-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Berikut Profil Negara Filipina dan Potensi Wisata yang Dimilikinya!

Tidak ada komentar

Filipina Flag
Source : pngitem.com

          Kembali dalam rubrik profil negara, kali ini mimin akan membahas salah satu Negara kepulauan lainya selain di Indonesia di Kawasan Asia Tenggara yaitu Filipina. Negara Fillipina juga tergabung kedalam komunitas ASEAN dimana Fillipina merupakan salah satu negara pencetus berdirinya ASEAN yang diwakili oleh Fransisco Ramos pada waktu itu. Kepulauan Fillipina sendiri terdiri atas 7.641 pulau yang membentang sekitar 1.850 kilometer di sepanjang tepi barat Samudra Pasifik. Tiga pulau utama Fillipina adalah Pulau Luzon, Visayas, dan Mindanao. Sebagian besar orang-orang hidup di sebelas pulau terbesar, dua di antaranya yaitu Pulau Luzon dan Pulau Mindanao yang mencakup lebih dari dua pertiga dari luas daratan negara ini. Menelisik sejarahnya, Filipina adalah negara bekas kolonialisme Spanyol, setidaknya 3,5 abad Spanyol menjajah tanah mereka. Nama Filipina sendiri di dapat pasca kepemimpinan penguasa Spanyol bernama Raja Felipe II, namun. setelah Perang Spanyol-Amerika pada tahun 1898, Filipina diperintah Amerika Serikat dan kemudian menjadi sebuah persemakmuran di bawah Amerika Serikat sejak tahun 1935. Periode Persemakmuran dipotong Perang Dunia II saat Filipina berada di bawah pendudukan Jepang. Filipina akhirnya memperoleh kemerdekaannya pada 4 Juli 1946.

Profile Negara Fillipina

  • Nama Lengkap : Republik Filipina (Republic of Philippines)
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara/Pemerintah : Presiden Rodrigo DUTERTE (sejak 30 Juni 2016)
  • Ibukota : Manila
  • Luas Wilayah : 300.000 km2
  • Jumlah Penduduk : 106,7 juta jiwa
  • Agama : Katolik 82,9%, Islam 5%, agama lainnya 12,1%.
  • Bahasa Resmi : Filipina/Tagalog, Inggris
  • Mata Uang : PESO Filipina (PHP)
  • Hari Kemerdekaan : 4 Juli 1946 (dari Amerika Serikat)
  • Lagu Kebangsaan : “Lupang Hinirang” (Chosen Land)
  • PDB per Kapita : USD 3,102,71 (2018)
  • Kode Telepon : 63
  • Lokasi : Benua Asia (Asia Tenggara)

Perekonomian Fillipina

Melihat sektor perekonomian Filipina, Negara yang masih tergolong berkembang ini sangat mengandalkan sektor agraris dalam menunjang pertumbuhan ekonominya, namun akhir-akhir ini Pemerintah Filipina mulai menggaungkan industry jasa untuk lebih mendongkrak perekonomian negara. Tantangan pemerintah Fillipina adalah untuk terus meningkatkan pertumbuhan ekonominya mengingat Filipina menjadi salah satu Negara dengan angka kemiskinan tertinggi di kawasan Asean. Dengan banyaknya lapangan pekerjaan nantinya, tentu hal ini juga akan menekan angka kemiskinan dan pengangguran yang ada di negara Fillipina.

Potensi Wisata Filipina

            Setelah sedikit mengenal profil Negara Filipina, jika kalian tertarik berkunjung ke Negara ini maka mimin akan menyarankan 5 spot wisata terbaik di Filipina yang wajib kalian sambangi, apa saja?

1. Coron Island

coron island
Source : journeyera.com

Coron Island adalah salah satu hidden-paradise di Filipina yang menawarkan panorama alam yang ekstotik. Pulau ini memiliki pemandangan bawah laut dan pantai yang memukau, tak kalah dari Raja Ampat yang ada di Indonesia. Untuk dapat sampai ke Pulau Coron, wisatawan dapat menggunakan pesawat dari Manila yang akan memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam menuju sebuah bandara kecil di Pulau tersebut. Atraksi wisata paling populer di pulau ini seperti snorkeling, berenang, dan menunggu sunset dari atas Bukit Tapyas.

2. Tubbataha Reff 

Tubbataha Reef
Source : nationalgeographic.com

Berlatar belakang sebagai Negara kepulauan, tidak heran jika Filipina memiliki pesona wisata laut yang memukau. Ketika berkunjung ke Filipina, kalian dapat berkunjung ke Tubbataha Reef yang berlokasi di laut Sulu sekitar 150 km arah tenggara dari Puerto Pricess City, Palawan. Tubbattaha Reef menjadi salah satu wisata bawah laut unggulan di Filipina karena para penyelam akan dibuat terkesima dengan keindahanya. Setidaknya terdapat sekitar 300 lebih jenis terumbu karang dan 600 lebih spesies ikan, dan populasi lumba-lumba juga banyak di temukan di Reef ini. Tubbataha Reef juga telah dinobatkan sebagai warisan dunia UNESCO.

3. The chocolate Hill

The chocolate Hill
Source : his-travel.com

Tempat yang satu ini sempat mimin bahas di artike lalu mengenai tempat-tempat terindah di Asia Tenggara, ya benar sekali The Chocolata Hill adalah salah satu spot wisata terpopuler yang ada di Filipina. Tempat wisata bukit ini berlokasi di provinsi Bohol, Filipina, keunikan dari The Chocoate Hill ini dapat dilihat dari formasinya  yang tersususn atas gundukan tanah yang berselimutkan rumput-rumput hijau yang menjulang tinggi dan indah. Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah pada musim kemarau sore hari dimana wisatawan akan melihat fenomena dimana rumput-rumputnya akan berubah menjadi coklat dan disinari cahaya matahari sore sehingga akan menghasilkan sebuah pemandangan yang indah.

4. Boracay

boracay philippines
Source : traveldailymedia.com

Nah, masih dengan wisata pantai, Fillipina masih memiliki satu kawasan pantai yang indah dan sayang untuk wisatawan lewatkan yaitu Boracay. Boracay Island sebuah pulau kecil yang indah dan dilengkapi oleh berbagai fasilitas penunjang yang lengkap seperti bar dan resort. Tempat ini dapat menjadi rekomendasi untuk melakukan kegiatan berselancar dikarenakan ombak di pantai ini sangatlah cocok bagi para peselancar. Setiap awal tahun diadakan Internasional Fun Board Cup yaitu kompetisi selancar angin dan selancar layang di Boracay.

5. Kota Vigan

kota vigan
Source : idntimes.com

Terakhir, mimin akan menyarankan kalian berkunjung ke Kota Vigan yang termasuk kedalam situs warisan dunia oleh UNESCO. Kota Vigan dibangun pada abad ke-16 dan memiliki gaya arsitektur yang old-fashion, perpaduan antara budaya Spanyol dan Filpina sangat kental di Kota ini. Diperkirakan sekitar 187 bangunan cagar budaya ada di tempat ini. Bahkan, hingga saat ini beberapa bangunan tersebut masih produktif sebagai restoran dan penginapan.

            Nah, itulah profil singkat dan potensi wisata terbaik yang ada di Negara Filipina. Semoga artikel ini menambah wawasan kalian yang membaca ya

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com