-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Fakta Provinsi Kalimantan Barat yang Wajib kamu Ketahui!

Tidak ada komentar

Sebagai salah satu provinsi paling barat di Pulau Kalimantan, Provinsi Kalimantan Barat menjadi menjadi salah satu wilayah yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Nah, untuk menambah wawasan Sobat NinJa lebih dalam, berikut beberapa fakta tentang provinsi Kalbar yang wajib kamu ketahui.

#1. Kondisi Wilayah

Kalimantan Barat
prcfindonesia.org

Secara geografis provinsi Kalimantan Barat terletak di antara garis 2o08 LU serta 3005 LS dan di antara 108o0 BT serta 114o10 BT. Provinsi Kalimantan Barat juga dilalui oleh garis Khatulistiwa (garis lintang 0o) tepatnya di atas Kota Pontianak. Karena pengaruh letak ini pula, maka Kalimantan Barat adalah salah satu daerah tropik dengan suhu udara cukup tinggi serta diiringi kelembaban yang tinggi. Selain itu, Kalimantan Barat termasuk salah satu provinsi di Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara asing, yaitu dengan Negara Bagian Serawak, Malaysia Timur. 

Baca Artikel Lainya : 

#2. Pernah Beralih Zona Waktu

Kalimantan Barat
Source : id.theasianparent.com

Kalimantan Barat pernah mengalami perpindahan zona waktu, hal ini terjadi pada tanggal 1 Januari 1988. Provinsi ini bersama dengan Provinsi Kalimantan Tengah, sebelumnya masuk pada zona Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan kemudian Kalimantan Barat beralih menjadi zona Waktu Indonesia Barat (WIB).

3#. Sungai Terpanjang Ada di Kalbar

Kalimantan Barat
Source : pegipegi.com

Sungai Kapuas yang melintasi provinsi Kalimantan Barat juga dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Indonesia dengan total panjang 1.143 km.

#4. Kepala Daerah Wanita Tionghoa Pertama ada di Kalbar

Kalimantan Barat
Source : diskominfo.kalbarprov.go.id

Keberagaman dan toleransi menjadi ciri khas dan tidak bisa dipisahkan dari negara Indonesia. Khususnya dari Kota Singkawang, Kalbar yang pernah dinobatkan sebagai kota paling toleran di Indonesia tahun 2018.  Selain itu, Singkawang juga menjadi kota dengan kepala daerah perempuan Tionghoa pertama di Indonesia dalam diri Tjhai Chui Mie.

#5. Terdapat Tugu Khatulistiwa

Kalimantan Barat
Source : superlive.id

Di utara Kota Pontianak, tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis ekuator itu. Tugu ini menjadi salah satu landmark provinsi dan destinasi wiata populer di Kota Pontianak.

#6. Asal Usul Nama Pontianak sebagai Ibukota Provinsi

Kalimantan Barat
Source : iwarebatik.org

Nama Pontianak menurut sebagian orang berasal dari beberapa legenda yang beredar di masyarakat. Salah satunya berasal dari Ayunan Anak yang berada di sekitar Masjid Jami. Legenda lain menyebutkan Pontianak berasal dari kata pohon punti. Pohon punti atau pohon ponti artinya adalah pohon-pohon yang tinggi. Ada juga cerita yang beredar kalau Pontianak berasal dari kata Bunting dan anak, atau dalam bahasa Malaysianya adalah Buntinganak.

Jadi, gimana seru kan keliling Kalimantan Barat. Yuk dukung terus konten-konten bermanfaat dari ninggalinjejak.

mrioaldino

Komentar





banner