-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Profil Negara Vietnam dan Beberapa Spot Wisata Terbaik yang Dimilikinya!

Tidak ada komentar

vietnam flag
Source : amazon.com

Kali ini kita akan membahas mengenai Negara Vietnam, secara geografis wilayah Vietnam berada di semenanjung Indochina. Vietnam merupakan negara komunis yang hanya mengakui adanya satu partai yaitu Partai Komunis Vietnam (Communist Party of Vietnam atau disingkat dengan CPV). Kepala Negara Republik Sosialis Vietnam adalah Presiden, sedangkan kepala pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri yang ditunjuk oleh Presiden atas persetujuan Majelis Nasional Vietnam. Secara Astronomis, Vietnam berada di paling timur semenanjung Indo-china Asia Tenggara dan berbatasan langsung dengan Tiongkok di sebelah utaranya serta berbatasan dengan Laos di sebelah barat laut. Sementara di Barat Daya, Negara ini berbatasan dengan Kamboja, sedangkan di Timur dan Selatannya  adalah Laut China Selatan.

Profil Negara Vietnam

  • Nama Lengkap : Republik Sosialis Vietnam (Socialist Republic of Vietnam)
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Komunis
  • Kepala Negara : Presiden Nguyen Phu TRONG (sejak 23 Oktober 2018)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Nguyen Xuan PHUC (sejak 7 April 2016)
  • Ibukota : Hanoi
  • Luas Wilayah : 331.212 km2
  • Jumlah Penduduk97.338.579 jiwa (2020)
  • Suku Bangsa/Etnis : Kinh/Viet (85,7%), Tay (1,9%), Thai (1,8%), Muong (1,5%), Khmer (1,5%), Mong (1,2%), Nung (1,1), Hao (1%), etnis lainnya (4,3%)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Vietnam
  • Agama : Tidak beragama (81,8%), Buddha (7,9%), Katolik (6,6%), Hoahaoisme (1,7%), Protestan (0,9%), Islam (0,1%)
  • Mata Uang : Dong Vietnam (VND)
  • Hari Kemerdekaan : 2 September 1945 (dari Perancis)
  • Lagu Kebangsaan : “Tien quan ca” (The Song of the Marching Troops)
  • PDB Per Kapita : USD 2.566,60,- (2018)
  • Kode Telepon : 84
  • Lokasi : Asia Tenggara (Asean)

Perekonomian Vietnam

Dari tahun ke tahun, perekonomian Vietnam terus bertumbuh baik dan ditopang dari berbagai sektor, bahkan Vietnam mencatat pertumbuhan ekonomi 2,6 persen pada kuartal III 2020 selama pandemic Covid masuh terjadi. Beberapa sektor penopang ekonomi Vietnam adalah industri-industri yang berkaitan dengan pertanian seperti beras, kopi, karet, teh, merica, tebu, pisang, kacang kedelai, ternak dan perikanan. Selain industri pertanian atau agrikultur, Industri-industri yang penting bagi perekonomian Vietnam diantara adalah industri pertambangan, batu bara, baja, garment, pengolahan makanan, sepatu, semen, ban, pupuk kimia dan produk elektronik.

Wisata di Vietnam

        Vietnam dikenal sebagai salah satu Negara yang memiliki spot wisata alam terbaik di Asean selain Indonesia, Thailand, dan Filipina. Berikut 5 spot wisata terbaik yang ada di Vietnam.

1. Ha Long Bay

Ha Long Bay
Source : hipwee.com

Nah, wisata yang satu ini dapat di bilang Raja Ampat nya Vietnam yaitu kawasan Ha Long Bay yang memiliki luas sekitar 1.533 km2 dan terdiri atas kurang lebih 2.000 pulau-pulau kecil. Ha Long Bay telah menjadi rumah bagi 14 spesies flora endemik serta 60 spesies fauna endemik. Hal ini memebuat UNESCO kemudian mengategorikan kawasan Ha Long Bay sebagai salah satu World Heritage Site. Untuk dapat menelusur keindajan tempat ini, turis dapat mengambil paket berlayar menggunakan kapal atau menggunakan kapal tradisional nelayan yang dapat di sewa di masyarakat setempat.

2. Kota Hoi An

kota hoi an
Source : idnjurnal.com

Selanjutnya kalian dapat berkunjung ke Kota Tua Hoi An, di Provinsi Quảng Nam. Kota Hoi An ini telah ditetapkan sebagai kota tua warisan dunia oleh UNESCO, dan saat ini dikenal sebagai “Hoi An: The Ancient Town”. Jika pengunjung menyusuri seputar jalan Old Town Hoi pada malam hari, akan bisa menemukan banyak sekali lampion-lampion terpasang di atas jalan. Suasana di malam hari pun akan terasa lebih khidmat dengan ala Vietnam tempo dahulu dengan alunan tembang instrumental. Sangat di rekomendasikan menyewa sepeda jika ingin mengintari kota ini, karena beberapa ruas jalan cukup sempit untuk di lewati kendaraan yang cukup besar.

3. Phu Quoc Island

Phu Quoc Island
Source : agoda.com

Berikutnya, pelancong dapat berwisata ke Phu Quoc Island yang indah, pulau ini memiliki hutan hujan tropis alami yang lebat, terumbu karang yang belum terjamah, dan pantai yang besar. Salah satu pantai indah yang ada di pulau ini adalah Bai Dau atau disebut juga Long Beach. Pantai ini sangatlah bersih dan indah, cocok sekali untuk kalian yang mencari ketenangan dari hiruk pikuknya suasana perkotaan. Hal lain yang terkenal dari Phu Quoch, adalah saus ikan fermentasi (nuoc mam). Kelezatan nuoc nam sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia.

4. Sa Pa Terraces

Sa Pa Terraces
Source : sapa-tour.net

Sebagai Negara agraris, Vietnam juga memiliki wisata persawaan yang sangat indah yaitu Sa Pa Terraces yang terletak di kota Sa Pa. Di kota ini kalian akan menemukan hamparan terasering sawah super hijau di lembah Muong Hoa, antara kota Sa Pa dan Gunung Fansipan dengan background hutan bambu yang lebat. Selain itu wisatawan juga berkesempatan mengetahui budaya kelompok etnis Hmong yang mendiami wilayah ini .

5. The Red and White Dunes

The red Dunes vietnam
Source : theculturetrip.com

Terakhir, wisatawan dapat berkunjung ke The White Dunes dan juga dikenal sebagai Bau Trang atau White Lake oleh penduduk setempat. Di area White Dunes, terdapat pohon-pohon pinus yang menawarkan keteduhan. Sekilas tempat ini serupa dengan Gumuk Pasir Parangkusumo yang ada di Indonesia, namun untuk area The Red Dunes lebih memiliki fitur pasir coklat kemerahan dan hal inilah yang membuat mereka menjadi tempat populer sebagai lokasi foto. Berjarak 65 km sebelah timur laut Phan Thiet, bukit pasir ini tampak berwarna emas dari kajauhan.

           Nah, itulah profil singkat Negara Vietnam dan berbagai potensi wisata yang dimilikinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com