-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

10 Tips Optimasi SEO pada Website dan Blog untuk Pemula, Dijamin Ampuh Menaikan Traffic Konten!

Tidak ada komentar

https://www.freepik.com/creativeart
Source : freepik.com/creativeart

          Tidak dapat dipungkiri jika saat ini konsumsi masyarakat terhadap berbagai berita di media masa maupun media sosial meningkat dengan pesat. Bahkan tak sedikit mereka yang melihat perkembangan media saat ini sebagai peluang untuk menghasilkan pendapatan tambahan, salah satu cara yang umum di lakukan saat ini ialah menjadi seorang content creator atau blogger. Nah, bagi kalian yang berminat untuk terjun di dunia blogger dan penulis konten di website, pastikan halaman website yang kalian buat dapat terindeks dengan cepat di mesin pencarian google atau dalam artian Search Engine Optimization (SEO) nya harus optimal. Berikut 10 tips SEO yang optimal untuk meningkatkan traffic kunjungan pada blog atau website kalian.

1. Tulis Judul Konten yang Menarik

Pertama, pastikan kalian menulis judul konten yang menarik minat pembaca. Seperti yang kita ketahui, saat ini konten-konten bertema Clickbait sangat banyak bertebaran baik dalam visualisasi video ataupun artikel. Meskipun judul konten kalian bernada clickbait, pastikan isi berita dan judul artikel tetap berkesinambungan agar pembaca tidak merasa tertipu dengan konten yang mereka baca.

2. Perhatikan Key Word, Label, dan juga Deskripsi pada Konten

Ketika menulis konten pada blog ataupun website pribadi kalian, jangan lupa untuk mengisi section label dan juga deskripsi konten. Label dan deskripsi ini sangat berguna untuk membantu konten kalian agar cepar terindek pada mesin pencarian Google. Terakhir tulislah key word yang mudah di cari pada mesin pencari, dan sisipkan key word tersebut pada tulisan konten kalian.

3. Buatlah Permalink yang Simple

Hal pertama yang wajib kalian coba ialah dengan memastikan bahwa permalink pada konten kalian mudah di pahami, atau dalam artian tidak berbelit-belit dan terlalu panjang. Untuk konten Blogger sendiri kalian bisa menemukan pengaturan Permalink pada sisi kanan Blogspot kalian pada saat menulis konten. Contohnya, kalian ingin menargerkan kata kunci baju polos keren. Permalink yang pas untuk konten tulisan tersebut adalah, www.websitemu.com/baju-polos-keren2020.

4. Sisipkan Gambar dan Video pendukung

Untuk semakin menambah kesan dan kualitas pada konten yang dibuat, jangan lupa untuk menyisipkan gambar atau video yang mendukung tulisan kalian. Kalian bisa mencari gambar bebas copyright di berbagai laman penyedia gambar free seperti freepik.com, dll. Intinya, jika menyisipkan gambar atau video jangan lupa cantumkan sumber jika itu bukan hasil olah data pribadi kalian.

5. Gunakan Template / Tema Responsif

Nah, untuk yang satu ini sangatlah penting ya guys. Gunakanlah template atau tema blog/website yang responsive, tidak lelet, dan elegan. Saat ini ada banyak platform yang menydiakan berbagai template atau tema blog yang keren baik yang berbayar maupun gratis. Untuk lebih jelasnya kalian bisa tulis keyword pada mesin pencari “Template Blog atau Website yang Responsive”, nanti ak anada banyak laman rekomendasi untuk hasil pencarian kalian.

6. Masukan Backlink ke Website Lain

Next, untuk tips yang satu ini adalah mengintegrasikan konten atau kata pada tulisan kalian ke website lain. Memberikan Backlink pada konten biasanya efektif untuk meningkatkan traffic pada tulisan kalian, namun perlu di ingat pastikan website yang akan kalian tautkan adalah website yang berkompeten atau tidak asal-asalan. Umumnya para konten blogger akan memberikan backlink pada tulisan mereka yang merujuk langsung kepada website sumber atau refrensi dari tulisan yang mereka buat.

7. Masukan Backlink ke Website Sendiri

Selain memberikan backlink ke website lain, kalian juga dapat menautkan backlink  ke konten-konten kalian terdahulu. Hal ini dapat bermanfaat dalam peningkatan traffic konten-konten lawas kalian, namun jangan terlalu berlebihan dalam memberikan backlink ya agar orisinilitas tulisan kalian tetap terjaga.

8. Tambahkan Tombol Share Media Sosial

Membagikan tulisan konten kalian ke berbagai platform sosial media dapat menjadi cara yang efektif untuk menigkatkan jumlah pengunjung pada website kalian. Pastikan kalian menambahkan tombol share sosial media pada setiap artikel yang kalian buat baik share ke laman Facebook, Twitter, ataupun WhatsApp Group. Biasanya banyak pembaca suatu website itu berasal dari para pengguna sosial media yang tidak sengaja melihat tautan artikel yang banyak berseliweran.

9. Pastikan Panjang-Pendek Kata pada Konten

Hal yang satu ini juga penting untuk di pertimbangkan, tulislah artikel yang memenuhi standart jumlah kata. Meskipun tidak diketahui secara pasti berapa jumlah kata yang optimal dalam sebuah artikel, namun disarankan agar setiap konten atau tulisan yang kalian buat jumlah katanya melebihi 500 kata, agar pembaca dapat menilai bahwa tulisan yang kalian bagikan dibuat dengan niat dan kualitas yang baik.

10. Tulislah Konten yang Berkualitas (Tidak COPAS)

Terakhir selalu pastikan konten tulisan yang kalian bagikan adalah orisinil, berkualitas, dan tidak asal copy paste dari website lain. Jikapun kalian ingin menyalin informasi dari website lain, selalu cantumkan sumber dan modifikasi kata per kata. Semakin berkualitas dan orisinil konten kalian, maka akan cepat pula website atau blog kalian terindek pada mesin pencarian google.

          Nah, mungkin itu saja 10 tips optimasi SEO Blog atau Website yang dapat saya berikan, dan hal ini berdasarkan pengalaman pribadi. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam meningkatkan jumlah traffic pada blog atau websitenya ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com