-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Profil Negara Bhutan dan 5 Potensi Wisata Terpopulernya!

Tidak ada komentar

bhutan flag
Source : wallpapercave.com

Bhutan adalah sebuah negara kerajaan yang terletak di wilayah Asia Selatan tepatnya di antara India, Cina, dan Pegunungan Himalaya. Nama lokal negara ini ialah Druk Yul yang berarti "Negara Naga". Gambar Naga pun dapat ditemukan pada bendera negara Bhutan. Bhutan juga disebut sebagai “Shangrilla di kaki gunung Himalaya” yang 97% rakyatnya menganggap diri mereka sangat berbahagia. Bukannya kebahagiaan yang berasal dari pemuasan nafsu dunia fana, melainkan berasal dari iman dan konsep tahu-cukup.Orang Bhutan beranggapan kemiskinan yang sesungguhnya adalah apabila tak mampu beramal kepada orang lain, mereka sudah sangat puas asalkan memiliki sawah dan rumah. 

Profil Negara Bhutan

  • Nama Lengkap : Kerajaan Bhutan (Kingdom of Bhutan)
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional
  • Kepala Negara : Raja Jigme Khesar Namgyel Wangchuck (sejak 14 Desember 2006)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Lotay Tshering (sejak 7 Nov 2018)
  • Ibukota : Thimphu
  • Luas Wilayah : 38.394 km2
  • Jumlah Penduduk : 758.288 jiwa (estimasi di Juli 2017)
  • Etnis : Etnis Ngalop 50% (juga dikenal sebagai etnis Bhote), etnis Nepal 35% dan penduduk migran 15%
  • Bahasa Resmi : Dzongkha.
  • Agama : Buddha 75,3%, Hindu 22,1% dan agama lainnya 2,6%
  • Mata Uang : Ngultrum (BTN)
  • Hari Nasional : 17 Desember 1907 (Hari Pembentukan Kerajaan Bhutan)
  • Lagu Kebangsaan : “Druk tsendhen” (The Thunder Dragon Kingdom)
  • Kode Telepon : 875
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 8.200,-
  • Lokasi : Benua Asia (Asia Selatan)

Perekonomian Bhutan

        Pada sektor perekonomian, negara kecil di dataran Himalaya ini bertopang pada sktor agraris. Perekonomian Bhutan sangat mengandalkan berbagai hasil alam dari kegiatan pertanian, peternakan, hingga kehutanan. Komoditas Pertanian Bhutan diantaranya seperti Beras, Jagung, umbi-umbian, jeruk, produk susu dan telur. Selain produk pertanian, Bhutan juga menjual tenaga listrik yang dibangkitkan oleh tenaga air (PLTA) ke India. Industri penting lainnya bagi perekonomian Bhutan adalah Industri Semen, produk perkayuan, pengolahan buah-buahan dan pariwisata. Faktanya, Bhutan adalah salah satu negara dengan pendapatan perkapita tertinggi di kawasan Asia Selatan loh.

5 Spot Wisata Terbaik di Bhutan

1. Kota Thimphu

Kota Thimphu
Source :perjalanandunia.com

Wisata pertama yang dapat kalian kunjungi selama berada di Bhutan ialah Kota Thimph yang merupakan ibukota Bhutan. Thimpu termasuk kota yang unik dengan berbagai arsitektur bangunan yang saling teralkulturasi dengan mencampurkan kebudayaan  modern dan kuno. Tempat menarik yang dapat di kunjungi selama berada di kota Thimphu ialah Stupa Bersejarah Memorial Chorten, Traditional Medicine Institute, museum cerita rakyat, museum tekstil dan masih banyak lagi.

2. Tiger’s Nest Monastery

Tiger’s Nest Monastery
Source : earthtrekkers.com

Berikutnya wisatawan dapat berkunjung ke Tiger’s Nest Monastery yaitu sebuah tempat pertapaan yang telah dibangun sejak abad ke-8. Pertapaan ini dikenal sebagai salah satu temat terindah dan menakjubkan untuk melihat panorama alam yang ada di kerajaan Bhutan.

3. Bukit Phobjikha

Bukit Phobjikha bhutan
Source : tripadvisor.co.id

Wisata menarik selanjutya di Bhutan ialah Bukit Phobjikha yaitu sebuah bukit es yang indah dan damai, berwisata ke bukit ini akan membawa kalian kedalam suasana yang historis dimana sensasi kehidupan era lampau sangat kental di area ini.

4. Kuil Druk Wangyal Lhakhang

Kuil Druk Wangyal Lhakhang
Source : findbhutan.com

Bhutan juga dikenal akan keindahan arsitektur kuil dan bangunanya. Salah satu kuil terindah di Bhutan ialah kuil Drukwangyal Lhakhang yang terletak di Dochu La Pass. Arsitektur dari kuil ini tentu berbeda dari kuil-kuil lain yang ada di Bhutan. Lokasi kuil yang juga berdekatan dengan pegunungan Himalaya tentu akan menambah kesan indah pada destinasi wisata yang satu ini.

5. Lembah Haa

Lembah Haa bhutan
Source : tripadvisor.co.id

Terakhir, wisatawan dapat berkunjung ke Lembah Haa yang merupakan wisata alam terpopuler di Bhutan. Di tempat ini wisatawan akan melihat keindahan pemandangan pegunungan Himalaya  , hutan rhododendron, serta masih banyak lagi.

         Jadi, itulah profil singkat negara Bhutan beserta berbagai potensi wisata keren yag dimilikinya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com