-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Inilah Aceh dan 10 Kemahsyuran Pariwisatanya!

1 komentar


            Ninggalin jejak kemana kita kali ini? Yap, mimin mau ngajakin kalian liat-liat potensi wisata yang ada di propinsi paling Barat Indonesia apa lagi kalau bukan Nanggroe Aceh Darussalam. Langsung saja ini dia 10 spot wisata terkeren di Aceh, let’s move it.


1. Berdikari di Ttitik Nol Kilometer Indonesia

Source : travel.tempo.co

Pernakah terbayang di benak kalian untuk berdiri di titik paling barat atau 0 KM Indonesia, yap sensasi tersebut dapat kalian dapatkan jika berkunjung Tugu Titik Nol Kilometer Indonesia yang berjarak sekitar 30 km dari Kota Sabang Aceh. Tugu Titik Nol Kilometer Indonesia ini merupakan penanda geografis terjauh ujung barat Indonesia yang juga menjadi objek wisata.


2. Berpetualang di Taman Nasional Gunung Leuser

Sumber : tripterus.com

Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) yang secara administratif terletak di dua wilayah yaitu provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Taman Nasional Gunung Leuser memiliki luas hingga 1.094.692 Hektar serta dipadukan dengan eksotisme pegunungan hijau dan hutan hujan tropis, taman nasional ini dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, budidaya, hingga pariwisata.


3. Tapak Tilas di Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Source : pegipegi.com

Nah, spot yang satu ini wajib hukumnya untuk dikunjungi ketika berada di Banda Aceh. Secara singkat, Masjid yang menjadi landmark propinsi Aceh ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda tahun 1612 dan telah menjadi obyek wisata religi di Aceh hingga saat ini. Bangunan utama pada Masjid ini berwarna putih dengan kubah hitam besar yang diputari oleh tujuh menara keren. Kesan megah Masjid ini semakin terasa dengan adanya kolam besar dan juga pancuran air pada bagian depan Masjid.


4. Singgah duduk di Pantai Lampuuk

Source : pantainesia.com

Selain perbukitan, Aceh juga memiliki pariwsata pantai yang menawan salah satunya Pantai Lampuuk yang memiliki tebing karang yang istimewa serta pasir putih yang bersih. Pantai Lampuuk adalah salah satu tempat wisata yang bisa disebut Pantai Kuta di Aceh karena banyaknya wisatawan berkunjung untuk menikmati keindahan wisata pantai Lampuuk. Di pantai ini wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan air seperti diving, snorkeling, bermain bola di air, serta berjemur.


5. Menikmati Panorama Pantai Lhoknga

Source : jejakpiknik.com

Next stop, pelancong dapat berkunjung ke Pantai Lhoknga yang berada sekitar 20 Km dari pusat Kota Banda Aceh. Pantai Lhoknga memiliki pasir bersih yang luas dan landai, keindahan panorama di pantai ini semakin teduh karena terdapat pepohonan yang rindang untuk tempat bersantai. Salah satu aktivitas keren yang daoat kalian lakukan di pantai ini adalah berselancar di lautnya yang menantang. karena Pantai Lhoknga memiliki ombak yang cocok untuk berselancar dengan ketinggian 1,5 - 2 meter.


6. Keunikan wisata Danau Laut Tawar

Source : nativeindonesia.com

Berikutnya ada spot wisata Danau Laut Tawar yang berada di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah yang mana mayoritas penduduknya adalah suku Gayo. Danau ini memiliki luas sekitar 5.472 hektar, panjang 17 km, dan lebar 3.219 km. Disebut Danau Laut Tawar karena wilayah perairan danau ini sangat luas sepertihalnya Danau Toba di Sumatera Utara, dan air yang ada di danau ini juga merupakan air tawar. Danau ini menjadi salah satu wisata terpopuler di Aceh.


7. Mengenang tragedi 2004 di Museum Tsunami Aceh

Sumber : minews.id

Peristiwa kelam yang melanda bumi pertiwi pada 2004 tentu akan selalu dikenang dan di ingat oleh masyarakat Indonesia terutama bagi mereka korban selamat tsunami Aceh 2004. Berkunjung ke Museum Tsunami Aceh dapat menjadi salah satu opsi wisata sejarah yang tepat bagi anda yang menyukai sejarah. Museum Tsunami ini dibangun pada tahun 2009 dan berlokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda, Aceh. Terdapat lorong panjang ditambah dengan suara gemuruh ombak dan kucuran air di sepanjang lorong yang akan mengingatkan anda pada bencana besar tersebut.


8. Membasuh diri di Air Terjun Blang Kolam

Sumber : waktusantai.com

Selanjutnya wisatawan dapat berkunjung ke wisata Air Terjun Blang Kolam yang berada di Desa Sidomulyo, Aceh Utara. Air terjun kembar ini nampak menawan karena memiliki tinggi sekitar 75 meter serta dikelilingi sejumlah pepohonan yang rindang, semakin kerasa menyatu dengan alam dan rehat ya. Di spot ini pelancong biasa berelaksasi sembari bermain air di sekitar air terjun, berendam di kolam tampungan air terjun, ataupun hanya sekedar bersantai di tepiannya saja.


9. Mengintari Pulau Weh Sabang

Source : medium.com

Sepertihalnya titik nol kilometer Indonesia, Pulau Weh merupakan pulan terujung yang ada di Indonesia tepatnya di Sabang, Aceh. Pulau ini terkenal dengan keindahan ekosistem bawah laut dan antainya. Jika berkunjung ke Aceh jangan lupa untuk singgah kepulau yang berbatasan langsung dengan samudera Hindia ini ya.


10. Sudut lain Aceh dari Pantai Kuala Merisi

Source : merahputih.com

Kuala Merisi yang merupakan tempat yang tepat untuk menikmati keindahan pantai dengan suasana yang sepi dan tenang. Aceh memang memiliki beberapa wisata pantai yang menarik seperti w yang sudah mimin sebutkan di atas ya, dan tempat wisata ini berlokasi di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee, ini memiliki garis pantai yang panjang dengan ombak kecil yang cocok untuk bermain air di tepian.

            Dan itulah 10 spot wisata yang wajib kalian tinggalkan jejaknya di Aceh, semoga bermanfaat dan menjadi refrensi liburan kalian ya.

 

mrioaldino

1 komentar





banner



Klook.com