-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Sedang Erupsi, Beginilah 4 Fakta Penting Gunung Semeru!

Tidak ada komentar

gunung semeru
Source : kumparan.com

Sebuah kabar kurang mengenakan kembali mencuat di tengah publik Indonesia, sebuah bencana alam kembali terjadi yaitu meletusnya Gunung Semeru pada Selasa (1/12/2020) dini hari dan mengeluarkan awan panas. Luncuran awan panas dari erupsi Semeru ini  berlangsung selama hampir tiga jam. Merespon bencana ini, Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi ( PVMBG), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) telah menetapkan tingkat aktivitas Gunung Semeru dalam status Waspada Level II. Penetapan status Waspada Level II itu berdasarkan hasil pemantauan visual dan insturmental, serta potensi ancaman bahaya yang ada bagi masyarakat disekitaran lereng gunung. Terlepas dari musibah ini kita berdoa semoga tidak ada korban jiwa dan situasi lekas pulih, namun kali ini mimin tidak akan menyoroti terlalu jauh mengenai kronologi meletusnya Gunung Semeru ini tapi mimin akan membahas 4 fakta penting dari Gunung Semeru. Apa saja?

#1. Atap Pulau Jawa

gunung semeru puncak
Source : phinemo.com

Mahameru atau Semeru adalah atap tertinggi jawa, maksudnya adalah gunung ini merupakan gunung tertinggi di pulau jawa dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl. Dengan kesan sebagai gunung tertinggi di pulau Jawa tentu membuat para pendaki penasaran akan potret dari gunung Semeru ini, setiap hari ada banyak pendaki yang uji nyali untuk sampai ke puncak tertingginya meskipun rute yang akan dilalui tidaklah mudah. Jarak yang ditempuh untuk mendaki gunung ini sejauh 18 kilometer dengan rute populer dimulai dari Ranu Pani. Namun, pendakian menuju Mahameru tergolong ilegal karena tidak direkomendasikan oleh pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), sehubungan status Waspada Gunung Semeru yang sewaktu-waktu dapat melontarkan lava pijar ke arah puncak.

#2. Sakral atau Mistis

gunung semeru sakral
Source : travel.kompas.com

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika Gunung Semeru menyimpan berbagai kisah mistis yang melegenda, gunung ini memiliki makna yang dalam bagi umat Hindu karena diyakini sebagai persemayaman para dewa. Ini pula yang membuat sejumlah pohon dililiti kain putih-kuning dan pendaki dilarang mendirikan tenda di sana. Menurut keyakinan Hindu, Semeru dibopong oleh Dewa Wisnu yang menjelma kura-kura raksasa dan Dewa Brahma yang menjelma ular raksasa guna membelit penggalan tersebut dari Jambudwipa (daratan sekitar India) guna menyeimbangkan Pulau Jawa yang terombang-ambing di lautan. Di tempat lain tepatnya di area Ranu Kumbolo juga terdapat sebongkah prasasti yang kerap tersampir kain putih dan kuning serta sesajian di depannya. Di atasnya terpahat aksara “’ing deva ‘pu Kameswara tirthayatra”, yang kira-kira berarti ziarah suci Mpu Kameswara mencari air (tirthayatra). Terdapat pula arca bernama Arcapada/Arcopodo di area gunung Semeru.

#3. Dikelilingi 3 Danau Indah

Ranu Kumbolo
Source : travel.tribunnews.com

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah tidak asing dengan pesona Ranu Kumbolo dari Semeru. Namun, tahukah kalian jika Gunung Semeru masih memiliki 2 danau indah lainya yaitu Ranu Pani dan Ranu Regulo yang bisa pendaki jumpai di sekitar jalur pendakian. Ranu Regulo berjarak sekitar 20 menit dari Ranu Pani. Di lokasi ini, pendaki dapat mendirikan tenda untuk bermalam sebelum hari pendakian tiba. Ranu Pani sendiri terletak tidak jauh dari pos pendaftaran dan terkadang keberadaannya tersamarkan oleh hamparan Salvinia molesta.

#4. Variasi Tumbuhan Invasif

Verbena brasiliensis vell.
Source : nasional.tempo.co

Fakta keempat adalah mengenai vegetasi tumbuhan yang akan banyak kalian temui ketika mendaki Gunung Semeru adalah tumbuhan berjenis Invasif. Bunga berwarna keunguan yang mewarnai sabana Oro-oro Ombo bukanlah bunga lavender ya guys melainkan tumbuhan Verbena brasiliensis vell. Seperti namanya, verbena memang berasal dari dataran Amerika Latin dan keberadaannya serupa parasit bagi tumbuhan lain lantaran menghisap air dengan kadar yang cukup tinggi. Selain itu, persebaran benihnya yang amat mudah membuatnya dengan cepat mencaplok lahan-lahan di Gunung Semeru.

            Nah, itulah 4 fakta penting dari Gunung Semeru terlepas dari erupsi yang tengah terjadi saat ini. Semoga keadaan kembali pulih dan Semeru kembali tertidur dengan tenang ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com