-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

7 Metode Ampuh Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak!

Tidak ada komentar

English
Source : freepik.com/waewkidja

    Sebagai salah satu bahasa Internasional, tentu bahasa Inggris menjadi suatu kebutuhan yang wajib untuk dikuasai oleh generasi modern. Tak dapat dipungkiri, kebutuhan akan kemampuan bahasa Inggris ini meningkat pesat pasca teknologi modern semakin berkembang. Berbagai aktivitas global seperti perdagangan, pemerintahan, hiburan, hingga pendidikan meletakan bahasa Inggris sebagai bahasa pemersatunya. Meskipun demikian, masih banyak orang-orang yang merasa sulit untuk memahami dan menemukan metode belajar bahasa Inggris yang mudah menurut mereka. Tenang dulu gua juga sulit seperti kalian kok, tapi sekarang gua bakal kasih beberapa tips belajar bahasa Inggris secara Otodidak berdasarkan pengalaman pribadi gua. Check this out!

1. Sering Nonton Video/Film Berbahasa Inggris

Untuk tips pertama mungkin terdengar klise dan umum untuk kalian semua, namun gua sudah membuktikanya. Sering menonton video atau film berbahasa Inggris nyatanya mampu untuk memicu hasrat kita untuk dapat memahami kata per kata yang di ucapkan oleh speaker yang berbicara. Sebenarnya ini tergantung dari metode mendengarkan kalian ya, kalo gua bertahap. Pertama gua masih sering pakai subtitle bahasa Indonesia, lama kelamaan gua coba untuk gak pakai subtitle lagi dan ternyata malah lebih efektif untuk memperdalam skill listening gua. Tips penting dari gua untuk metode ini ialah selalu catat kosa kata baru yang sebelumnya tidak pernah kalian dengar atau mengerti. Nah, beberapa film rekomendasi belajar bahasa Inggris gua ya pasti Hary Potter, Avengers Semua Serinya, Lord of The Rings, dan lain sebagainya. Sementara untuk rekomendasi video di youtube, coba kalian sering dengarkan channel TED Talks, What If…, Jimmy Kimmel Live, dan masih banyak lagi.

2. Manfaatkan Social Media!

Beruntunglah kita yang hidup di zaman teknologi modern, yang mana segala akses teknologi dan media baru sangat mudah di peroleh. Gua pikir sebagian besar dari kalian yang membaca artikel ini adalah user social media baik instagram, facebook, twitter, dan lain sebagainya. Salah satu metode belajar bahasa Inggris gua ialah melalui social media, ada banyak banget akun social media yang mengajarkan tentang cara belajar bahasa Inggris secara cuma-cuma. Coba saja di pencarian Instagram atau Facebook kalian ketik keyword “Belajar Bahasa Inggris” tentu akan banyak bertebaran akun-akun serupa yang berguna untuk memperkaya pemahaman kalian mengenai bahasa Inggris.

3. Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Nah, jika tadi menonton film atau video berbahasa Inggris, metode yang satu ini juga sangat sederhana dan terbilang ampuh untuk meningkatkan skill listening bahasa Inggris kalian. Mendengarkan berbagai lagu bahasa Inggris secara rutin dapat menjadi jalan untuk kalian agar semakin akrab dengan kata-kata berbahasa Inggris. Biar lebih efektif, kalian bisa mendengarkan lagu-lagu kesukaan kalian sembari membaca lirik asli dari lagu tersebut, singkronkan dan pahami kata per kata yang di ucapkan oleh sang penyanyi.

4. Hafalan 5-10 Kosa Kata Baru Sehari

Mungkin sebagian besar dari kalian sangat membenci metode menghafal, karena ada anggapan jika terlalu banyak menghafal maka akan cepat lupa. Tenang, metode menghafal kali ini tidak memaksa kalian untuk berfikir keras sepertihalnya menghafal materi buku sejarah. Cukup hafalkan 5-10 kosa kata baru sehari, lalu catat pada notes kalian dan ulangi dibaca ketika kalian merasa lupa.

5. Baca Artikel Berbahasa Inggris

Salah satu skill terpenting dalam bahasa Inggris ialah reading, bagaimana ceritanya jika kalian ahli dalam listening namun kurang meyakinkan dalam reading. Sering-sering membaca artikel atau tulisan berbahasa Inggris tentu sangat berguna untuk memperkaya kosa kata baru kalian, ada banyak banget platform berbahasa Inggris yang dapat kalian jadikan sumber untuk belajar. JAdi, banyak-banyak eksplor ya!

6. Latihan Ngomong depan Kaca

Jika kalian kesulitan untuk mencari lawan bicara dalam praktik speaking. Cobalah untuk berbicara di depan kaca terlebih dahulu, lebih afdol lagi sambil di rekam suaranya. Btw, ngomong di depan kaca kamar kalian saja ya, jangan di depan umum hehe. Berbicara di depan kaca akan memperlihatkan bagaimana ekspresi kalian ketika berbicara bahasa Inggris di depan orang lain, sementara merekam suara dapat berguna untuk kalian mengevaluasi pronoun atau dialek yang tengah kalian ucapkan.

7. Belajar dari Aplikasi Gratis

Saat ini ada banyak sekali aplikasi gratis yang mengajarkan materi mengenai bahasa Inggris, bahkan tidak hanya bahasa Inggris melainkan berbagai bahasa asing lain di dunia. Belajar melalui aplikasi juga terbilang asyik dan memorable loh. Salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang masih gua gunain sampai sekarang ialah Duolingo, kalian bisa download dan coba sendiri pada Smartphone kalian.

         Baiklah, mungkin itu saja 7 tips belajar bahasa Inggris secara otodidak berdasarkan pengalaman pribadi gua. Semoga artikel ini dapat memotivasi dan membantu proses belajar kalian ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com