Profil Negara Mesir dan 5 Potensi Wisata Terpoplernya!

egypt flag
Source : wallpaperaccess.com

        Mesir atau Egypt adalah sebuah negara bersejatah yang terletak di dua benua yaitu benua Afrika dan benua Asia. Negara dengan nama lengkap Republik Arab Mesir ini sebagian besar wilayahnya terletak di bagian timur laut Afrika sehingga sering digolongkan sebagai negara yang berada di benua Afrika.


Profil Negara Mesir :

  • Nama Lengkap : Republik Arab Mesir (Arab Republic of Egypt)
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Abdelfattah Said ELSISI (sejak 8 Juni 2014)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Mostafa MADBOULY (sejak 7 Juni 2018)
  • Ibukota : Kairo
  • Luas Wilayah : 1.001.450 km2
  • Jumlah Penduduk :104.124.440 jiwa (2020)
  • Bahasa Resmi : Arab
  • Etnis : Etnis Mesir (99,7%), etnis lainnya (0,3%)
  • Agama : Islam 90%, Kristen 10%
  • Mata Uang : Pound Mesir (EGP)
  • Hari Kemerdekaan : 28 Februari 1922 (dari Protektorat Inggris)
  • Lagu Kebangsaan : “Bilady, Bilady, Bilady”
  • Kode Telepon :  20
  • Pendapatan Per Kapita : US$. 11.840,- (2019)
  • Lokasi : Benua Afrika

 

Perekonomian Mesir


        Pada sektor perekonomian, aktivitas ekonomi Mesir banyak ditujukan bada bidang pertanian yang sebagian besar terpusat di lembah sungai Nil yang subur. Produk-produk agrikultur yang dihasilkan oleh Mesir diantaranya seperti Beras, jagung, gandum, kapas, buah-buahan, sayuran-sayuran, buah kurma, kambing, sapi dan domba. Selain itu, terusan Suez yang merupakan kanal transportasi air terpenting dari Eropa ke Asia juga berada di wilayah Mesir. Mesir sendiri merupakan negara penghasil Kurma terbesar di dunia.


5 Spot Wisata Terbaik di Mesir


1. Piramida Giza

Piramida Giza
Source : kompasiana.com

Bukan menjadi rahasia umum lagi bila Mesir menjadi pusat wisata sejarah Piramida di dunia. Salah satu wisata Piramida terkenal di Mesir ialah komplek Piramida Giza dan Patung Sphinx. Bangunan ini adalah satu-satunya situs keajaiban dunia yang tersisa dari zaman kuno dan telah berumur kurang lebih 4.600 tahun.


2. Laut Merah

laut merah mesir
Source : riauone.com

Berikutnya wisatawan dapat berkunjung ke Laut Merah atau Red Sea Coast yang terletak di bagian timur Mesir dan kaya akan keanekaragaman bawah laut. Panjang Laut merah ini diperkirakan sejauh 800 Km dan melintasi Terusan Suez sampai ke perbatasan Sudan bagian selatan. Air laut yang jernih dengan berbagai jenis ikan dan dilengkapi resort kelas premium menjadikan wisata di Red Sea Cost tepat untuk menikmati liburan yang eksotis dan jadi salah satu spot diving terbaik di negara ini.


3. Sungai Nil

Sungai Nil
Source : idntimes.com

Selain Laut Merah, Mesir tentu memiliki Sungai Nil yang ketenaranya sudah di akui sejak zaman Nabi. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia dan berperan penting dalam kehidupan masyarakat Mesir. Dikenal sebagai Father of African Rivers, sungai Nil bermuara sepanjang 6.650 dan mengalir hingga ke Laut Mediterania. Sungai ini menjadi sarana transportasi, pengairan, perdagangan hingga menjadi sumber bahan makanan karena banyaknya jenis flora dan fauna yang hidup di bantaran Nil.


4. Kota Alexandria

Kota Alexandria
Source : dream.co.id

Kota Alexandria menjadi salah satu kota tercantik di Benua Afrika dan sangat recommended untuk dikunjungi turis. Kota yang didirikan oleh Alexander Agung pada 331 SM ini terletak di pesisir Laut Mediterania di Mesir Utara. Sebagai kota terbesar kedua di Mesir, Alexandria berawal dari kota pelabuhan yang bertransformasi menjadi kota metropolitan termegah sekaligus terpenting pada zaman Mesir Kuno.


5. Kota Kairo

Kota Kairo
Source : kompas.com

Terakhir adalah berkunjung ke Ibu kota Mesir yaitu Kairo, kota ini merupakan salah satu kota terbesar di Afrika yang telah berdiri selama lebih dari 1000 tahun lamanya. Kairo merupakan tempat yang sangat tepat bagi kalian yang menyukai sejarah dan peradaban kuno. Sebab, kota ini menawarkan tradisi, kuil bersejarah, makam, gereja, monumen, dan museum yang dipertahankan hingga kini.


Jadi, itulah profil singkat negara Mesir beserta potensi wisata yang dimilikinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membaca ya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama