-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Profil Negara Singapuran dan Potensi Wisata yang Dimilikinya!

Tidak ada komentar

singapore flag
Source : epmmagazine.com

Masih dalam profil Negara Asia Tenggara, kali ini mimin akan membahas salah satu Negara kecil namun tercatat paling maju di Asia Tenggara bahkan dunia yaitu Singapura.  Singapura sendiri terletak di ujung selatan Semenanjung Melayu dengan luas wilayah hanya sekitar 725,7 km2. Secara geografis, di sebelah barat dan utara Negara ini berbatasan langsung dengan negara Malaysia dan di sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Selat Singapura . Negara ini terletak 137 kilometer sebelah utara dari garis khatulistiwa. Lokasi negara Singapura sangatlah strategis, sehingga menempatkanya sebagai salah satu Negara multicultural di dunia, selain itu perkembangan teknologi canggih sangat pesat disini diiringi dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil bahkan meningkat setiap tahunya. Pelabuhan Singapura termasuk kedalam salah satu pelabuhan tersibuk di dunia karena pelabuhan ini merupakan salah satu akses terhadap perdagangan Internasional.

Profil Negara Singapura 

  • Nama Lengkap : Republik Singapura (Republic of Singapore)
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Halimah YACOB (sejak 14 September 2017)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri LEE Hsien Loong (sejak 12 Agustus 2004)
  • Ibukota : Singapura
  • Luas Wilayah : 725,7 km²
  • Jumlah Penduduk : 5,639 juta jiwa (2018)
  • Suku Budaya : Etnis Tionghua 74,3%, Melayu 13,4%, India 9% dan etnis lainnya 3,2% (2018)
  • Agama : Buddha 33,2%, Kristen 18,8%, Islam 14%, Tao 10%, Hindu 5%, lain-lain 0,6% dan yang tidak beragama sebanyak 18,5% (2015)
  • Bahasa Resmi : Inggris, Mandarin, Melayu dan Tamil
  • Mata Uang : Dolar Singapura (SGD)
  • Hari Kemerdekaan : 9 Agustus 1965
  • Lagu Kebangsaan : “Majulah Singapura” (Onward Singapore)
  • Kode Telepon : 65
  • Pendapatan Domestik Bruto (PPP) : 364,2 miliar USD (2018)
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 64.581,94,- (2018)
  • Lokasi : Benua Asia (Asia Tenggara)

Perekonomian Singapura

Membahas perekonomian Singapura tentu tak lepas dari peran dan pengaruh Negara ini terhadap laju pertumbuhan ekonomi dunia. Sektor pekonomian Singapura sangat bergantung pada ekspor dan pengolahan barang impor, khususnya di bidang manufaktur yang mewakili 26% PDB Singapura tahun 2005 dan meliputi sektor elektronik, pengolahan minyak Bumi, bahan kimia, teknik mekanik dan ilmu biomedis. Letak Singapura yang sangat strategis tadi membuat sektor perdagangan dan jasa Singapura berkembang sangat cepat, bahkan terbesar di Asia Tenggara dan mampu bersaing dengan berbagai Negara maju lain di dunia. Singapura juga menjadi langganan dalam peringkat Negara terkaya di dunia sehingga tidak heran jika Singapura juga  dijuluki sebagai Macan Asia karena tingkat perekonomian yang begitu maju dan berkembang pesat.

Potensi Wisata Singapura

            Nah, untuk urusan potensi pariwisata tentu Pemerintah Singapura memiliki strategi tersendiri untuk menjaring para wisatawan agar berkunjung ke Negara mereka. Perpaduan infrastruktur dan teknologi canggih menjadikan Singapura sebagai salah satu Negara dengan potensi pariwisata kelas premium di dunia. Berikut 5 potensi wisata terbaik yang mendunia di Singapura.

1. Sentosa Island

sentosa island
Source : cntraveler.com

Atraksi wisata populer pertama di SIngapura ialah Sentosa Island yang berada terpisah dari negara Singapura tepatnya berdekatan dengan Pulau Batam, Indonesia. Pulau Sentosa menjadi salah satu pusat tempat-tempat hiburan di Singapura, selain itu terdapat juga pantai, tempat belanja, kuliner, wahana bermain golf, yang sayang sekali untuk di lewatkan. Salah satu aktivitas terpopuler yang kerap di lakukan pelancong di pulau ini adalah menaiki kereta gantung yang ikonik.

2. Patung Merlion dan Esplanade

merlion park
Source : trip.com

Nah, untuk tempat yang satu ini jangan diragukan lagi ketenaranya, Merlion Statue adalah landmarknya Negara Singapura. Tempat ini menjadi salah satu bukti bagi para wisatawan jika mereka pernah menginjakan kaki di negara Singapura. Tidak jauh dari Merlion Park, wisatawan dapat berkunjung ke Esplanade yang merupakan pusat kesenian di Singapura dan dibangun dengan arsitektur yang unik, yaitu menyerupai bentuk dari mata lalat. Untuk menuju tempat ini, Wisatawan dapat menggunakan MRT dan kemudian turun di stasiun Raffles Place atau City Hall. Selanjutnya hanya tinggal berjalan kaki untuk tiba di lokasi.

3. China Town

chinatown singapura
Source : visitsingapore.com

Singapura adalah Negara multietnik, salah satu kawasan yang menggambarkan betapa beranekaragamnya populasi di Negara ini ialah kawasan China Town. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini hanya untuk berburu souvenir dan belanja murah, dapat dibilang China Town adalah surganya bagi para wisatawan yang suka berebalanja. People’s Park merupakan tempat belanja paling populer di tempat ini dan tentu dengan harga yang relative terjangkau.

4. Universal Studios Singapore

universal studio singapore
Source : travel.detik.com

Bagi kalian yang hobi bermain wahana ekstrim dan seru, tidak ada salahnya berkunjung ke Universal Studios Singapore salah satu wahana bermain terbesar di Asia yang diproduksi Universal Studios. Universal Studio Singapura ini terletak di Pulau Sentosan dan untuk tiket masuk sendiri tergolong cukup mahal ya terkhusus pada hari-hari libur, so pastikan kalian memiliki budget yang kuat juga ya.

5. Marina Bay Sands

Marina Bay Sands
Source : traveloka.com

Terakhir, masih berkaitan dengan landmark ikonik, Singapura masih memiliki Marina Bay Sands yang terkenal dengan keunikan arsitekturnya dengan 3 gedung utama yang dihubungkan dengan bangunan menyerupai kapal di atasnya. Marina Bay Sands adalah sebuah pusat hiburan dan resort terpadu di Sigapura, Marina Bay Sands mulai dibuka sejak tahun 2010. Marina Bay Sands juga mempertunjukan atraksi cahaya yang menarik serta indah di malam hari. Stasiun MRT terdekat dari Marina Bay Sands adalah stasiun Marina Bay dan stasiun Promenade.

            Jadi itulah profil singkat dari Negara SIngapura beserta potensi wisata yang dimilikinya, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com