-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

7 Pekerjaan di Internet yang Menghasilkan Uang di 2021!

Tidak ada komentar

 “Ehh, udah 2021 aja ya, perasaan aku gak ngapa-ngapain di 2020 lalu”

            Dapat di bilang 2020 menjadi tahun penuh ujian bagi umat manusia dalam mengawali kiprahnya di abad ke-21 ini. Namun, pandemi, bencana, kegusaran, dan apapun itu jadikan sebagai cambuk agar kita selalu bersyukur dan membenahi diri dalam menyongsong tahun baru 2021. Sepanjang 2020 menjadi tahun yang rumit bagi para pelaku pasar dan ekonomi, bahkan bagi bangsa Indonesia sendiri perekonomian nasional sempat terpuruk hingga 3 kuartal selama masa Pandemi COVID 19 ini, dilansir dari kontan.co.id (23/12/2020) setidaknya ada minus hingga 3,49% year on year pada kuartal III-2020 dan hal ini masih menempatkan Indonesia pada zona merah perekonomian.

Kuartal 3 ekonomi
Source : cnbcindonesia.com

“Lantas, masih adakah kesempatan kita untuk bangkit?”

Masih, peluang untuk bangkit masih terlalu besar dan yang terpenting tetap optimis dan positif. Roda perekonomian dapat kembali di putar jika berbagai elemen baik masyarakat maupun pemerintah dapat saling bersinergi, resolusi perekonomian di 2021 ini haruslah jelas dan terukur. Sebagai generasi muda yang melek teknologi, tentu ada berbagai cara untuk membantu pemerintah mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi nasional, kita hidup di era revolusi industri 4.0 yang mana tidak ada lagi skat antar manusia untuk saling berinteraksi dan bertransaksi atau dengan kata lain hanya bermodalkan Smartphone dan jaringan internet manusia bisa menghasilkan keuntungan dan menciptakan peluang pekerjaan. Tidak percaya? Mari kita bahas lebih mendalam.

Sukses dan Dapat Uang dari Internet, Emang Bisa?

           Sejak peluncuranya pada era 1960-an silam dalam proyek lembaga ARPA, Internet telah menjelma menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat era modern, berbagai hal mulai bergantung pada mesin pencarian yang ada di internet. Bukan hanya sebagai ruang informasi, ruang interkonektivitas, ataupun ruang hiburan, akses internet juga memiliki andil besar dalam ruang bisnis, banyak pelaku bisnis yang mulai beralih dari cara-cara pemasaran konvensional menuju cara-cara digital yang di pandang lebih praktis dan low-budget. Beberapa orang terkaya di dunia pun besar melalui "the power of internet" seperti Jeff Bezos bersama Market Place Amazon nya, kesuksesan Mark Zuckerberg dengan pengembangan social media facebook-nya, Pengusaha Jack Ma dengan platform Alibaba, atau Weren Buffet dalam kejelianya berinvestasi saham. Baik, itu hanya sebagian contoh kecil dari orang-orang yang sukses besar karena memanfaatkan akses internet dengan bijak, mereka semua melihat peluang dan merealisasikan ide-ide briliannya.

WFH
Source : freepik.com

        Saat ini aktivitas work from home (WFH) menjadi fenomena baru dimasa pandemi, berbagai aktivitas perkantoran di alih fungsikan melalui rumah pekerja masing-masing. Rutinitas ini terkadang membuat karyawan penat karena jam bekerja yang jadi tak menentu, tak sedikit mereka yang memutuskan berhenti bekerja karena mulai tidak kerasan untuk beradaptasi dengan gaya bekerja dari rumah, lalu banting stir menjadi pengusaha atau freelancer. Namun, di situasi yang sulit ini apapun bisa terjadi, disamping banyaknya yang mengundurkan diri dari pekerjaan atau di PHK, nyatanya banyak pula umat yang berbondong-bondong mencari pekerjaan. Nah, bagi kalian yang hobi berselancar di dunia internet tentu peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan selama WFH atau membangun usaha sendiri sembari mencari pekerjaan tetap sangatlah terbuka lebar. Ayo, ayo, jangan bingung, nanti akan saya beritahu caranya bagaimana!

“Aku cuman hobi main sosmed nih di internet, apakah aku bisa dapat keuntungan dari internet?”

Bisa banget loh!. Berikut saya kasih beberapa langkah baru atau peluang sukses di dunia internet, khususnya dalam menyongsong tahun 2021 kalian. Catat baik-baik!

#1. Bisnis Online

Bisnis Online
Source : freepik.com

Nah, cara pertama ialah cara paling mainstream yaitu mulailah dengan berbisnis online. Kenapa mainstream? Karena hal ini sudah menjamur, namun bukan tidak mungkin kalian bisa meraup untung besar jika dapat berbisnis atau berjualan dengan konsisten. Jika kalian merasa bingung harus mulai dari mana atau tidak punya produk, kalian bisa memulainya dengan menjadi Reseller atau Dropshipper, selain itu dengan kehadiran berbagai online market place saat ini tentu akan mempermudah kalian dalam memilih platform mana yang terbaik dan kalian dapat membuka lapak tanpa modal sepeserpun. Bagaimana tertarik untuk berbisnis online? Jadi, mulailah pikirkan ya.

#2. Endorsement Social Media!

Endorsement
Source : freepik.com

Kata siapa tidak bisa dapat uang dari bermain sosial media saja, bisa kok!. Salah satu cara populer untuk meraup keuntungan di sosial media ialah dengan menerima endorsement atau mengiklankan suatu produk pada platform sosial media kalian. Namun perlu di catat, tentu tidaklah mudah untuk mendapat endorsement, kalian harus mulai giat membangun citra dan meningkatkan engagement sosial media kalian. Brand-brand kenamaan tentu akan percaya untuk memakai jasa pengiklanan kalian jika kalian memiliki follower yang banyak serta tingkat interaksi yang baik dengan follower. Bagaimana cara meningkatkan follower? Yaps, kalian bisa aktif dalam memposting hal-hal yang bermanfaat, unik, lucu, atau menginspirasi pada sosial media kalian, hal ini bisa membantu menaikan traffic sosial media kalian pada sistem explore atau algoritma.

#3. Investasi Saham Online

Investasi
Source : freepik.com

Untuk cara yang satu ini terbilang serius dan butuh konsentrasi, namun jika digeluti dengan sungguh-sungguh dengan penuh persistensi tentu investasi saham online akan menjadi sumber pendapatan pasif bagi kalian. Dahulu orang-orang yang ingin melakukan investasi saham atau menanam modal harus datang langsung ke bank atau perusahaan-perusahaan yang mengurusi perihal saham, namun berkat kemajuan zaman, segala proses investasi dapat di lakukan secara online dan mudah. Kalian hanya perlu menyiapkan Smartphone, modal awal, lalu pelajari tata caranya melalui internet karena saat ini ada banyak platform investasi online, namun kalian harus tetap berhati-hati ya dan pastikan lembaga pengelola dana saham kalian telah diawasi oleh otoritas jasa keuangan atau dalam artian tidak abal-abal.

#4. Jual Keahlian Khususmu!

Jual skill
Source : freepik.com

Yaps, untuk peluang sukses yang satu ini dapat dicoba jika kalian memiliki suatu keahlian khusus yang bernilai jual. Saya selalu percaya jika setiap manusia terlahir dengan berbagai keahlian atau bakat khusus yang di miliki, jikapun kalian merasa tidak mempunyai keahlian apa-apa sesungguhnya potensi di dalam diri itu dapat di gali dan asah, lalu di pelajari dengan tekun. Bagaimana cara ini dapat menghasilkan uang di internet? Misal jika kalian memiliki skil dalam bidang desain grafis, kalian bisa membuka jasa freelance desainer dan tentu personal branding melalui berbagai media di internet akan cepat meningkatkan engagement usaha kalian. Contoh lain, jika kalian mempunyai berbagai keahlian dalam berbahasa asing, tentu membuka kursus bahasa online akan sangat menguntungkan mengingat saat ini minat generasi milineal untuk mempelajari berbagai bahasa asing cukup tinggi, just do it, don’t be shy!.

#5. Jual Akun-akun Hiburan Premium!

Youtube, Netflix, Spotify
Source : garudanews.id

Peluang usaha yang satu ini cukup digemari oleh anak muda di masa pandemi Covid 19, dengan diberlakukanya aturan work from home dan belajar daring tentu akan membuat aktivitas masyarakat terlihat membosankan. Imbasnya, banyak tempat hiburan, bioskop, mal, atau kafe yang tutup atau memiliki batasan jam operasional, melihat fenomena ini banyak para pelaku usaha digital memanfaatkan peluang dengan menjual berbagai akun hiburan digital premium dengan harga miring. Ternyata peluang usaha ini cukup menguntungkan, karena masyarakat merasa bahwa mereka tetap membutuhkan hiburan selama #DiRumahAja, setidaknya dengan memiliki akses akun hiburan premium seperti youtube, Netflix, Spotify, dan lain sebagainya dapat membunuh waktu bosan mereka. Untuk menggeluti peluang usaha ini sangat mudah kok, saat ini banyak agen-agen akun hiburan premium yang bertebaran di sosial media, tinggal dihubungi saja lalu kalian bisa menjadi salah satu reseller dari mereka.

#6. Menjadi Youtuber

Youtuber
Source : freepik.com

Kebanyakan anak-anak sekarang jika ditanya mengenai cita-cita, mereka akan menjawab “ingin menjadi youtuber dan artis kakak”, sudah jarang saya menemukan anak-anak yang benar-benar berkemauan untuk menjadi dokter, tentara, atau polisi. Kenapa fenomena ini bisa terjadi? Ya karena dampak internet, berbagai konten berseliweran dengan bebas di internet tanpa memandang usia dan gender. Dalam satu dekade terakhir, banyak bermunculan youtuber kreatif dan unik bahkan tak jarang selebritis yang mulai beralih ke platform youtube ketimbang bertahan di dunia pertelevisian. Youtube dapat sangat menguntungkan jika Google Adsense pada channel kalian lancar jaya, Adsense adalah sumber penghasilan utama yang di dapat oleh youtuber dari berbagai iklan yang tepasang pada video mereka, tentu untuk menjadi seorang Youtuber yang mapan tidaklah mudah ya. Kuncinya, jadilah konten creator yang unik, inovatif, dan tidak menjiplak karya orang lain ya.

#7. Menjadi Blogger

Blogger
Source : freepik.com

Cara lain sukses di internet adalah dengan menjadi konten Blogger, bagi kalian yang tidak pede muncul di depan kamera namun hobi menulis, menjadi seorang blogger professional bisa menghasilkan dollar juga loh. Sepertihalnya Youtuber, seorang Blogger juga bisa meraup keuntungan dari penanyangan iklan Adsense ataupun menjadi reviewer suatu produk. Agar Adsense blog kalian lancar, pastikan traffic pengunjung pada blog kalian tinggi ya dengan rutin meng-update postingan, selain itu saya saranin untuk menggunakan hosting professional bukan yang gratisan ya. 

Tips sukses di internet 2021, apa?

Baik setelah saya berikan pencerahan mengenai peluang sukses yang dapat di lakukan melalui internet, kali ini kita akan membahas mengenai 4 tips ampuh untuk mendapatkan penghasilan pertama kalian melalui internet.

1. Be Consistent!

Pertama, kalian harus konsisten. Kesuksesan tidak akan hadir jika di iringi dengan niat yang setengah-setengah, awalnya mungkin akan terasa sulit dan melelahkan tapi jika kalian konsisten dan yakin maka hasil positif akan dituai. Ingat kan, Thomas Alfa Edison saja butuh ratusan kali percobaan agar penemuan lampu nya berhasil dan dapat kita manfaatkan hingga saat ini. So, be consistent!

2. Be Persistent!

Kedua, kalian harus gigih atau persistent. Setelah niat kalian kuat, maka doronglah dengan kegigihan agar impian sukses kalian dapat terwujud dan menghasilkan pendapatan. Kegigihan dalam berusaha dan berdoa tentu akan menimbulkan gairah positif pada diri kalian, aura positif ini akan menghadirkan dampak positif untuk hasil akhir kalian.

3. Be Inovative

Ketiga, jadilah user yang Inovatif. Dalam artian buatlah ide-ide kalian terlihat fresh , memang tidak ada karya yang benar-benar original di dunia ini, semuanya mengalami proses pembaharuan. Inilah hakekat menjadi inovatif, membuat hal atau cara lama terlihat seperti baru. Ingat, inovatif bukan berarti imitatif ya, dilarang keras meng-copy karya atau pekerjaan orang lain tanpa mencantumkan sumber. Ingat polanya, amati, tiru, dan modifikasi!

4. Be Creative!

Keempat, jadilah kreatif dan berbeda. Kreativitas yang tinggi sangat di butuhkan jika ingin bergelut di dunia online digital, saat ini ada jutaan jejak digital atau karya di dunia maya, maka dengan kreativitas yang dimiliki tentu akan menciptakan citra tersendiri untuk kalian di dunia online. Temukan hal yang menjadi passion kalian, bukan tidak mungkin passion tersebut akan menuntun kalian ke tangga kesuksesan. Misal, apakah kalian cocok menjadi pebisnis online, konten kreator, ataupun blogger.

    Nah, bagaimana sudah kepikiran kan mau bisnis online apa? semoga usaha kalian membuahkan hasil ya maksimal ya guys! Semangat.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com