-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Tidak Hanya Labuan Bajo, Inilah 10 Spot Wisata Terbaik di Nusa Tenggara Timur!

Tidak ada komentar

            Hallo sobat Ninggalin Jejak, kali ini mimin masih mau ngajakin kalian jalan-jalan di kawasan timur Indonesia. Bukan di Papua lagi ya, kali ini mimin bakal kasih sedikit bocoran mengenai apa saja wisata paling eksotis yang ada di Nusa Tenggara Timur, dan wajib baca artikel ini ya bagi kalian yang punya rencana untuk berlibur ke NTT namun masih bingung mengenai tempat apa saja yang akan dikunjungi. So, let’s kick off.

1. Danau Tiga Warna Kelimutu

Danau Kelimutu
Source : travel.tribunnews.com

Wisata eksotis pertama yang dapat kalian kunjungi ketika memutuskan berlibur ke Nusa Tenggara Timur ialah Danau Tiga Warna Kelimutu yang berlokasi di Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Disebut "Danau Tiga Warna", karena rupanya yang kerap berubah-ubah warna dari biru, menjadi merah dan cokelat tua. Selain menikmati keindahan danau Kelimutu, kalian juga dapat menjejaki Gunung Kelimutu loh dengan ketinggian 1.631 mdpl.

2. Desa Tradisional Wae Rebo

Wae Rebo
Source : beritaflores.com

Berikutnya ada salah satu desa wisata yang sangat unik di Labuan Bajo, disebut sebagai negeri di atas awan dari Flores inilah penampakan Wae Rebo yang berada sekitar 1.200 mdpl. Spot yang masuk kedalam kategori  wisata budaya ini wajib banget kalian kunjungi ketika punya banyak waktu di Labuan Bajo, menginap barang semalam di Wae Rebo akan menjadi pengalaman berharga yang tak akan pernah kalian lupakan sepanjang hidup. Untuk mencapai objek wisata adat ini, kalian harus mendaki gunung denghan jarak kurang lebih 4-5 jam perjalanan.

3. Pantai dan Pasir Oetune

pantai Oetune
Source : wisataoke.com

Sudah menjadi rahasia umum bila Nusa Tenggara Timur memiliki berbagai surga wisata bahari yang memukau dunia, selain Pink Beach yang tersohor NTT masih memiliki Pantai Outene yang terletak di Desa Tuafanu, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur dan terkenal dengan gurun pasir putihnya yang bergelombang. Sensasi ala benua Afrika pun dapat pelancong rasakan disini karena terdapat beberapa pepohonan lontar dan kausari di pesisir pantai dan gumuk pasir.

4. Pulau Alor

pulau alor
Source : eljohnnews.com

Selanjutnya, wisatawan dapat menyempatkan diri berkunjung ke Pulau Alor yang menawan. Pulau Alor terletak di paling ujung timur dari gugusan pulau Nusa Tenggara Timur. Pulau ini dikenal sebagai salah satu kawasan terbaik untuk aktivitas penyelaman dan snorkeling karena memiliki 18 poin penyelaman yang eksotis karena keberagaman terumbu karang yang terdapat di dalamnya.

5. Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang
Source : bacpackerjakarta.com

Tidak hanya pantai, NTT juga memiliki salah satu spot air terjun yang cantik bahkan sampai dijuluki Grand Canyon dari NTT yaitu Air Terjun Cunca Wulang. Keindahan air terjun ini dapat dilihat dari formasinya yang dikelilingi oleh tebing yang nampak eksotis serta dipadukan dengan jernihnya air terjun itu sendiri.

6. Spiderwab Ricefield Cancar

Spider Web Rice Field Cancar
Source : trekearth.com

Spot wisata unik lainya yang dimiliki oleh NTT adalah Sawah Lingko atau Spiderwab Ricefield Cancar yang terletak di Desa Cancar, Kabupaten Manggarai. Jika dilihat dari bawah kawasan ini akan Nampak seperti lading sawah pada umumnya, namun keunikan itu akan kalian sadari ketika memandangnya dari atas tebing yang mana pembagiannya seakan-akan menyerupai jaring laba-laba. Luas lading ini diperkirakan mencapai 100 hektar dan pastinya berswa foto dari ketinggian Sawah Lingko ini akan menghasilkan sebuah foto yang estetik untuk kalian ya.

7. Puncak Gunung Inerie

Puncak Gunung Inerie
Source : gunung.id

Selain gunung Kalimutu, Nusa Tenggara Timur masih memiliki Puncak Gunung Inerie yang siap menantang para traveller. Puncak Gunung Inerie yang bentuknya menyerupai piramida ini menjadi objek wisata gunung berapi tertinggi di Flores. Spot wisata ini terbilang ekstrim karena kalian akan melewati trek savana, trek berbatu terjal, hingga trek berpasir yang berat untuk langkah. Gunung Inerie ini juga memiliki kawah Inerie dengan kedalaman mencapai 150 meter. Namun perjuangan ini akan dibalas setimpal ketika kalian sampai di puncaknya, panorama alam yang menakjubkan akan kalian temui dari atas Puncak Gunung Inerie.

8. Labuan Bajo

labuan bajo

Untuk yang satu ini pamornya tidak perlu di perdebatkan lagi ya, Labuan Bajo sudah menjadi primadona NTT bahkan Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Labuan Bajo bisa dikatakan sudah sejajar dengan Pulau Bali ya untuk ketenaranya, dari tahun ketahun tempat ini selalu mengundang banyak wisatawan baik dalam atau luar negeri untuk berkunjung maka tak heran berbagai asilitas penunjang public pun di bangun di Labuan Bajo. Beberapa spot wisata terkenal di Bajo ialah seperti Pulau Komodo, Pulau Padar, Gili Laba, Manta Point, dan lain sebagainya.

9. Pulau Sumba

sumba
Source : travel.tempo.co

Nah, Pulau Sumba juga mulai mengalami lonjakan pengunjung beberapa tahun terakhir, bahkan beberapa selebritis papan atas Indonesia juga kerap berlibur ke Sumba. Tak ingin kalah dengan tetangganya Labuan Bajo, berbagai spot wisata estetik juga dapat kalian kunjungi selama di Sumba mulai dari wisata alam bahkan budaya. Beberapa tempat wisata terkenal di Sumba seperti Wekuri Lagoon, Pantai Wlakiri, Bukit Warinding, Kampung Adat Ratenggaro, dan lain sebagainya.

10. Pulau Sabu

Pulau Sabu
Source : teritorial.com

Terakhir jika kalian masih mempunyai banyak waktu untuk mengekspolari keindahan NTT, maka kalian wajib berkunjung ke Pulau Sabu yang dikenal dengan keindahan bukit pelangi Kelabba Maja. Objek wisata Kelabba Maja, berada di kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua dan secara alami formasi bebatuan di bukit ini memiliki warna bak pelangi yaitu putih, cokelat, biru, dan merah. Selain itu banyak aktivitas menarik lain yang dapat kalian lakukan di Pulau Sabu, mulai dari berinteraksi dengan masyarakat adat setempat dan berkunjung ke beberapa spot pantai terbaik di pulau ini.

        Baik sobat Ninggalin Jejak, itulah 10 spot wisata terbaik di Nusa Tenggara Timur yang wajib masuk kedalam bucket list kalian yang ingin berkunjung kesana.

 

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com