-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

6 Negara Ini Memiliki Penganut Atheis Terbesar di Dunia, Negara Mana Saja?

Tidak ada komentar

        Atheis adalah suatu pandangan filosofi yang tidak mempercayai adanya tuhan, tentu cukup banyak manusia yang mempercayai anggapan ini. Dari sebagian besar negara di dunia, berikut adalah 6 negara penganut Atheis terbesar di dunia, negara mana saja? Simak pembahasan berikut

6. Negara Islandia

iceland society
Source : grapevine.com

Diposisi keenam sebagai negara paling Atheis di dunia ada Islandia, sebagian besar masyarakat negara ini mengaku sebagai Atheis atau non agama. Salah satu faktor penyebab tingginya angka Atheis di Islandia tentu karena adanya aturan bahwa Katolik dilarang di pulau-pulau Eropa utara sekitar tahun 1550, dan kebebasan beragama menjadi hak hukum pada tahun 1874. Walau banyak yang mengaku Atheis namun masih ada sebagia kecil masyarakat Islandia yang memluk kepercayaan seperti agama rakyat dan Lutheran.

5. Negara Australia

australian people
Source : abc.net.au

Australia mendudukui posisi kelima sebagai negara dengan penduduk Atheis terbanyak di dunia, sekitar 10-19 % warga Australia mengatakan jika diri mereka Atheis. Australia juga dikenal memiliki pemerintahan yang Sekuler yaitu sebuah model hukum yang menjamin persamaan agama sejak zaman kolonialis pertama pada tahun 1788. Saat ini penganut agama Kristen sebagai agama mayoritas negeri Kanguru ini telah mengalami penurunan yang cukup signifikan, dan sebagian besar warga lebih senang untuk disebut Atheis.

4. Negara Perancis

france people
Source : civic-forum.au

Diurutan keempat sebagai negara dengan penduduk Atheis terbanyak di dunia adalah Perancis. Seperlima warga dari negeri yang terkenal akan keromantisanya ini mengaku sebagai Atheis. Menurut sejarah, Perancis pernah berusaha untuk mengurangi kekuatan lembaga keagamaan di negara mereka. Sejak, Revolusi Perancis tahun 1789 yang menjatuhkan Katolik Roma sebagai agama negara, serta hukum yang telah dibawa pada tahun 1905, secara resmi telah memisahkan gereja dan negara.

3. Negara Republik Ceko

czech republic people
Source : pinterest.com

Masih dari  tanah Eropa di posisi ketiga sebagai negara dengan penduduk terbanyak Atheis di dunia adalah Republik Ceko, diketahui sekitar 30-39 % warga Ceko mengklasifikasikan diri mereka sebagai Atheis. Salah satu faktor penyebabnya ialah lemahnya dukungan pemerintah terhadap agama dan gereja tradisional peninggalan nenek moyang mereka. Sejak tahun 1948 hingga 1989 komunis di negara ini benar-benar menekan kebangkitan agama apapun.

2. Negara Jepang

japan people
Source : thejakartapost.com

Diurutan kedua datang dari negara Asia Timur yaitu Jepang, negeri Sakura juga diketahui memiliki presentase warga Aheis terbanyak di dunia. Antara 30-39 % warga jepang berujar jika mereka adalah Atheis. Secara historis Agama di Jepang berpusat pada Shinto, yang berdasarkan pada ritual dan mitologi seputar masa lalu kuno Jepang. Namun, saat ini Shinto pun telah mengalami penurunan pengikut dalam beberapa tahun terakhir.

1. Negara China

chinese
Source : nbcnews.com

Diposisi pertama sebagai negara penganut Atheis terbesar di dunia tentu China, menurut Win/Gallup Cina memili presentase tertinggi Atheis, sekitar 40-49 % warga China mengaku sebagai Atheis. Negeri ini menganut Komunisme terbesar di dunia sejak 1949, paham yang menganggap agama sebagai alat untuk menindas kaum proletar, dengan gerakan-gerakan keagamaan yang ditekan di bawah kekuasaan Mao Zedong pada masa silam. Disisi lain pandangan filosofis Konfusianisme juga berkembang di China dimana paham ini menganggap kurangnya kepercayaan pada dewa supranatural.

        Nah, itulah 6 negara paling Atheis di dunia, sungguh sedih ya hidup tanpa pegangan yang pasti. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang membaca.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com