-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Inilah, Rekomendasi Wisata ke 5 Sungai Terpanjang di Dunia!

Tidak ada komentar

         Bukan ke gunung ataupun pantai, adakah di benak kalian terfikir untuk berwisata ke pinggiran aliran sungai?. Namun jangan salah sangka dulu, sungai yang akan mimin maksud bukan sembarang sungai ya, melainkan sungai-sungai teranjang di dunia. Jadi, berikut rekomendasi wwisata ke 5 sungai terpanjang yang ada di dunia.

#5. Sungai Yenisei, Rusia

Sungai Yenisei, Rusia
Source : merdeka.com

Sungai terpanjang di urutan kelima adalah sungai Yenisei yang berlokasi di negara Rusia, sungai ini diketahui memiliki panjang hingga 3.438 kilometer dan merupakan sungai terbesar yang mengalir hingga ke Samudra Arktik. Meskipun berhulu di Mongolia, sebagian besar aliran sungai Yenisei berada di Rusia. Sungai ini kerap menjadi beku kala cuaca yang sangat dingin di Rusia memasuki musimnya. Luasan wilayah yang beku pun hingga 5 kilometer dan bisa dilalui oleh kendaraan selama musim dingin di daerah Krasnoyarsk, Rusia.


#4. Sungai Mississippi, Amerika Serikat

Sungai mississippi
Source : lifestyle.okezone.com

Berikutnya ada nama sungai Mississippi yang cukup terkenal di dunia, sungai ini dapat dikategorikan sebagai sungai terpanjang di Amerika Serikat dan yang keempat di dunia dengan panjang mencapai 5.970 kilometer. Sungai ini berhulu di Danau Itasca dan bermuara di Teluk Meksiko. Nama "Mississippi" berasal dari bahasa penduduk asli Amerika yang berarti "Bapak Air".  Salah satu sungai terpanjang di dunia ini melewati 31 negara bagian di Amerika Serikat dan dua provinsi di Kanada.


#3. Sungai Yangtze, Tiongkok

Sungai Yangtze, Tiongkok
Source : republika.co.id

Di posisi ketiga ada nama sungai Yangtze di China dengan panjang hingga 6.378 kilometer dan menjadikanya sebagai sungai terpanjang di Asia. Sungai ini menjadi sumber daya air dan jalur transportasi bagi rakyat Tiongkok. Di sepanjang sungai ini terdapat bendungan hidroelektrik paling besar di dunia, yaitu Bendungan Tiga Ngarai. Bendungan ini berperan sebagai pembangkit listrik, pelayaran, irigasi, akuakultur, dan pariwisata. Dengan adanya fasilitasi sarana di daerah sekitar sungai Yangtze, daerah ini merupakan yang paling makmur dan paling padat penduduknya di Tiongkok.


#2. Sungai Amazon, Amerika Selatan

Sungai Amazon
Source : idntimes.com

Di urutan kedua sebagai sungai terpanjang di dunia adalah sungai Amazon di kawasan benua Amerika bagian selatan. Sungai Amazon memiliki panjang sekitar 6.436 kilometer dan telah menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat yang hidup di negara-negara Amerika latin. Debit air salah satu sungai terpanjang di Dunia ini berasal dari pegunungan Andes di Peru, yaitu berasal dari tiga sungai Mantaro, sungai Apurimac, dan sungai Maranon.  Selain itu, Keadaan iklim dari sungai Amazon dan hutan Amazon memang cocok untuk menjadi rumah bagi satwa liar yang unik, sehingga tak heran bahwa di sungai ini hidup beberapa spesies fauna paling berbahaya di dunia seperti ikan piranha, anakonda, dan ikan vampir.


#1. Sungai Nil, Afrika Timur

sungai nil
Source : idntimes.com

Nah, jelas saja untuk sungai terpanjang di dunia di nobatkan kepada sungai Nil yang berada di negara Mesir. Sungai Nil memiliki panjang 6.693 kilometer dan melewati 11 negara serta menjadi sumber air utama bagi dua negara, yaitu Sudan dan Mesir.  Sungai terpanjang di dunia ini memiliki saluran pembuangan air seluas lebih dari 3 juta kilometer ini mengalir deras menuju Gurun Sahara dan bermuara di Laut Mediterania. Sungai Nil memiliki 2 cabang utama, yaitu blue nile dan white nile.

        Nah, itulah informasi seputar 5 sungai terpanjang di dunia. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan serta rekomendasi wisata bagi kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com