-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Fakta Provinsi Kalimantan Timur yang Wajib kamu Ketahui!

Tidak ada komentar

Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi maju di pulau Kalimantan yang menyimpan beragam fakta menarik dan wajib kita ketahui. Nah, untuk menambah wawasan Sobat NinJa lebih dalam, berikut beberapa fakta tentang provinsi Kaltim yang wajib kamu ketahui.

#1. Kondisi Wilayah

Kalimantan Timur
Source : wallpaperbetter.com

Kalimantan Timur memiliki luas wilayah daratan 127.267,52 km2 dan luas pengelolaan laut 25.656 km2 terletak antara 113º44’ BT dan 119º00’ BT serta diantara 2º33’ LU dan 2º25’ LS. Secara administratif Provinsi ini memiliki batas wilayah sebelah Utara berbatasan dengan Kalimantan Utara, sebelah Timur berbatasan dengan sebagian (12 Mil) Selat Makasar dan Laut Sulawesi, sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Selatan, sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Barat serta Negara Bagian Serawak Malaysia Timur.

Baca Juga : 

#2. Awal Mula Kalimantan Timur

Kalimantan Timur
Source : tribunnewswiki.com

Peresmian Provinsi Kalimantan Timur dimulai pada tahun 1956 melalui Undang-undang Nomor 25 Tahun 1956, dengan APT Pranoto sebagaigubernur pertama. Sebelum menjadi provinsi, Kalimantan Timur merupakan salah satu karesidenan dari Provinsi Kalimantan. Provinsi Kalimantan ini pada tahun 1956 kemudian dipecah menjadi tiga provinsi, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Barat.

#3. Harmonisasi Beragam Suku

Kalimantan Timur
Source : detik.com

Daerah Kaltim juga dihuni oleh banyak suku dan berbagai macam keanekaragaman budaya. Adapun beberapa suku yang tinggal di daerah Kalimantan Timur yakni Suku Kutai, Suku Bugis, Suku Banjar, Suku Bukat, Suku Bentian, Suku Penihing, Suku Jawa yang merupakan suku terbanyak di Kalimantan Timur.

#4. Makna Semboyan Kalimantan Timur

Kalimantan Timur
Source : wallapaperflare.com

Semboyan Provinsi Kalimantan Timur adalah “Ruhui Rahayu”. Semboyan ini tercantum pada lambang provinsi di bagian bawah. Ruhui Rahayu bermakna cita-cita dan tujuan rakyat Kalimantan Timur dalam menggapai tatanan sosial yang bahagia, adil dan makmur, aman, tenteram yang diridai Allah.

#5. Produsen Gula Merah

Kalimantan Timur
Source : indonesiainside.id

Kalimantan Timur dikenal sebagai salah satu daerah penghasil gula merah atau gula kelapa terbesar di Indonesia. Kegiatan produksi gula merah di Kaltim sudah berlangsung selama puluhan tahun lamanya. Bahkan, disini ada berbagai macam gula merah dengan berbagai bentuk unik. 

#6. Calon Ibukota Baru

Kalimantan Timur
Source : economy.okezone.com

Menurut Presiden Joko Widodo, Kalimantan Timur minim dari adanya risiko bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tsunami dan tanah longsor. Sehingga salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dipilihnya Kalimantan Timur sebagai lokasi Ibukota Negara Baru adalah karena minimnya bencana di daerah ini.

Jadi, gimana seru kan keliling Kalimantan Timur. Yuk dukung terus konten-konten bermanfaat dari ninggalinjejak.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com