-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

5 Negara Yang Dulunya Kaya Raya Kini Jatuh Miskin!

Tidak ada komentar

        Jika sebelumnya kita membahas beberapa negara yang dahulunya miskin sekarang kaya raya, maka saat ini kita akan membahas 5 negara yang dulunya kaya sekarang terpuruk dan jatuh miskin. Negara apa saja ya? Simak pembahasan berikut.

#1. Somalia

Somalia
Source : aa.com.tr

Negara perrtama yang jatuh miskin ialah Somalia, negara ini sangat terkenal dengan para perompaknya yang kejam. Bajak laut seakan menjadi sesuatu yang mengerikan di negara ini, padahal Somalia dahulu merupakan salah satu negara kaya dengan hasil ternak yang berlimpah. Di kawasan Afrika sendiri Somalia sempat menjadi negara langganan ternak untuk beberapa negara lainya. Selain faktor kejahatan, ternyata faktor korupsi juga menjadi salah satu penyebab miskinya negara ini sekarang.

#2. Sudan

Sudan
Source : news.okezone.com

Berikutnya masih di wilayah benua Afrika ada negara Sudan yang juga telah jatuh miskin. Saat ini Sudan masih mengalami banyak konflik sipil, keadaan negara ini masih saja memanas. Sama seperti Somalia, Korupsi juga menjadi salah satu momok mengerikan yang menyebabkan negeri ini mengalami pasang surut ekonomi. Padahal jika melihat keadaan Sudan beberapa dekade lalu, sebenarnya negara ini kaya bahkan Sudan memiliki simpanan emas hingga ratusan ribu ton loh.  Namun sayangnya, saat ini rakyat Sudan menderita akibat korupsi serta perang yang tak ada habisnya.

#3. Afghanistan

afghanistan
Source : idntimes.com

Berikutnya ada negara Afghanistan yang saat ini juga menderita, dahulu Afghanistan dikenal sebagai salah satu negara berpotensi di kawasan Asia karena sumber daya nya yang melimpah. Terutama, semuanya sumber daya yang dimaksud berupa hasil tambang seperti emas serta tembaga. Diprediksikan hasil mineral dari negara itu dapat menjangkau 60 miliar ton tembaga, sedang cadangan emasnya 2,2 miliar ton. Bagaimaa tidak kaya kan, namun kondisi negara yang selalu konflik mengacaukan perekonomian negara ini. Disisi lain, berdasarkan penilaian Transparency International (TI), mengungkap jika Afghanistan menjangkau indek 8 atau nilai teratas dalam problem korupsi yang dikerjakan petinggi serta aparaturnya.

#4. Kenya

kenya
Source : bbc.com

Kembali ke wilayah Afrika, negara Kenya sejatinya adalah salah satu negara dengan potensi tambang terbaik di dunia. Namun, hal tersebut bukanlah menjadi jaminan jika Kenya akan menjadi negara yang kaya. Sama halnya dengan beberapa negara sebelumnya, masalah korupsi menjadi momok utama bobroknya perekonomian negara ini. Bahkan saking kejamnya tindak korupsi di Kenya, sempat presiden Kenya memecat puluhan polisi dan tentara karena melakukan KKN berjamaah.

#5. Nauru

Nauru
Source : androphedia.com

Nah, siapa sangka jika Nauru sebuah negara kecil yang terletak di kawasan Asia Pasifik ini merupakan negara terkaya dahulunya. Negara yang bertetanggaan dengan Indonesia di sebelah timur ini dahulunya diketahui sebagai negara penghasil fosfat terbesar di dunia, bahkan saking kayanya sulit untuk menemukan warga miskin di negara ini. Namun, perilaku masyarakat yang hedon dan suka berfoya-foya mengakibatkan negara ini terpuruk dan jatuh miskin hingga saat ini, bahkan sumber fosfat sudah mulai langkah di negara ini. Kasihan ya.

        Nah, itulah penampakan 5 negara yang dahulunya kaya raya dan sekarang jatuh miskin, emoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com