-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Berikut 4 Kapal Selam Andalan Alutsista Indonesia selain KRI Nanggala-402!

Tidak ada komentar

          Duka mendalam kembali dialami rakyat Indonesia khususnya pasukan militer nasional. Kapal Selam KRI Nanggala-402 telah dilaporkan hilang kontak sejak Rabu (21/4/2021) sekitar pukul 03.00 WITA di perairan sekitar 60 mil atau 95 kilometer dari utara Pulau Bali. Masih belum diketahui pasti apa penyebab utama alutsista Indonesia ini hilang kontak, namun semoga masih ada harapan selamat bagi para ABK yang terperangkap di dalamnya. Nah, kali ini kita akan membahas sedikit lebih mengenai beberapa armada kapal selam nasional selain Nangala-402, apa saja?


#1. KRI Nagapasa-403


KRI Nagapasa-403
Source : nasional.kompas.com

Pertama adalah Kapal Selam KRI Nagapasa-403 yang merupakan produksi Korea Selatan. KRI ini pertama kali tiba di Indonesia pada 28 Agustus 2017, tepatnya di Dermaga Ujung Koarmatim Surabaya. Pembuatan KRI Nagapasa-403 adalah hasil kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan Korea Selatan lewat perusahaan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Co Ltd. Penamaan Nagapasa diambil dari anak panah Indrajit yang dahsyat, dipercaya akan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara dan menegakkan hukum di perairan Indonesia. Kapal selam Nagapasa-403 ini memiliki ciri fisik panjang 61,3 meter, lebar 7,6 meter, dan dapat melaju hingga kecepatan 21 knot di bawah air. Selain itu, Nagapasa-403 juga dilengkapi sistem persenjataan terkini dengan peluncur torpedo yang mampu meluncurkan torpedo 533 mm dan peluru kendali anti kapal permukaan.


#2. KRI Cakra-401


KRI Cakra-401
Source : tribunnews.com

Berikutnya ada nama Kapal Selam KRI Cakra-401 buatan Jerman dan telah beroperasi sejak 40 tahun lalu. Salah satu fakta terbaiknya, KRI Cakra ini pernah menunjukkan kemampuan serangnya saat menghancurkan KRI Karang Galang dalam latihan gabungan TNI di perairan Indonesia Timur pada 2008 silam. KRI Cakra memiliki panjang sekitar 60 meter dan lebar 6 meter. Kapal selam ini juga memiliki kemampuan untuk menyelam hingga kedalaman 300 meter. Selain itu, dalam kapal selam buatan Howaldtwerke-Deutsche Werft (HDW) di Kiel, Jerman ini, terbagi atas beberapa ruang. Adapun ruang-ruang tersebut antara lain, ruang mesin, ruang baterai, pusat informasi dan tempur, ruang istirahat, serta ruang torpedo berisi 8 tabung torpedo dan 6 torpedo cadangan.


#3. KRI Ardadedali-404


KRI Ardadedali-404
Source : merdeka.com

Selanjutnya ada alutsista selam Ardadedali-404 yang lagi-lagi dibuat atas kerja sama pemerintah RI dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Co Ltd. Kapal Selam Ardadedali-404 diserahterimakan setelah Kapal Selam Nagapasa-403. Kapal selam Ardadedal-404 memiliki peluncur torpedo yang mampu meluncurkan torpedo 533 milimeter. KRI Ardadedali juga memiliki peluru kendali antikapal permukaan yang merupakan modernisasi armada kapal selam TNI AL. Kapal tersebut memiliki panjang 61,3 meter dan diameter 6,2 meter.  Disisi lain, kapal selam ini juga memiliki kecepatan mencapai 21 knot di bawah air dan 12 knot di permukaan.  Pemberian nama Ardadedali sendiri berasal dari salah satu nama senjata panah yang dimiliki oleh tokoh cerita mahabarata Arjuna. Dalam cerita, Ardadedali berbentuk ujung anak panah pusaka seperti burung dan memiliki jiwa. Anak panah Ardadedali dapat melumpuhkan musuhnya di dalam pertempuran besar. KRI Ardadedali-404 mampu berlayar lebih dari 50 hari untuk menunjang fungsi operasi. Kapal selam ini memiliki empat mesin diesel MTU 12V493 yang mendukung jarak jelajah mencapai 18.520 kilometer.


#4. KRI Alugoro-405


KRI Alugoro-405
Source : liputan6.com

Terakhir ada nama KRI Alugoro-40, sebuah kapal selam ke-5 milik RI dan merupakan buatan anak bangsa, yaitu PT PAL Indonesia (Persero). KRI Alugoro-405 diproduksi PT PAL pada 17 Maret 2021 dengan skema transfer teknologi dengan perusahaan Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co Ltd (DSME). Kapal selam ini merupakan kapal selam jenis Diesel Electric U209/1400 Chang Bogo Class dengan spesifikasi panjang 61,3 meter dan mampu menampung 40 orang kru serta tim khusus TNI AL. Kemampuan jelajah Alugoro sendiri dapat bertahan hingga 50 hari pada saat menjalani operasi dan dapat bertahan hingga 30 tahun ke depan. Sedangkan, kecepatan kapal selam ini mampu melaju maksimal sekitar 21 knot pada kondisi menyelam dan 12 knot ketika berada di permukaan. Penamaan Alugoro sendiri diambil dari salah satu senjata berbentuk Gada yang dimiliki Prabu Baladewa yang merupakan tokoh wayang yang dikenal adil, tegas dan jujur. Saat ini, Alugoro digunakan oleh Komando Armada II (Koarmada II).

        Jadi itulah daftar 4 kapal selam terbaik Indonesia selain KRI Nanggala-402. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com