Berikut, 8 Landmark Paling Ikonik yang Ada di Indonesia!

         Landmark merupakan identitas suatu wilayah, dengan adanya landmark ini masyarakat dari berbagai daerah akan dengan mudah mengingat karakteristik pada suatu wilayah tertentu. Landmark pun ada banyak wujudnya bisa seperti patung, tugu, ataupun bangunan ikonik. Nah, berikut 8 Landmark paling ikonik yang ada di Indonesia.


#1. Simpang Lima Gumul – Kediri

simpang lima gumul
Source : pegipegi.com

Di urutan pertama ada nama Simpang Lima Gumul (SLG) yang cukup populer di kalangan masyarakat Jawa Timur karena wujudnya yang menyerupan Arc De Triumph di Perancis. Monumen Simpang Lima Gumul ini pertama kali diresmikan pada tahun 2008. Sejak saat itu, monumen ini telah menjadi ikon baru di Kediri dan selalu ramai oleh aktivitas anak-anak muda.


#2. Jembatan Ampera - Palembang

jembatan ampera palembang
Source : ksmtour.com

Selanjutnya adalah ikon kota Palembang yaitu Jembatan Ampera yang dibangun untuk menghubungkan Kota Ulu dan Ilir Palembang yang terpisah oleh aliran sungai Musi. Selain sebagai ikon dan sarana transportasi masa, jembatan ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke kota Palembang.


#3. Monumen Yesus Memberkati - Manado

Monumen Yesus Memberkati - Manado
Source : indonesiakaya.com

Tidak hanya di Brazil, ternyata Indonesia memiliki salah satu patung Yesus raksasa yang megah. Monumen Yesus Memberkati di Manado merupakan salah satu patung Yesus tertinggi di dunia dengan ketinggian 30 meter. Di Asia sendiri, tinggi patung Yesus ini menempati urutan kedua. Sosok pengusaha terkenal Indonesia, Ciputra merupakan tokoh utama dibalik pembuatan Monumen Yesus Memberkati.


#4. Tugu - Jogjakarta

tugu jogja
Source : alodiatour.com

Nah, bagi yang kerap berkunjung ke kota Jogja pasti tidak akan melewatkan momen untuk melewati landmark yang satu ini. Berlokasi di persimpangan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Margo Utomo, Tugu Yogyakarta telah lama menjadi salah satu ikon penting dari Kota Yogyakarta. Tugu ini dibangun sebagai nilai simbolis dan merupakan garis yang bersifat magis menghubungkan laut selatan, kraton Jogja dan gunung Merapi. Namun, landmark ikonik yang berdiri sekarang ternyata bukanlah tugu pertama yang berdiri di lokasi ini. Tugu yang berdiri kokoh sekarang ini dibangun oleh pemerintah Belanda setelah tugu sebelumnya yang bernama Tugu Golong-Gilig yang dibangun Hamengkubuwana I runtuh akibat gempa.


#5. Garuda Wisnu Kencana - Bali

Garuda Wisnu Kencana - Bali
Source : travel.kompas.com

Selanjutnya ada landmark Garuda Wisnu Kencana di Bali yang baru saja diresmikan pada 22 September 2018 silam. Karya pematung terkenal Bali I Nyoman Nuarta ini memiliki ketinggian hingga 120 meter dan menggambarkan sosok Dewa Wisnu yang tengah mengendarai Garuda.


#6. Monumen Nasional - Jakarta

monas
Source : blog.roomme.com

Selanjutnya, ada landmark paling ikonik di Jakarta bahkan Indonesia yaitu Monumen Nasional (Monas). Monumen ini dibangun tanggal 17 Agustus 1961 dengan tujuan untuk memperingati jasa para pahlawan Indonesia dalam memperebutkan kemerdaan. Bangunan tugu Monas memiliki tinggi 132 m dengan puncaknya berupa lidah api yang dilapisi emas sebagai simbol semangat perjuangan.


#7. Monumen Gong Perdamaian - Ambon

Monumen Gong Perdamaian - Ambon
Source : gotripina.com

Jauh dari ke kota Ambon, Maluku kalian akan menemukan Monumen Gong Perdamaian. Berada tepat di tengah-tengah Kota Ambon, Monumen Gong Perdamaian ini pertama kali diresmikan pada 25 November 2009 sebagai peringatan dari tragedi kemanusiaan di Ambon pada tahun 1999. Kehadiran gong raksasa yang merupakan salah satu landmark populer Indonesia di kota Ambon ini menjadi pengingat makna toleransi dan juga perdamaian.


#8. Monumen Nol Kilometer Indonesia - Aceh

Monumen Nol Kilometer Indonesia - Aceh
Source : idntimes.com

Terakhir adalah monument Nol Kilometer Indonesia yang terletak di Propinsi Aceh tepatnya daerah Sabang. Munumen ini merupakan salah satu titik terluar paling barat dari Indonesia yang mana penghitungan nol kilometer Indonesia-pun dimulai dari pulau kecil yang berada di ujung Provinsi Aceh ini.


          Nah, jadi itulah 8 landmark paling ikonik di Indonesia. Indonesia itu keren banget ya!. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian seputar Indonesia ya.

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama