-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Fakta atau Mitos, Inilah 6 Danau Indonesia yang Dikenal Angker!

Tidak ada komentar

        Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan yang indah dan lengkap, mulai dari barisan pegunungan, keindahan pantai, hingga air terjun dan danau nya yang menawan.  Namun, tidak semua wisata menarik tersebut aman untuk kita kunjungi ya, kuatnya sistem kebudayaan di Indonesia mengakibatkan berbagai macam spekulasi mengenai tempat-tempat wisata angker pun masih sering bermunculan. Dan yang akan dibahas kali ini ialah mengenai beberapa wisata danau di Indonesia yang angker katanya. Nah,  berikut 6 danau terangker di Indonesia, danau apa saja ya? 

1. Danau Rawa Pening, Semarang

danau rawa pening
Source : jejakpiknik.com

Nah, danau mistis pertama ialah Danau Rawa Pening yang berlokasi di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Danau ini menjadi salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Semarang, namun dibalik keindahanya ternyata danau ini masih menyimpan beberapa misteri di kalangan masyarakat sekitar. Lokasinya yang berada tepat di daerah gunung merbabu yang juga dikenal mistis menjadikan danau ini juga terseret isu mistis tersebut. Konon air danau ini bersumber dari sebuah cabutan lidi oleh Klinting.

2. Danau Gunung Tujuh, Jambi

Danau Gunung Tujuh, Jambi
Source : travel.tribunnews.com

Danau yang dikenal mistis dan angker selanjutnya ialah Danau Gunung Tujuh yang terletak di desa Pelompek, Ayu Aro di Kabupaten Jambi. Menurut cerita danau ini juga dikenal dengan sebutan danau sakti karena airnya yang tidak pernah kotor, malahan daun-daun yang jatuh ke danau pun tidak terlihat sedikit pun. Karena hal tersebut masyarakat setempat akhirnya percaya jika danau ini adalah danau para dewa yang harus dijaga kelestarianya.

3. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba, Sumatera Utara
Source : sumutinvest.com

Selanjutnya siapa yang tak kenal Danau Toba salah satu danau terbesar dan terdalam di Indonesia, danau ini berlokasi di Sumatera Utara dan diyakini terbentuk atas legenda Danau Toba dan Pulau Samosir. Menurut mitos setempat, danau yang sebenarnya terbentuk akibat letusan gunung berapi Toba ini dikuasai oleh siluman naga. Dari pengakuan masyarakat sekitar bahwa mereka memang kerap melihat penampakan siluman naga tersebut di waktu-waktu tertentu.

4. Danau Tolire, Maluku

danau tolire
Source : indonesiatraveler.id

Selanjutnya ada nama Danau Tolire yang berposisi di Maluku, sebenarnya danau ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Danau ini dipercaya angker, karena menurut cerita orang setempat jika danau ini dikuasai oleh siluman buaya putih. Sementara mitos lain yang beredar ialah, barang apa saja yang dilempar ke dalam danau Tolire tidak akan pernah menyentuh air.

5. Danau Ranu Kumbolo Semeru, Jawa Timur

Danau Ranu Kumbolo Semeru, Jawa Timur
Source : katalogwisata.com

Nah, bagi kalian yang pernah nonton film Indonesia berjudul 5 CM pasti tak asing dengan danau yang satu ini, ya Ranu kumbolo sebuah danau yang terletak di kawasan Gunung Semeru dan juga terkenal dikalangan para pendaki gunung. Menurut ceritanya, beberapa pendaki memang sering melihat sesosok wanita yang kerap muncul dari tengah danau, terutama pada malam bulan purnama. Mereka percaya jika sosok wanita itu ialah penunggu Ranu Kumbolo, sementara itu di danau ini juga terdapat ikan mas yang tidak diketahui asal-muasalnya. Diketahui ikan-ikan tersebut ialah jelmaan dari dewi sang penunggu danau. Oleh karena itu, terdapat larangan tidak tertulis agar tidak menangkap atau menganggi habitat ikan – ikan tersebut.

6. Danau Gunting, Bogor

Danau Gunting, Bogor
Source : pojokcerita.com

Terakhir berada di wilayah Jawa Barat tepatnya Bogor, ada danau bernama Danau Gunting. Kenapa dinamai gunting karena bentuknya yang menyerupai gunting tersebut. Danau yang berlokasi tepat dibelakang Istana Bogor ini dipercayai dihuni oleh berbagai macam  makhluk astral. Pulau kecil ditengah dananupun tak luput dari sorotan misteri, ditengah pulau tersebut sering terlihat sosok supranatural wanita yang menggunakan pakaian noni Belanda.

        Nah, itulah 6 danau yang terkenal mistis di Indonesia, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com