-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Fakta Provinsi Sumatera Barat yang Wajib Kamu Ketahui!

Tidak ada komentar

Yuk kita jalan-jalan ke ranah Minang, ada banyak hal menarik yang bisa kita gali dari provinsi Sumatera Barat loh. Nah, untuk menambah wawasan Sobat NinJa lebih dalam, berikut beberapa fakta tentang provinsi Sumatera Barat yang wajib kamu ketahui.

#1. Kondisi Geografis, Astronomis, dan Suku Bangsa

Sumatera Barat
Source : travel.okezone.com

Secara geografis, Provinsi Sumatera Barat terletak pada garis 00 54’ LU - 30 30’ LS serta 980 36’ -1010 53’ BT dengan total luas wilayah sekitar 42.297,30 Km2. Secara administratif, wilayah Provinsi Sumatera Barat berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara di sebelah utara, Provinsi Bengkulu di sebelah selatan, Provinsi Riau dan Jambi di sebelah timur, serta Samudera Hindia di sisi barat.

#2. Eksotisme Lembah Anai

Sumatera Barat
Source : cnnindonesia.com

Salah satu dari maskot pariwisata di Sumatera Barat yang telah mendunia ialah Air Terjun Lembah Anai.. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dan merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai. Air terjun ini berada di bagian barat Cagar Alam Lembah Anai.

Baca Juga :

#3. Arsitektur Minangkabau

Sumatera Barat
Source : sumbar.inews.id

Salah satu fitur umum bangunan tradisional khas Sumatera Barat adalah atap yang meruncing ke atas menyerupai tanduk. Ini adalah ciri khas arsitektur Minangkabau yang berbeda dari yang lain dan sangat dibanggakan oleh masyarakat Minang. Rumah adat yang terkenal dengan nama Rumah Gadang merupakan perwujudan budaya Minangkabau yang tetap dilestarikan.

#4. Tradisi Pacu Jawi

Sumatera Barat
Source : goodnewsfromindonesia.id

Apabila di Pulau Madura ada Karapan Sapi, di Sumatra Barat ada Pacu Jawi, yaitu festival balapan sapi khas masyarakat Minang di Kabupaten Tanah Datar. Berbeda dari Karapan Sapi yang menggunakan arena di tanah yang datar dan kering, Pacu Jawi dilakukan di sawah yang basah atau berlumpur. 

#5. Rumah salah Satu Suku tertua di Sumatera

Sumatera Barat
Source : radardepok.com

Selain etnis asli Minang, ada komunitas suku lainya yang cukup terkenal di Sumatera Barat yakni Suku Mentawai yang hidup di Kepulauan Mentawai, khususnya Pulau Siberut.  Peneliti meyakini bahwa nenek moyang suku ini tiba di Kepulauan Mentawai pada sekitar 500 hingga 2000 tahun sebelum masehi. Sehingga muncul anggapan bahwa Suku Mentawai merupakan salah satu suku tertua di Sumatera. 

#6. Asal Usul Jam Gadang

Sumatera Barat
Source: daerah.sindonews.com

Jam ini dibangun tahun 1926 dan diarsiteki oleh Yazin dan Sutan Gigi Ameh yang memakan biaya 3000 Gulden. Hal yang istimewa dari Jam yang merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Controleur (Sekretaris Kota) ini adalah tentang mesinnya yang hanya ada dua di dunia. Pertama di Big Ben, Inggris dan kedua di Bukittinggi, Indonesia.  

Jadi, gimana seru kan keliling Sumatera Barat.  Yuk dukung terus konten-konten bermanfaat dari ninggalinjejak.


mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com