-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Profil Negara Brunei Darussalam dan 5 Potensi Wisata Terbaiknya!

Tidak ada komentar

brunei darussalam flag
Source : in.pinterest.com

Berbicara mengenai Negara terkecil di Asia Tenggara selain Singapura, mungkin perhatian akan tertuju ke Negara Brunei Darussalam yang terletak di bagian atas pulau Borneo Kalimantan. Secara astronomis, Brunei Darussalam berada di antara 4°LU – 5°LU dan antara 114°BT – 115°BT yang mana sebelah utaranya adalah Laut China Selatan sedangkan di sebelah selatan, barat dan timur berbatasan dengan Serawak Malaysia. Brunei Darussalam adalah Negara kecil yang kaya, Negara ini memiliki bentuk pemerintahan monarki absolut yang mana kepala Negara dan kepala pemerintahannya adalah seorang Raja atau Sultan. Hingga saat ini Negara Brunei masih di pimpin oleh Sultan Hassanal Bolkiah yang juga merangkap sebagai Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan.

Profil Negara Brunei Darussalam

  • Nama Lengkap : Brunei Darussalam
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Absolut / Kesultanan
  • Kepala Negara : Sultan Hassanal Bolkiah (sejak 5 Oktober 1967)
  • Kepala Pemerintahan : Sultan Hassanal Bolkiah (sejak 5 Oktober 1967)
  • Ibukota : Bandar Seri Begawan
  • Luas Wilayah : 5.765 km2
  • Jumlah Penduduk : 437.479 Jiwa (2020)
  • Suku Bangsa/Etnis : Melayu 65.7%, Tionghoa 10.3%, asli lainnya 3.4%, etnis lainnya 20.6% (2011 est.)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Melayu
  • Agama : Islam 78,8%, Kristen 8,7%, Buddha 7,8%, agama lainnya 4,7%
  • Mata Uang : Dolar Brunei (BND)
  • Hari Nasional : 23 Februari 1984, 1 Januari 1984 (dari Inggris)
  • Lagu Kebangsaan : “Allah Peliharakan Sultan” (God Bless His Majesty)
  • PDB Per Kapita : USD 31.628,33 (2018)
  • Kode Telepon : 673
  • Lokasi : Asia Tenggara (Asean)

Perekonomian Brunei Darussalam

Sebagai salah satu negara terkaya di kawasan Asean bahkan dunia, perekonomian Brunei Darussalam di topang maju oleh sektor gas alam dan minyak bumi. Selain itu, pemerintah Brunei Darussalam juga berusaha untuk melakukan kebijakan diversifikasi perekonomiannya di bidang industri dan perdagangan.  Menariknya, di Brunei Darussalam, masyarakatnya tidak dipungut pajak penghasilan, pemerintahnya juga menyediakan layanan kesehatan gratis dan pendidikan gratis.

Pariwisata di Brunei Darussalam

      Meskipun memiliki luas wilayah yang terbilang kecil, bukan berarti Negara Brunei tidak mempunyai potensi wisata ya. Nah, berikut mimin kasih 5 rekomendasi spot wisata terbaik di Brunei Darussalam.

1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin
Source : muslimobsession.com

Wisata pertama yang wajub dikunjungi wisatawan adalah landmark dari Negara Brunei itu sendiri yaitu Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin yang terletak di kota Bandar Seri Begawan, ibu kota Brunei Darussalam. Uniknya, arsitektur masjid yang di rancang oleh biro arsitekur Booty and Edwards Chartered ini memadukan gaya Arsitektur Mughal dengan gaya Italia. Masjid ini memiliki menara marmer berkubah emas dan dikelilingi oleh taman yang indah dengan air mancur yang memukau. Selain itu, di dalam menara masjid juga terdapat lift di mana pengunjung dapat naik ke puncak menara dan menikmati pemandangan panorama kota dari ketinggian.

2. Nurul Iman Palace

nurul iman palace brunei
Source : pinterest.com

Tidak jauh dari masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, turis dapat menyambangi Istana Nurul Iman yang merupakan kediaman resmi keluarga Kerajaan Brunei Darussalam. Luas istana yang didirikan sejak tahun 1984 ini diperkirakan mencapai 200 ribu meter persegi. Arsitekturnya yang memadukan gaya kebudayaan Islam dan Melayu semakin membuat lingkungan istana ini Nampak syahdu dan nyaman. Nama Nurul Iman sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti Cahaya Keyakinan (Palace of the Light of Faith).

3. Kampong Ayer

kampong ayer brunei
Source : atlasobscura.com

Berikutnya lagi, wisatawan dapat berkunjung ke Kampong Ayer  atau biasa disebut Water Village yang merupakan salah satu desa air terbesar di dunia dan terletak di kawasan Bruney Bay. Desa ini masuk ke dalam kategori peninggalan prasejarah karena sudah ditinggali selama satu millennium lamanya. Kini, tempat bersejarah ini dihuni oleh 40 ribu warga Brunei yang merupakan 10 % dari total penduduk. Kampong Ayer tidak seperti desa biasanya, karena dibangun di atas air. Fasilitas di desa ini sama saja dengan desa kebanyakan, selain rumah-rumah, di sana juga terdapat sekolah, wifi, layanan darurat, dan sebagainya. Sementara, untuk sarana mobilitas penduduk, terdapat taksi air untuk berpindah tempat.

4. Ulu Temburong National Park

Ulu Temburong National Park
Source : borneoadventure.com

Ulu Temburong National Park terletak di Distrik Temburong di Brunei bagian timur adalah sebuah taman nasional pertama yang didirikan di Brunei, dan telah dilindungi sejak tahun 1991. Taman Nasional Ulu Temburong adalah kawasan hutan hujan tropis terbaik yang ada di pulau Borneo, dan selalu menjadi tempat favorit untuk dikunjungi oleh wisatawan di Brunei. Waktu yang paling pas mengunjungi Tempat Wisata di Brunei Darussalam ini adalah sebelum fajar, karena pada saat fajar atau pagi hari hutan akan dipenuhi dengan burung dan binatang yang keluar mencari makan.

5. National Museum of Brunei

National Museum of Brunei
Source : thescoop.co

Terakhir, wisatawan dapat belajar sejarah di Museum Brunei, di museum Brunei ini kalian akan menemukan berbagai barang bersejarah, artefak, dan benda adat Borneo, seperti belati dan meriam antic, serta benda kuno berharga lainya. Museum ini selesai di bangun pada awal tahun 1970 dan memiliki luas sekitar 48 hektar, museum ini pun terletak di Kota Batu dekat Bandar Seri Begawan. Museum ini telah mempublikasikan sebuah jurnal akademik, bernama “Jurnal Museum Brunei” pertama pada tahun 1969.

            Nah, itulah profil singkat dari Negara tetangga Brunei Darussalam dan beberapa potensi wisata yang dimilikinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com