-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Profil Negara Myanmar (Burma) dan Spot Wisata Terbaiknya!

Tidak ada komentar

myanmar flag
Source : commons.wikimedia.com

Hallo sobat Ninggalin Jejak kembali dalam artikel profil negara, kali ini mimin bakal ngebahas tentang Negara Myanmar. Myanmar sebuah negara sosialis di Asia Tenggara dengan ibu kota Naypyidaw, Negara ini juga mendapat julukan sebagai zamrud Asia. Negara yang dahulunya bernama Burma ini secara astronomis berada di antara  11°LU – 28°LU dan 92°BT – 100°BT ini berbatasan dengan Bangladesh, India dan laut Benggala disebelah baratnya, sedangkan disebelah timurnya Myanmar berbatasan dengan Thailand, Laos dan China. Di sebelah Utara Myanmar adalah China dan disebelah Selatan adalah Laut Andaman. Fakta lainya adalah, Myanmar adalah negara bekas jajahan Inggris dan memperoleh kemerdekaannya pada tanggal 4 Januari 1948.

Profil Negara Myanmar

  • Nama Lengkap : Republik Persatuan Myanmar (Republik of the Union of Myanmar)
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara/Pemerintahan : Presiden HTIN KYAW (sejak 30 Maret 2016)
  • Ibukota : Naypyidaw
  • Luas Wilayah : 676.575 km2
  • Jumlah Penduduk : 53,71 juta jiwa (tahun 2018)
  • Suku Bangsa/Etnis : Burma (Bamar) 68%, Shan 9%, Karen 7%, Rakhine 4%, Tionghoa 3%, India 2%, Mon 2%, etnis lainnya 5%
  • Bahasa Resmi : Bahasa Myanmar (bahasa Burma)
  • Agama : Buddha 87.9%, Kristen 6.2%, Islam 4.3%, Animisme 0.8%, Hindu 0.5%, Agama lainnya 0.2%, tidak beragama 0.1%
  • Mata Uang : Kyat Myanmar (MMK)
  • Hari Kemerdekaan : 4 Januari 1948 (dari Inggris)
  • Lagu Kebangsaan : “Kaba Ma Kyei” (Till the End of the World, Myanmar)
  • PDB Per Kapita : USD 1,325,95,- (2018).
  • Kode Telepon : 95
  • Lokasi : Benua Asia (Asia Tenggara)

Perekonomian Myanmar

        Pada sektor perekonomian, Negara Myanmar mengandalkan berbagai sektor untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi Negara. Salah sektor yang menjadi titik fokus pemerintah Myanmar ialah pertanian dan perkebunan, sebagai salah satu negara agraris di ASEAN komoditas utama pertanian dan perkebunanya adalah padi, the, tembakau, sayur-mayur, kapas, gandum, kayu jati, dan lainya. Sementara pada sektor pertambangan, Myanmar kaya akan SDA minyak tanah, seng, timah, nikel, emas, dan uranium. Terakhir, Myanmar juga mengandalkan sektor jasa dan industri, berbagai jenis industri di Myanmar adalah industri pertambangan (timbal, seng, emas, perak, permata, minyak bumi, dan tungsten), industri pengolahan ikan, pemotongan kayu, semen, tekstil, dan berbagai barang kerajinan.

Potensi Wisata di Myanmar

        Baik kali ini mimin bakal kasih 5 rekomendasi spot wisata terbaik yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke Myanmar. Apa saja?

1. Pagoda Shwedagon

Pagoda Shwedagon
Source : theculturet

Myanmar dikenal sebagai Negara seribu Pagoda, salah satu yang paling terkenal adalah Pagoda Shwedagon yang terletak di kota, Yangon. Pagoda ini memiliki stupa yang berkilauan dan bernuansa emas yang classy untuk di saksikan. Pagoda ini sangat kontras dengan kehidupan komersil di Yangon, pagoda yang merupakan salah satu dari situs Buddha Myanmar ini memiliki interior yang menenangkan dan khusuk.

2. Kota Bagan

Kota Bagan myanmar
Source : perjalanandunia.com

Selanjutnya, wisatawan dapat berkunjung ke Bagan yang merupakan tempat di mana jantung arsitektur kuno negara ini berada. Setidaknya, lebih dari 2.000 kuil dan stupa berada di Bagan dan dapat ditemukan di sepanjang tepi timur sungai Ayeyarwady. Salah satu daya tarik dari Bagan ialah dimana kalian dapat menikmati indahnya panorama bangunan-bangunan kuno tersebut melalui balon udara serta wisatawan juga berkesempatan untuk menyewa kuda pedati sebagai transportasi untuk mengelilingi lokasi bersejarah satu ini.

3. Ngapali Beach

ngapali myanmar
Source : booking.com

Tentang wisata keindahan alam, Myanmar memiliii area yang disebut Ngapali atau pantai Ngapali. Spot wisata yang satu ini menawarkan pemandangan yang eksotis, dengan pasir putih dan laut biru yang menyegarkan mata. Selain itu, ada banyak resort mewah berdiri disana dan kalian dapat menghabiskan waktu bersantai saat berada disana.

4. Danau Inle

danau inle
Source : agoda.com

Jika di Indonesia memiliki Danau Toba yang indah, ternyata di Myanmar juga memiliki wisata danau yang terkenal yaitu Danau Inle. Beberapa kegiatan yang dapat wisatawan lakukan selama berwisata disini seperti menelusuri sungai menggunakan sampan kecil, mengunjungi Stupa-Stupa dan Biara seperti Biara Nga Hoe Kyaung. Kalian juga berkesempatan mengunjungi Jumping Cat Monastry yang mana sangat terkenal dengan kucingnya yang terlatih untuk mampu melompat lingkaran.

5. Taung Kalat

Taung Kalat
Source : pinterest.com

Terakhir adalah Traung Kalat yang merupakan wisata Biara namun berada di atas sebuah bukit. Untuk sampai ke Biara yang ada puncak, kalian akan menaiki 770 anak tangga dan kalian juga akan melihat banyak sekali monyet ketika mendaki. Saat sampai di puncaknya lelah pun terbalas dengan keindahan panorama alam yang akan kalian dapati.

       Nah, itulah profil singkat dari Negara Myanmar dan potensi wisata yang dimilikinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com