-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Bikin Bangga, Inilah 6 Kopi Khas Indonesia yang Mendunia!

Tidak ada komentar

        Akhir-akhir ini fenomena pecinta kopi semakin marak di Indonesia, bahkan dalam beberapa tahun terakhir ada banyak kedai kopi baru yang hadir di berbagai kota di Indonesia. Namun, tahukah And ajika selain Brazil ternyata Indonesia juga merupakan salah satu negara penghasil kopi dengan kualitas baik dan nikmat untuk diseduh. Nah, inilah 6 jenis kopi asli Indonesia yang berhasil mendunia, kopi apa saja?

1.Kopi Arabika Kintamani, Bali

kopi arabika kintamani
Source : bukalapak.com

Pertama ada jenis Kopi Kintamani dari Bali yang menjadi salah satu kopi terpopuler di Jepang, Eropa, dan beberapa negara Timur Tengah. Kopi Arabika Kintamani ini telah di ekspor ke beberapa belahan negara di dunia terutama 3 negara yang telah disebutkan sebelumnya. Jenis kopi ini memiliki aroma yang unik karena dominasi asam citrus segar dan aroma wangi bunga, dengan tingkat keasaman dan kekentalan sedang. 

2. Kopi Arabika Gayo, Aceh

Kopi Arabika Gayo, Aceh
Source : visitbandaaceh.com

Berikutnya siapa yang tak tahu Kopi Arabika Gayo yang ketenaranya sudah dikenal kemana-mana, kopi asal Aceh ini memiliki kandungan yang lebih encer atau tak terlalu pekat dengan tingkat keasaman seimbang. Cocok untuk Anda yang bukan penyuka kopi asam. Masyarakat Aceh punya cara penyajian tardisional yang khas. Bukan diseduh, tapi kopi dan air direbus dalam panci hingga mendidih, lalu dituang ke dalam gelas berisi susu dan gula. 

3. Kopi Liberika Rangsang Meranti, Riau

Kopi Liberika Rangsang Meranti
Source : dikemas.com

Selanjutnya ada Kopi Liberika Rangsang meranti yang telah menyabet sertifikasi Indikator Gegrafis (IG), dan dinyatakan sebagai salah satu hasil pertanian terbaik oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Nasional RI. Kopi asal Riau ini diketahui sangat populer di Malaysia dan Singapura yang mana kedua negara tetangga Indonesia tersebut adalah dua negara tujuan ekspor terbesar Kopi Liberika.

4. Kopi Arabika Toraja, Sulawesi

Kopi Arabika Toraja, Sulawesi
Source : sentrakopi.com

Masih dengan Kopi Arabika kali ini ada Kopi Arabika Toraja yang sudah terkenal hingga ke Jepang dan Amerika. Kopi Arabika Toraja memiliki karakteristik yang cukup unik, sesuai dengan kebiasaan minum kopi di sana. Kopi Toraja biasanya tidak menyisakan after taste pahit yang bagi sebagian orang terasa mengganggu. Sensasi pahit yang ditimbulkan bijih kopinya hanya ada di awal dan hilang dalam sekali teguk. Kopi Toraja dan mayoritas kopi lainnya yang tumbuh di Sulawesi cenderung punya rasa earthy,seperti rasa tanah atau hutan dengan kandungan asam rendah.

5. Kopi Robusta Temanggung

Kopi Robusta Temanggung
Source : pasarkopi.com

Nah, dari Temanggung ada Kopi Robusta Temanggung yang tak kalah unik dari jenis kopi sebelumnya, Kopi ini memiliki aroma tembakau dengan rasa pahit pekat dan mendominasi. Namun itulah yang membuat kopi khas Temanggung, Jawa Tengah, ini sangat autentik dan digemari. Bahkan pasar ekspornya sudah mencapai negara-negara Eropa, Timur Tengah, hingga Amerika Latin.

6. Kopi Arabika Flores Bajawa, NTT

Kopi Bejawa
Source : sentrakopi.com

Terakhir dari tanah Flores ada Kopi Arabika Flores Bajawa yang nikmat. Kopi jenis ini memiliki kadar kekentalan yang cukup pekat, tapi tingkat keasaman yang relatif rendah. Berbeda dengan kebanyakan kopi di Indonesia, kopi Arabika dari kawasan Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur, punya rasa dominan cokelat dan vanili dengan after taste yang sedikit nutty. Amerika adalah negara tujuan sebagian besar ekspor kosmoditas kopi Flores Bajawa.

        Nah, itulah 6 jenis kopi asli Indonesia yang ketenaranya telah mendunia, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com