-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Berikut 7 Fakta Sungai Aare Swiss yang Wajib Kamu Ketahui!

Tidak ada komentar

Sungai Aare merupakan salah satu portrait keindahan dari kota Bern dan Swiss, sungai ini menjadi salah satu tempat yang dibanggakan oleh warga Swiss. Nah, untuk lebih jelasnya berikut 7 Fakta mengenai sungai Aare.

#1. Memiliki titik kedalaman 200 meter

Sungai Aare
Source : tribunnews.com

Sungai Aare diketahui memiliki titik kedalaman yang bervariasi. Namun salah satu titik terdalam sungai Aare diyakini berada di jurang dekat Meiringen, diperkirakan kedalamnya mencapai 200 meter. Jurang tersebut letaknya tidak jauh dari hulu sungai Aare. Dan tidak hanya melintasi Bern, aliran sungai Aare juga melintasi sejumlah kota seperti Solothurn, Olten, Aarau, Brugg, dan berakhir di Koblenz.

#2. Sungai Terpanjang di Swiss

Sungai Aare
Source : Sungai Aare

Selain memiliki titik terdalam sedalam 200 meter, nyatanya sungai Aare juga merupakan sungai terpanjang di Swiss dengan panjang 288 Km serta mengaliri area seluas 17.780 km2. Sungai ini sangat indah dan airnya jernih sehingga tak heran bila sungai ini menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di kota Bern.

BACA JUGA :

#3. Kaya Akan Sejarah Abad Lampau

Sungai Aare
Source : travel.kompas.com

Diceritakan pasca berakhirnya dinasti Zahringen pada 1218, Bern berevolusi menjadi kekaisaran yang bebas. Saat itu, kota Bern itu hanya tersebar di bagian bawah semenanjung. Namun, sungai Aare memberikan perlindungan besar bagi warganya dari tentara asing di tiga sisi kotanya. Pada abad ke-18 Bern memerintah 52 wilayah, dan para bangsawannya memiliki kekuasaan yang cukup besar.

#4. Memiliki 17 Jembatan

Sungai Aare
Source : travel.detik.com

Diketahui sungai Aare di kota Bern ini difasilitasi dengan 17 jembatan. Jumlah ini tidak termasuk jembatan yang dilintasi kereta api dan jalan raya ya. Bahkan salah satu jembatan tertua di Swiss yakni Untertorbrucke atau jembatan Untertor yang dibangun pada 1487  juga melintas di atas sungai Aare. Jembatan ini menghubungkan distrik Matte dengan Altenberg. Hingga saat ini jembatan tersebut masih aktif digunakan oleh masyarakat setempat.

#5. Area Konservasi di Pinggiran Sungai

Sungai Aare
Source : the.asianparent.com

Tak hanya itu, area bantaran sungai Aare pun dianggap sebagai wilayah konservasi karena kondisi ekosistem yang sangat sensitif. Akibatnya, hampir seluruh lanskap sungai antara Thun dan Bern terlindungi. Bahkan otoritas kota menghimbau semua orang yang tinggal di sekitaran sungai Aare untuk menghormati alam, tidak meninggalkan sampah atau mengganggu hewan yang tidak perlu.

#6. Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya oleh UNESCO

Sungai Aare
Source : suara.com

Pada tahun 2017, UNESCO menetapkan bahwa berenang di Sungai Aare masuk dalam daftar tradisi, dan karenanya merupakan bagian dari warisan budaya tak benda Swiss. Kantor Kebudayaan Federal Swiss memutuskan kegiatan mana yang diklasifikasikan sebagai "tradisi hidup." Daftar tersebut mencerminkan keragaman budaya Swiss dan telah secara aktif dipertahankan dan diperluas sejak 2012.

#7. Minim Fauna

Sungai Aare
Source : selebrities.id

Kondisi air yang dingin serta aliranya yang jernih tentu sangat memungkinkan bila sungai Aare minim dihuni oleh fauna. Bahkan baru-baru ini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan pernyataan pasca ditemukanya jasad Eril (anaknya yang tenggelam di sungai Aare), jasad sang anak yang ditemukan di sungai Aare diungkapkan masih dalam keadaan utuh tanpa luka gigitan hewan sedikitpun.

Gimana Sobat NinJa, keren kan pembahasan kita kali ini? Semoga informasi ini dapat menambvah wawasan kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com