-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Kontribusi Pemuda Untuk Revolusi Pendidikan Indonesia

Tidak ada komentar



        Pendidikan sejatinya adalah alat yang kuat untuk mempengaruhi isi dunia, pendidikan yang baik tentu akan mengarahkan suatu bangsa ke peradaban yang baik pula di masa mendatang. Salah satu faktor yang berpengaruh penting dalam menciptakan sistem pendidikan yang mumpuni adalah pemuda/i, semangat yang muda tak dapat di pungkiri dapat memberikan angin perubahan yang baik dalam dunia pendidikan. Indonesia menjadi salah satu negara yang masih mencari formula terbaik dalam menentukan arah kebijakan pendidikan, bongkar pasang kurikulum terus dilakukan pemerintah Indonesia demi menjamin terciptanya sistem pendidikan yang berkualitas. Itu tak salah, pemerintah telah berusaha melakukan yang terbaik. Oleh karena itu, setiap pihak harus selalu sedia mendukung baik segala cara yang telah di tempuh pemerintah dalam usahanya mencerdaskan anak bangsa.
    Kembali ke pemuda, apa yang dapat dilakukan muda/i saat ini untuk memajukan sistem pendidikan? Jawabanya tentu banyak, banyak cara yang dapat di tempuh. Mulailah dari hal sederhana, seperti ubah mindset kita, ubah cara berfikir kita yang statis menjadi lebih dinamis dan kritis, era teknologi seharusnya menjadi wadah yang tepat untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan bukan malah melunturkan nilai-nilai pendidikan. Dalam pengamatan saya, Orang Indonesia dalam mengaplikasikan pendidikan hanya sebatas ‘knowing’ atau mengetahui, tahu saja tidak cukup tanpa adanya praktik. Berbeda dengan sistem pendidikan negara barat yang lebih menekankan pada sistem ‘Being’ pengaplikasian, hal inilah yang membuat negara mereka sedikit lebih maju dalam sis tem pendidikanya dibanding negara-negara Asia termasuk Indonesia. Ini hanya contoh kecil yang dapat kita ambil sisi baiknya, bukan meniru sistem tapi mencoba, tak ada salahnya juga kita menealaah sistem yang di rasa tepat dan baik. Dalam kasus tersebut, peran pemuda saat ini sangat penting dalam membuat revolusi pendidikan, yang tua mengajarkan yang muda jika ilmu harus di tumbuh kembangkan. Ibarat pepatah tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri cina, benar saja ilmu dapat di peroleh dimana saja dan kapan saja dan dengan cara apa saja, yang terpenting adalah ilmu yang kita peroleh ialah ilmu yang bermanfaat. 
     Mulailah saling bergotong-royong dalam menentukan arah kebijakan yang baik, pemuda/i harus menanggalkan ego, kita tahu semangat muda sangat kental dengan yang namanya idealisme. Namun, dmei kemajuan negara tak ada salahnya jika kita harus saling bersatu. Mari obah pola belajar dengan baik, belajar untuk tahu dan belajar untuk peraktik. Pemuda harus punya mimpi untuk menjadi agent perubahan yang baik, jangan hanya untuk Indonesia kalau bisa untuk dunia, karena banyak anak di dunia yang berhak memperoleh pendidikan yang layak. Pendidikan yang baik akan menentukan moral yang baik pula pada diri manusia, satu lagi yang terpenting pemuda/i jangan mudah di adu domba, negara butuh kita yang cerdas bukan kita yang lemah. Indonesia dan dunia saat ini sedang dalam kondisi yang tidak baik-baik saja, dan mari kita berevolusi ke arah yang lebih baik. Bagi kita yang muda mulailah memperluas jaringan kita, menambah pengalaman, dan jangan pernah lelah untuk meraup ilmu pengetahuan. Karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk paling sempurna yang di ciptakan tuhan karena kita diciptakan satu paket dengan akal pikiran yang sehat, gunakan akal kita dengan benar demi menjamin kehidupan dunia yang lebih baik. Ingat, pendidikan yang berkualitas adalah ciri bangsa yang beradab dan terhormat.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com