar Kebun Sayur

pasar kebun sayur balikpapan
Source : kompasiana.com

Berikutnya lagi, bagi kalian yang hobi berburu souvenir antic maka kalian wajib berkunjung ke Pasar Kebun Sayur. Pasar yang terletak di Jl. Letjen Suprapto, Kelurahan Karang Jati, Balikpapan ini merupakan pusat kerajinan tangan dan oleh-oleh di Balikpapan. Beberapa hasil kerajinan yang dapat kalian temui disini mulai dari batik ampik, kerajinan batu permata, hingga kerajinan tradisional khas suku Dayak. Pasar ini dibuka sejak pukul 8 pagi hingga 6 sore WITA. Selain itu anda juga dapat menikmati amplang kuku macan makanan khas Balikpapan di pasar ini.

8. Pantai Aquatik (Tanjung Bara)

Pantai Aquatik (Tanjung Bara)
Source : pesona.travel

Selanjutnya kalian dapat berkunjung ke Pantai Aquatik (Tanjung Bara) yang merupakan pantai terfavorit bagi masyarakat daerah Sangatta. Di pantai ini kalian dapat memancing atau sekedar bersantau menghabiskan hari. Untuk dapat sampai ke pantai ini wisatawan dapat melakukan perjalanan dari pusat Kota Sanggata dengan menggunakan kendaraan umum seperti ojek atau angkot dengan tarif lokal.

9. Pulau Birah-birahan

Pulau Birah-birahan
Source : backpackerjakarta.com

Nah, Kalimantan Timur masih memiliki wisata pulau yang menarik untuk dikunjungi yaitu Pulau Birah-birahan yang berjarak sekitar 15 km dari Teluk Manubar, Semenanjung Sangkulirang, Sangatta. Di pulau ini pelancong akan melihat secara langsung Penyu Hijau dan aktivitas migrasi Burung Putih. Untuk sampai ke Pulau ini kalian akan menempuh perjalanan darat 8 jam dari kota Samarinda, dan berlanjut dengan naik perahu dari dermaga di Sangatta.

10. Telaga Biru Tulung Ni’ Lenggo

Telaga Biru Tulung Ni’ Lenggo
Source : cakrawalatour.com

Terakhir wisatawan dapat berkunjung ke Telaga Biru Tulung Ni’ Lenggo yang berada di Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau. Wisata yang satu ini mulai popular di kalangan warga setempat karena menawarkan suasana yang relax untuk menenangkan pikiran setelah rutinitas pekerjaan yang melelahkan. Di Tulung Ni’ Lenggo, wisatawan bisa mengelilingi telaga menggunakan perahu atau sekedar berenang-renang menikmati kesegaran air danau. Tiket masuknya pun sangat terjangkau, hanya dengan Rp. 5000, kalian sudah dapat menikmati keindahan Danau Biru ini.

Baiklah, itulah 10 spot wisata yang paling popular dan wajib untuk kalian kunjungi selama berada di Kalimantan Timur. Semoga artikel ini menambah refrensi liburan kalian ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com