-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

IKIGAI : Caraku Memantapkan Resolusi di 2021!

Tidak ada komentar

Januari hampir berlalu, bagaimana kesan dan pesanmu di satu bulan pertama 2021? Yap, beda orang beda cerita. Awal tahun kadang tak selalu menyuguhkan jalan cerita yang dibumbui canda-tawa, acap kali manusia mengalami plot-twist yang tak terduga, rentetan musibah dan bencana di awal tahun 2021 ini seolah-olah membuat kita ragu tentang ending yang akan terjadi di tahun 2021 ini, akankan berakhir serupa sepertihalnya 2020? Aku harap tidak, semoga kesedihan yang umat alami saat ini akan diakhiri dengan raut riang gembira.

resolusi 2021
Olah Data Pribadi

Sekilas : Buat aku pribadi, 2020 benar-benar tahun uji nyali, semua terasa berat, tubuhpun tak leluasa bergerak, berlari pun sudah tak kuasa lagi karena kemampuan yang bisa dilakukan hanya sebatas merangkak pelan. Semua manusia seantero bumi terbekap oleh kedikdayaan Covid-19. Semua berharap pandemi ini hanya numpang lewat dan berakhir secepat kilat, namun nyatanya semua tak semudah yang kita bayangkan. Semoga 2021 menjadi penawar atas kegelisahan manusia di 2020 lalu.

Kondisi Dunia dan Indonesia saat ini sedang tidak baik-baik saja, awal tahun yang rumit untuk kita semua mulai dari musibah jatuhnya pesawat, bencana alam, hingga persentase penularan Covid-19 yang tak kunjung mereda. Namun apapun yang sudah terjadi biarlah berlalu, sekalipun yang terjadi adalah musibah maka cobalah terima dengan hati yang ikhlas serta pikiran yang jernih. Ingat, musibah adalah cara bagaimana tuhan menunjukan rasa sayangnya terhadap umat manusia, dari berbagai bencana dan kesedihan yang dialami tentu akan menghadirkan hikmah tersendiri, semisal manusia akan lebih mawas diri dan mulai peduli terhadap pentingnya menjaga ekosistem di alam semesta. Bagi kalian yang merasa resolusi 2020 nya belum “Completed”, ayo kita coba lagi sama-sama di tahun 2021 ini. Sepertihalnya kalian, Aku pun telah menyiapkan berbagai amunisi guna menyongsong tahun baru dan mewujudkan segala ekspektasi yang belum terpenuhi sepanjang tahun 2020 lalu. Di masa pandemi ini, pastikan kondisi mental dan fisik kalian selalu prima agar apa yang kalian lakukan di 2021 dapat selalu efektif dan benefit. By the way, sebelum aku menjabarkan apa saja resolusi ku di 2021 ini, pernakah kalian mendengar istilah IKIGAI. Jika belum, akan kujelaskan secara singkat ya, IKIGAI sendiri merupakan nilai-nilai kehidupan yang lahir dari kebiasaan orang-orang Jepang atau dalam artian moto hidupnya orang Jepang. Dari segala rentetan kejadian dan rasa frustasi yang telah manusia alami di sepanjang tahun 2020 lalu hingga awal tahun 2021 ini, Aku melihat IKIGAI dapat menjadi solusi bagi Aku maupun kalian yang merasa bahwa “kok hidup sekejam ini banget ya”, Sederhananya begini, IKIGAI merupakan terminologi bagaimana seharusnya manusia memasukan ide atau feeling kebahagiaan dalam kehidupan meskipun realitanya mereka tengah menghadapi kerasnya tekanan kehidupan ataupun pekerjaan. Contoh, kamu merasa bahwa hari ini kamu akan menghadapi berbagai realita atau aktvitas yang menjengkelkan seperti bertemu orang yang tidak menyenangkan, terlambat kesekolah, dan hal buruk lainya namun disisi lain kamu harus bisa mencari celah tentang hal-hal apa yang tetap bisa membuat kamu hidup bahagia untuk hari esok dan seterusnya. Jadi hal buruk itu akan selalu ada dalam kehidupan kita, hanya saja itu semua tergantung bagaimana cara manusia dalam menyikapinya.

Membentuk Resolusi dengan Rumus IKIGAI

Bagaimana sudah mulai mudeng ya dengan definisi dari konsep IKIGAI yang aku jelasin sebelumnya. Untuk lebih memperjelas, aku akan jabarin 4 dasar utama pembentuk IKIGAI dan bagaimana cara IKIGAI membentuk resolusi ku di tahun 2021, bagiku resolusi bukan hanya sekedar cita-cita random dibutuhkan kejelian dan analisa mendalam untuk menetapkan resolusi 2021 ini, karena apa yang akan aku lakukan haruslah menghasilkan faedah yang positif baik untuk diri pribadi maupun khalayak luas. Yups, langsung simak ya

IKIGAI
Olah Data Pribadi

1. Passion 

Pada lingkaran ‘What you love’ bermakna tentang hal-hal apa saja yang kamu suka atau cintai dan lingkaran ini beririsan dengan sisi ‘What you are good at’ yang mana menjelaskan tentang hal-hal yang kamu bisa lakukan, maka himpunan yang terbentuk dapat kita sebut sebagai passion. Dalam hal ini Aku akan memberikan contoh yang mana menjadi salah satu resolusiku di tahun 2021 ini, mengenai hal yang Aku suka tentu ada banyak ya, namun satu di antaranya aku sangat suka bermusik baik hanya sekedar mendengarkan lagu ataupun memainkan instrument musik, disisi lain aku pandai bermain gitar dan menulis lirik lagu atau sajak. Di 2021 ini aku berharap passionku dalam bermusik dapat menghasilkan satu karya lagu yang dapat di akui oleh publik, saat ini aku masih mencoba untuk mewujudkan resolusi ini di tahun 2021. Doakan lancar ya guys!

2. Profession

Pada tahap Profession ini, adalah tingkat lanjutan setelah resolusi ku untuk menciptakan karya musik pribadi telah tercapai. Karena kemampuanku dalam bermusik atau berbagai hal lain maka aku sangat berharap mendapatkan income dari passion atau apa yang aku senangi tadi (‘What you can be paid for’), atau dalam artian salah satu resolusi lainku di 2021 ialah memperoleh penghasilan tetap dari hobiku sendiri. Jadi Aku akan bekerja dengan hati tanpa tekanan atau unsur paksaan dari pihak manapun, misal Aku akan memanfaatkan peluang menjadi seorang konten kreator baik dalam bidang musik ataupun konten hiburan lainya, dan tentu apa yang akan aku share akan menebar manfaat untuk pemirsa yang menyaksikan.

3. Vocation

Selanjutnya pada lingkaran Vocation atau keahlian, berarti ketika Aku mulai melakukan sesuatu hal demi kebutuhan banyak orang atau dalam istilah ‘What the world needs’. Dalam hal ini salah satu Resolusiku di tahun 2021 adalah membentuk suatu “Social campaign” di bidang lingkungan dan pariwisata. Selain hobi bermusik, Aku adalah seorang travel content creator, Aku terbiasa berkeliling sini-situ untuk mengabadikan moment dan menyuarakan pentingnya menjaga lingkungan pariwisata dari sampah plastik khususnya pada wisata bahari. Sebenarnya, aku sudah mulai membentuk social campaign pribadiku yang kuberi nama Ninggalin Jejak sejak tahun 2019 lalu, namun belum terlalu banyak support karena Aku masih melakukanya sendiri. Harapanya di tahun 2021 ini, Aku bisa membuat social campaign di bidang lingkungan ini semakin tergerak dan memberikan impact yang signifikan bagi masyarakat untuk lebih sadar akan pentingnya menjaga ekosistem kawasan pariwisata.

4. Mission

Terakhir adalah Mission, pada irisan misi ini tentu Aku berharap segala resolusi yang telah aku canangkan di 2021 ini benar-benar dapat menebar kesan yang baik untuk masyarakat luas. Jadi misi utamaku adalah menjadi manusia yang lebih berguna dan bermanfaat untuk sesama, tidak hanya di 2021 namun hingga akhir hayat. Dari passion yang menjadi profession, hingga vocation ku yang akan berdampak positif pada publik tentu berbagai hal ini akan menjadi salah satu pencpaian tertinggi ku dalam hidup.

Kesimpulanya, 4 resolusi utamaku di 2021 berdasarkan IKIGAI adalah :

  1. Aku ingin menciptakan karya musik ku sendiri di 2021 berdasarkan Passionku yang hobi bermusik (Passion)
  2. Aku ingin menghasilkan income sendiri atau memiliki bisnis pribadi (Profession)
  3. Aku ingin menciptakan suatu “Social Campaign” di bidang lingkungan dan pariwisata sesuai dengan latar belakngku yang hobi bertualang (Vocation)
  4. Terakhir, aku ingin selalu menjadi manusia yang berguna dan bermanfaat untuk siapapun dan dalam hal apapun (Mission)

Tips untuk mencari IKIGAI-mu!

          Aku yakin sebagian besar dari kalian yang membaca tulisan ini masih ada yang bingung tentang bagaimana menentukan IKIGAI dalam dirimu. Berikut aku kasih beberapa tips penting dalam merencanakan tujuan hidupmu.

Ikigai
Olah Data Pribadi

  • Pertama, kenali dirimu dan ekspolrasi bakatmu. Buat list tentang hal-hal apa saja yang kamu sukai dan kiranya akan menghasilkan dampak yang baik untuk hidupmu di masa depan. Passion-mu adalah Profesimu.
  • Kedua, jangan jadi pemalas. Orang-orang kaya dan hebat terbentuk karena karakter diri mereka yang tangguh dan tahan banting dalam bekerja dan belajar. Namun, tetap perhatikan batasan dan kemampuan dirimu ya, jangan memaksakan kehendak berlebihan.
  • Ketiga, keluar dari zona nyamanmu. Mulailah untuk melakukan dan memikirkan hal-hal yang “Out of the Box” missal dari kamu yang hanya hobi rebahan mulailah untuk lebih memperhatikan pola hidup sehat dan produktif seperti berolahraga, kurangi mengkonumsi junk food, dan berbagai hal bermanfaat lainya.
  • Keempat, perluas networking, cobalah untuk memperluas lingkaran pertemananmu. Eitss, jangan asal juga ya dalam hal ini dan tetaplah waspada. Pastikan kamu bisa mencari partner yang bisa mengajarkanmu berbagai hal positif atau keahlian baru, tentu dengan akses social media yang tanpa batas akan sangat muda untukmu menemukan teman baru lintas Negara.
  • Kelima, Buatlah list tujuan hidupmu di masa depan berdasarkan kemampuan atau keahlian yang kamu miliki, agar kamu dapat melakukanya dengan efektif dan benefit. Misal kamu ingin kuliah sampai S-3, kamu ingin punya bisnis sendiri, dan berbagai hal positif lainya.

Dengan konsistensi dalam bekerja keras dan mensyukuri berbagai hal yang telah terjadi dalam kehidupan tentu hal ini sejalan dengan konsep IKIGAI, bukan tidak mungkin berbagai resolusi yang Aku dan kamu rencanakan di 2021 ini adalah hal yang benar-benar kita dan masyarakat butuhkan.

Resolusi adalah Solusi!

Resolusi tidak selalu berisi hal-hal yang besar kok, bahkan keinginan kecil sepertihalnya ingin berhenti begadang di tahun yang baru dapat dikategorikan sebagai resolusi loh, karena hal ini tentu akan menghasilkan long-term impact yang positif bagi kehidupan. Selain itu, ketika menyusun resolusi, akan sangat membanggakan jika dapat menjadi solusi bagi permasalahan masyarakat umum. Aku selalu mempertimbangkan agar resolusi yang direncanakan sejalan dengan kebutuhan diri pribadi dan masyarakat nanti, misal resolusiku yang ingin membuka bisnis pribadi dapat menjadi solusi dalam memajukan sektor UMKM, atau keinginanku dalam menggerakan “social campaign” dapat menjadi wadah edukasi bagi masyarakat lokal mengenai step-step mitigasi lingkungan pariwisata. Ibaratnya, ada aksi ada reaksi begitupun merencanakan tujuan ada resolusi ada solusi. Pesanku untuk teman-teman, jangan merasa terpukul dengan situasi sulit yang tengah terjadi saat ini, jika punya angan-angan maka teruslah bergerak dan wujudkan. Tidak ada yang mustahil jika kita berusaha dan tidak melupakan Tuhan, 2021 akan lebih baik jika manusia saling bersinergi dalam menebarkan kebaikan.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com