-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Fakta Provinsi Sumatera Utara yang Wajib kamu Ketahui!

Tidak ada komentar

    Bergeser dari Aceh mari kita berkunjung ke propinsi Sumatera Utara, ada banyak hal yang bisa kita telisik dari Propinsi tempat Danau Toba ini berada. Nah, untuk menambah wawasan Sobat NinJa lebih dalam, berikut beberapa fakta tentang provinsi Sumatera Utara yang wajib kamu ketahui.

#1. Kondisi Wilayah

Istana Maimun
Source : pegipegi.com

Provinsi Sumatera Utara terletak pada 1° - 4° Lintang Utara dan 98° - 100° Bujur Timur, Luas daratan Provinsi Sumatera Utara 71.680 km². Propinsi yang berbatasan dengan Aceh di sebelah utara dan dengan Sumatera Barat serta Riau di sebelah selatan ini juga merupakan rumah bagi bangsa Batak, yang hidup di pegunungan dan suku bangsa Melayu yang hidup di daerah pesisir timur. Selain itu juga ada suku bangsa Nias di pesisir Barat Sumatera, Mandailing, Jawa dan Tionghoa.

#2. Revolusi Medan dari kampung kecil menjadi Kota Besar

Kota Medan
Source : unplash.com

Mulanya, Kota Medan hanyalah kampung yang berpenduduk sekitar 200 jiwa dan dipimpin oleh Tuanku Pulau Berayan yang dibangun tahun 1590. Dan sampai sekarang Kota Medan adalah kota terbesar di Sumatera.

Baca Juga :

#3. Danau Toba

Danau Toba
Source : unplash.com

Danau Toba yang membentang di Sumatera Utara merupakan danauterbesar di kawasan Asia Tenggara. Selain indah, ditengah danau ini juga terdapat satu pulau yang terkenal yakni pulau Samosir.

#4. Sistem Marga

Marga
Source : pnterest.com

Marga merupakan identitas yang sangat penting bahkan sakral bagi suku Batak, bahkan bagi orang Batak sendiri dianjurkan untuk tidak menikah dengan marga yang sama.

#5. Kereta Bandara pertama di Indonesia

Bandara Medan

Sebelum ibukota Jakarta dan Kota Palembang, ternyata pembangunan kereta Bandara pertama di Indonesia adalah di Bandara Kualanamu, Medan sejak tahun 2013.

#6. Adat dan Tradisi

Pulau Nias
Source : nusatrip.com

Suku terbesar di Provinsi Sumatera Utara adalah suku Batak dengan persentase 41,93%. Terdapat tradisi unik di Pulau Nias, yaitu tradisi Lombat Batu. Disisi lain, untuk senjata aslinya bernama Piso dan rumah adat diberi nama Ruma Batak.

    Jadi, gimana seru kan keliling Sumatera Utara. Yuk dukung terus konten-konten bermanfaat dari ninggalinjejak.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com