Agama dengan Penganut Terbanyak di Dunia!

        Agama merupakan acuan atau tuntunan hidup bagi sebagian besar umat manusia di dunia, saat ini ada sejumlah agama dan kepercayaan yang  telah diakui oleh dunia internasional. Namun, dari sekian banyaknya agama yang tersebar, agama manakah yang paling mayoritas penganutnya di dunia? Berikut daftarnya!

#5. Agama Lokal

atheism
Source : bbc.dom

Agama lokal termasuk kepercayaan tertentu yang dianut oleh suatu wilayah atau negara, diperkirakan jumlah pemeluk agama-agama lokal ini mencapai 430 juta orang. Selain agama lokal, sejumlah penduduk di berbagai negara juga tidak ingin terafiliasi oleh agama apapun. Hal ini mayoritas terjadi di negara Estonia, Republik Ceko, China, dan Jepang di mana lebih dari tiga perempat penduduknya menolak terafiliasi dengan agama tertentu.

#4. Budha

Buddhisme
Source : vox.com

Saat ini jumlah penganut Buddhisme telah mencapai 507 juta orang. China menjadi negara dengan jumlah penganut Budha terbanyak di dunia yakni sebanyak 254,7 juta. Lalu diikuti oleh Thailand sejumlah 66,1 juta, Myanmar sebanyak 41,4 juta, dan Jepang dengan 41,38 juta.

#3. Hindu

Buddhisme
Source : danielwinardi.com

Penganut agama Hindu menduduki urutan ketiga sebagai agama mayoritas di dunia dengan jumlah pemeluk mencapai 1,16 miliar orang. Hindu berasal dan berkembang di India lalu menyebar ke seluruh Asia Tenggara. Sehingga, India adalah negara dengan penganut Hindu terbesar di dunia.

#2. Islam

saudi arabia
Source : travel.detik.com

Islam adalah agama terbesar di dunia di urutan kedua. Pemeluk agama Islam disebut dengan Muslim dan saat ini telah mencapai jumlah penganut sebesar 1,91 miliar orang. Di sejumlah negara seperti Maladewa atau Maldives, Mauritania, dan Arab Saudi sebanyak 100% penduduknya memeluk agama Islam. Di banyak negara, setidaknya 95% penduduknya adalah pemeluk Islam termasuk aliran Sunni atau Syiah

#1. Kristenan

Kristen
Source : gatra.com

Kristen menjadi agama terbesar di dunia yang dianut oleh sekitar 2,38 miliar orang. Kristen yang dimaksud dalam daftar ini termasuk Katolik, Protestan, dan Orthodoks. Negara dengan dominasi Kristen adalah Vatikan dan Kepulauan Pitcairn yang penduduknya 100% beragama Kristen atau Katolik.

        Jadi itulah daftar agama dengan penganut terbanyak di dunia, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian yang menbaca ya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama