-->

Ini Dia 8 Sekolah Kuliner Paling Bergengsi Di Dunia, Ada Sekolahnya Chef Renatta Lho!

Tidak ada komentar

       Saat ini industri F&B sedang berkembang cukup pesat, ditandai dengan banyaknya restoran, cafe, dan pelaku UMKM dibidang F&B yang terus bermunculan di Indonesia. Dapat dikatakan bahwa industri F&B atau kuliner memang sedang diminati oleh kalangan anak muda. Apalagi ditambah dengan banyaknya program kuliner yang ditayangkan di televisi telah berhasil membuka cakrawala masyarakat jika industri kuliner ini memiliki potensi yang cukup positif dalam perkembangan bisnis. Profesi sebagai juru masak atau seorang chef pun semakin diminati masyarakat, khususnya oleh kalangan anak muda. 

       Bagi kamu yang tertarik untuk sekolah kuliner di luar negeri, ini dia 8 rekomendasi sekolah kuliner paling bergengsi di dunia.

1. Auguste Escoffier School of Culinary Arts, Amerika Serikat

Lokasi Kampus: Boulder, Colorado dan Austin, Texas


Source: by Yelp - mapquest.com

Auguste Escoffier adalah nama dari seorang chef berkebangsaan Prancis yang berhasil membuat revolusi masakan Prancis pada masa modern. Sekolah Auguste Escoffier ini terletak di dua daerah Amerika Serikat, seperti di Boulder, Colorado dan Austin, Texas. Disana kamu akan belajar mengenai teknik dan keterampilan masak yang pernah digunakan oleh Auguste Escoffier sendiri. Beberapa program yang ditawarkan di sekolah tersebut seperti Culinary Arts, Baking and Pastry, Food & Beverage Operations, and Plant-Based Culinary Arts. Selain itu, para siswa juga akan mendapatkan bantuan layanan karir selama di sekolah maupun setelah lulus. 


Source: Facebook - Auguste Escofier School of Culinary Arts


Source: Facebook - Auguste Escofier School of Culinary Arts

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap seputar studi di sekolah ini, kamu bisa langsung mengunjungi website resmi Auguste Escoffier School of Culinary Arts melalui link ini ya, escoffier.edu.


2. Le Cordon Bleu, Perancis

Lokasi Kampus: Paris, Perancis; London, Inggris; Ottawa, Kanada; Bangkok, Thailand; Sydney, Australia


Source: Facebook - Le Cordon Bleu

Jika kamu pecinta kuliner, pasti sudah tidak asing dengan universitas ini. Le Cordon Bleu merupakan sekolah kuliner yang paling terkenal di Perancis, bahkan dunia. Sekolah yang didirikan sejak tahun 1895 ini ternyata merupakan tempat chef Renatta Moeloek menempuh pendidikan hingga mendapatkan gelar chef. Salah satu program yang terkenal dari sekolah ini adalah Grand Diplôme yang merupakan sebuah program pelatihan teknik kuliner tradisional Prancis. Program ini dapat ditempuh kurang lebih satu tahun masa studi dan magang selama 6 bulan. Siswanya akan memperoleh gelar Diploma Cuisine and Pastry.  


Source: Facebook - Le Cordon Bleu

Selain program tersebut, Le Cordon Bleu juga masih memiliki beberapa program dan  gelar yang ditawarkan pada siswanya, seperti: Pâtisserie Diploma, Cuisine Diploma, Boulangerie Diploma, Diploma in Culinary Management, MBA in International Hospitality and Culinary Leadership, dan lain sebagainya.


Source: Facebook - Le Cordon Bleu

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai studi di Le Cordon Bleu, kamu bisa mengunjungi website resmi mereka di cordonbleu.edu.


3. Culinary Arts Academy, Swiss

Lokasi Kampus: Lucerne dan Le Bouveret, Swiss


Source: Facebook - Culinary Arts Academy

Culinary Arts Academy merupakan bagian dari Swiss Education Group yang menjadi salah satu sekolah kuliner terbaik di dunia. Sekolah ini cukup selektif karena hanya menerima 300 siswa yang diakomodasi di dua kampusnya, yaitu kota Lucerne dan Le Bouveret. Sekolah ini menawarkan berbagai pilihan studi, dengan fokus utama tentunya pada bidang kuliner. Dengan pendekatan tradisi kuliner yang mencerminkan tren modern, para siswa nantinya akan mendapatkan pelatihan dalam mengelola masakan-masakan tradisional hinga internasional. Selain itu para siswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk magang di hotel-hotel dengan kelas internasional.


Source: Facebook - Culinary Arts Academy

Nah, bagi teman-teman yang tertarik dengan informasi lebih lanjutnya, bisa mengakses website resmi Culinary Arts Academy, Switzerland disini ya culinaryartsswitzerland.com.


4. Apicius: International School of Hospitality, Italia

Lokasi Kampus: Florence, Italia


Source: Facebook - Apicius International School of Hospitality

Apicius: International School of Hospitality merupakan sekolah perhotelan internasional pertama di Italia. Apicius berada di kota Florence yang merupakan salah satu kota wisata yang wajib dikunjungi jika anda sedang berada di Italia. Sekolah ini berdiri pada sejak tahun 1997 dan berorientasi pada akademik, profesional, dan karir dengan reputasi internasional. Para siswa disini akan diajarkan bagaimana mengembangkan keterampilan individu dalam industri kuliner. Beberapa jurusan spesifik yang ditawarkan oleh sekolah ini seperti: Baking and Pastry, Culinary Arts, Dietetics and Nutrition, Food and Culture, dan masih banyak lagi.


Source: Facebook - Apicius International School of Hospitality

Nah, untuk teman-teman yang ingin mencari tahu lebih lanjut tentang studi di sekolah ini, bisa mengakses website resmi Apicius: International School Hospitality, disini ya apicius.it.


5. The Culinary Institute of America, Amerika Serikat

Lokasi Kampus: Hyde Park, New York; San Antonio, Texas; Napa, Califronia; dan Singapura


Source: Facebook - The Culinary Institute of America

Culinary Institute of America merupakan sebuah sekolah kuliner yang memiliki beberapa kampus di daerah AS dan bahkan sudah membuka kampus di Singapura. Para siswa akan diajarkan mengenai perencanaan menu, pemilihan bahan makanan, persiapan sebelum memasak, resep, proses memasak, standar kualitas makanan yang perlu diperhatikan, penyajian, penyimpanan, dan lainnya. Sekolah ini juga mengajarkan tentang bagaimana mengatasi tantangan dalam menjalankan fungsi layanan kuliner di restoran dari mulai mempelajari sisi bisnis dan manajemen dalam bidang kuliner. Sehingga nantinya, para lulusan sekolah tersebut memiliki bekal ilmu yang memadai untuk menjalankan bisnis dalam bidang kuliner.


Source: Facebook - The Culinary Institute of America

Jika kamu ingin mengetahui info lebih lanjut, silakan kunjungi website resmi The Culinary Institute of America, disini ciachef.edu.


6. Hattori Nutrition College, Jepang

Lokasi Kampus: Tokyo, Jepang


Source: Facebook - Hattori Nutrition College

Hattori Nutrition College merupakan sekolah kuliner yang terkenal di Asia, terutama bagi mereka yang sangat tertarik dengan kuliner Jepang. Sekolah ini didirikan pada tahun 1939 oleh Michimasa Hattori dengan nama awal Tokyo Nutrition High School, namun pada tahun 1957 berubah nama menjadi Hattori Nutrition College. Di sekolah ini, siswa tidak hanya belajar seputar indusri kuliner, namun mereka juga akan mendapatkan pembelajaran “Shokuiku”, yaitu sebuah istilah Jepang dalam pendikan makanan yang meliputi gizi dan nutrisi (diet) dalam sebuah makanan. Pembelajaran “Shokuiku” ini diharapkan dapat membuat siswa yang akan menjadi koki di masa mendatang dapat menciptakan hidangan yang lezat, namun juga tetap mempertimbangkan kesehatan seperti gizi dan nutrisi dalam setiap hidangannya.


Source: Facebook - Hattori Nutrition College

Nah bagi teman-teman yang tertarik dan ingin mengetahui informasi lebih mendalam mengenai studi di Hattori Nutrition College ini, kamu dapat mengunjungi langsung website resmi mereka disini ya global.hattori.ac.jp.


7. Institute of Culinary Education, Amerika Serikat

Lokasi Kampus: New York, NY & Los Angeles, California


Source: Facebook - Institute of Culinary Education

Institute of Culinary Education didirikan sejak tahun 1975 dan pernah mendapatkan predikat “Best Culinar School of 2016” oleh Daily Meal. Setiap tahunnya sekolah ini menerima kurang lebih 1500 siswa. Sekolah ini memiliki fasilitas yang lengkap, seperti kebun hidroponik hingga laboratorium teknologi kuliner yang nantinya dapat membantu siswa disana untuk belajar mengenai bidang kuliner dari proses pertanian sebuah bahan makanan hingga diolah menjadi sebuah masakan. Institute of Culinary Education (ICE) menawarkan beberapa program, seperti: Culinary Arts, Pastry & Baking Arts, Health-Supportive Culinary Arts, Restaurant & Culinary Management, and Hospitality & Hotel Management.


Source: Facebook - Institute of Culinary Education

Nah jika teman-teman ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai studi di Institute of Culinary Education (ICE), kamu bisa mengunjungi tautan link ini ya ice.edu.


8. Westminster Kingsway College, Inggris

Lokasi Kampus: London, Inggris


Source: Facebook - Westminster Kingsway College

Westminster Kingsway College berada di kota London, United Kingdom dan memiliki empat kampus yaitu: King’s Cross Centre, Victoria Centre, Soho Centre, adan Regent’s Park Centre. Nantinya para siswa disana akan diajarkan mengenai ilmu gastronomi dengan kualitas internasional. Selain itu para siswa juga akan mendapatkan pembelajaran seputar inovasi maupun praktik kerja dalam seni kuliner dan perhotelan. Salah satu program yang cukup menarik di sekolah ini adalah program kursus memasak untuk anak usia 14-19 tahun yang ingin belajar mengenai industri kuliner sejak dini.


Source: Facebook - Westminster Kingsway College

Kalau teman-teman tertarik dan ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai studi di Westminster Kingsway College, bisa langsung mengunjungi website resmi mereka disini ya, westking.ac.uk.


       Nah, itu dia 8 rekomendasi sekolah kuliner paling bergengsi di dunia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mencari referensi sekolah kuliner ya.


Komentar





banner



Klook.com