-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Profil Negara Afrika Selatan dan Berbagai Spot Wisata Terbaiknya!

Tidak ada komentar

Afrika Selatan
Source : kabar24.bisnis.com

Oke-oke, kita kembali ke rubric profil Negara dan kali ini mimin akan bahas salah satu Negara termaju di benua Afrika yaitu Negara Afrika Selatan. Ibu kota Afrika Selatan ada 3 yakni Pretoria, Cape Town dan Bloemfontein yang masing – masing untuk badan eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Salah satu hal yang membuat publik semakin mengenal Negara ini ialah pasca perhelatan piala dunia 2010 di Afrika Selatan, sejak saat itu pamor Negara ini meningkat dimata dunia.

Profil Afrika Selatan

  • Nama Lengkap : Republiek van Suid-Afrika (Republik Afrika Selatan)
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Matamela Cyril RAMAPHOSA (sejak 15 Februari 2018)
  • Kepala Pemerintahan : Presiden Matamela Cyril RAMAPHOSA (sejak 15 Februari 2018)
  • Ibukota : Pretoria (eksekutif), Cape Town (Legislatif) dan Bloemfontein (yudikatif)
  • Luas Wilayah : 1.22 juta km²
  • Jumlah Penduduk : 547, 78 juta jiwa (2018)
  • Suku Bangsa/Etnis : Afrika kulit hitam (80,2%), kulit putih (8,4%), India/Asia (2,5%), Lain-lain (7,9%)
  • Bahasa Resmi : bahasa IsiZulu, bahasa IsiXhosa, bahasa Afrikaans, bahasa Inggris, bahasa Sepedi, bahasa Setswana, bahasa Sesotho, bahasa Xitsonga, bahasa siSwati, bahasa Tshivenda dan bahasa isiNdebele.
  • Agama : Protestan (36,6%), Katolik (7,1%), Islam (1,5%), Kristen lainnya (36%), agama lainya (18,8%)
  • Mata Uang : Rand Afrika Selatan (ZAR)
  • Hari Nasional : 31 Mei 1961 (Sebagai Republik)
  • Lagu Kebangsaan : “National Anthem of South Africa”
  • PDB Per Kapita : US$ 6,374,03,- (2017)
  • Kode Telepon : 27
  • Lokasi : Benua Afrika

Perekonomian Afrika Selatan

Pada sektor perekonomian, Negara Afrika Selatan ini tergolong Negara maju dan memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang stabil sebelum pandemi Covid 19 terjadi. Afrika Selatan dikenal sebagai salah satu kawasan yang kaya akan bahan tambang seperti logam mulia, logam dasar dan bahan-bahan nonlogam. Pasokan Devisa Afrika Selatan tentu diperoleh dari ekspor hasil pertambangan, pertanian, dan peternakan. Ekspor utamanya adalah emas dan logam lainnya, mesin, anggur, tekstil, serta ikan. Impor utamanya adalah gandum dan kendaraan. Untuk sektor sumber daya alam perkebunan dan pertanian yang dihasilkan Afrika Selatan meliputi jagung, wool, terigu, gula, tebu, tembakau, buah-buahan, dll.

Wisata Afrika Selatan

Pada sektor pariwisata tentu Afrika Selatan tak bisa dipandang sebelah mata, ada banyak spot wisata memukau di negeri ini. Nah, berikut mimin sudah pilihkan 5 spot wisata terbaik di Afrika Selatan.

1. Cape Town

Cape Town
Source : kumparan.com

Nah, spot wisata pertama yang wajib kalian kunjungi ketika berada di Afrika Selatan ialah Cape Town, sebuah kota fenomenal dengan background table mountain yang indah. Seperti namanya, Table Mountain adalah sebuah gunung yang mempunyai permukaan yang datar seperti meja. Kalian dapat mendaki dan melihat pemandangan Cape Town dari atas gunung ini. Table Mountain ini pun telah masuk dalam daftar  New Seven Wonders.

2. Robben Island

robben island afrika selatan
Source : id.traasgpu.com

Berikutnya, wisatawan dapat berkunjung ke Robben Island yang merupakan wisata sejarah paling terkenal di Afrika Selatan. Dahulunya, tempat ini adalah kawasan pengasingan sekaligus penjara bagi pahlawan pembebasan praktek Apartheid di Afrika selatan, yaitu nelson mandela. Pulau ini terletak di Teluk Table, 6,9 km tepatnya sebelah barat pesisir Bloubergstrand, Cape Town, Afrika Selatan. 

3. Pantai Durban

pantai durban
Source : piqsels.com

Afrika Selatan juga memiliki wisata pantai yang keren loh yaitu Pantai Durban. Durban juga mempunyai salah satu taman bermain terbesar di dunia yaitu Ushaka Marine Word. Di pantai ini wisatawan dapat berselancar karena ombaknya yang cocok untuk aktifitas selancar dan terdapat juga atraksi lumba-lumba di pantai ini loh.

4. Kruger Park 

kruger park
Source : krugerpark.co.za

Bagi kalian yang ingin menikmati sensasi bertualang melihat satwa endemic Afrika, Kruger Park adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Taman nasional terbesar di Afrika Selatan ini dihuni berbagai hewan liar dengan padang savana yang menjadi habitat mereka. Tempat ini sering jadi penelitian, pembuatan film untuk sarana edukasi dan wisata para wisatawan juga pastinya. Saat ingin bersafari di taman ini wisatawan wajib bersama pemandu untuk berjaga-jaga ketika ada serangan dari hewan liar.

5. Johannesburg

Johannesburg
Source : director.co.uk

Terakhir, kalian dapat berkunjung ke kota Johannesburg yang merupakah salah satu kota terbesar lainya di Afrika Selatan selain Cape Town. Di kota ini terlihat sisi lain dari Afrika Selatan yang makmur dan maju dengan landmark berbagai bangunan yang modern dan mewah. Berbagai tempat wisata dapat dikunjungi di kota ini sepeti Golden Ref City, Johannes Art Galerry, dan Rosebank Flea sebuah tempat menjual cindera mata atau oleh-oleh khas Afrika Selatan.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com