-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Susun Itinerary Liburanmu, Inilah 10 Spot Wisata Terbaik di Asia Tenggara yang wajib dikunjungi Pasca COVID 19 Berakhir!

Tidak ada komentar


Halo guys, mau ninggalin jejak kemana lagi nih? Eit, tahan dulu rencana-rencana manis kalian ya dunia sedang tidak aman. Pasca Covid 19 melanda hampir sebagian besar Negara di dunia, beberapa sektor penting seperti ekonomi, kesehatan, bahkan pemerintahan mengalami kemunduran, setiap negara tengah fokus berjibaku menuntaskan serangan pandemi ini. Salah satu sektor krusial yang menerima imbas dari pandemic Covid 19 ialah sektor pariwisata, beberapa spot pariwisata harus tutup demi mencegah keramaian pengunjung dan tak sedikit masyarakat kehilangan mata pencarian di bidang pariwisata akibat penularan virus ini. Namun, di samping itu kita harus tetap yakin jika badai ini akan segera berlalu ya, dan pariwisata dunia kembali hidup setelahnya. Tanpa perlu banyak bercerita, berikut mimin kasih saran 10 tempat wisata terbaik di Asia Tenggara yang wajib disambangi pasca Covid 19 berakhir ya. Check this out!


1. Chocolate Hills, Filipina

Source : travelandleisure.com

Salah satu Negara kepulauan terbesar lain yang ada di Asean selain Indonesia adalah Filipina, tak heran jika Negara ini juga memiliki bentang alam yang memikat di dunia. Salah satu tempat wisata paling popular di Negara bermata uang Peso ini ialah Chocolate Hill yang berupa kumpulan Bukit berukuran kecil yang membentang sepertihalnya bukit dalam serial anak Teletubis. Uniknya, pelancong dapat menemukan Chocolate Hills di tiga kota berbeda yakni Batuan, Carmen dan Sagbayan. Chocolate Hills memberikan pemandangan berbeda pada musim yang berlainan. Saat musim hujan bukit akan berwarna hijau cerah. Sedangkan pada saat kemarau lanskap berubah warna menjadi coklat.


2. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei Darussalam

Source : muslimobsession.com

Beralih ke Negara tetangga Indonesia di Pulau Kalimantan, Brunei Darussalam jarang dilirk namun tak kalah ciamik untuk dikunjungi. Bagi kalian yang ingin berwisata religi di Brunei, kalian bisa menyambangi Masjid Secara singkat, masjid yang selesai dibangun pada tahun 1958 ini terdiri atas 28 kubah dan sebagai simbol untuk memeringati hari lahir Sultan Omar Ali Saifuddin III. Jam buka masjid ini adalah dari Minggu sampai Rabu mulai dari jam 8 pagi sampai 12 siang, dilanjutkan setengah 2 siang hingga 3 siang, lalu yang terakhir adalah setengah 5 sore sampai setengah 6 petang. Sementara untuk hari Jumat hanya buka pada sesi terakhirnya saja. Sultan Omar Ali Saifuddin yang berlokasi di ibu kota Bandar Seri Begawan.  Masjid ini menjadi salah satu landmark penting di Brunei dengan kemegahan yang tidak tertandingi itu. Waktu terbaik untuk berkunjung ke masjid ini ialah di malam hari karena pengunjung akan dimanjakan oleh pancaran keindahan kerlip cahaya lampunya.


3. Angkor Wat, Kamboja

Source : Itl.cat

Ketika mendengar Negara Kamboja yang terlintas di benak mimin adalah sejarah kelam khmer merah, namun lupakan soal itu mari bahas tentang keindahanya. Jika berkunjung ke Kamboja tidak lengkap rasanya jika tidak singgah ke Angkor Wat salah satu bukti sejarah terkemuka di dunia, sekilas menyerupai Candi Borobudur di Indonesia kawasan Angkor ini memiliki luas sekitar 400 KM persegi dengan ratusan kuil di dalamnya. Relief-reliefnya pun menawarkan keindahan yang menakjubkan sehingga tidak boleh dilewatkan. Beberapa kuil terkenal yang ada di daerah Angkor Wat adalah Ta Phrom, Ta Keo, Angkor Thom, Bayon, dan Banteay Srey.


4. Halong Bay, Vietnam

Source : his-travel.co.id

Vietnam menjadi salah satu Negara dengan angka kematian akibat Covid 19 terendah di Asia Tenggara dengan 35 kasus kematian hingga saat ini dilansir dari news.google.com (30/10/2020). Vietnam adalah negara paling timur di Semenanjung Indochina di Asia Tenggara dan tentu hal ini mengakibatkan Vietnam memiliki potret bentang alam yang menawan di Asean. Salah satu spot wisata paling terkenal di Negara berjuluk Lumbung Padi Asia ini adalah Ha Long Bay, luas kawasan wisata bahari inisekitar 1.533 km persegi dan kawasan Halong Bay adalah kesatuan dari 2.000 pulau-pulau karst kecil. Ha Long Bay menjadi rumah bagi 14 spesies flora endemik serta 60 spesies fauna endemik. Hal ini memebuat UNESCO kemudian mengategorikan kawasan teluk ini ke salah satu tempat World Heritage Site. Selama di Halong Bay, pelancong dapat menyewa perahu berkeliling gugusan pulau atau mengikuti paket tour yang tersedia banyak di sekeliling tempat wisata.


5. Kota Tua Bagan, Myanmar

Source : perjalanandunia.com

Beralih ke negeri Seribu Pagoda sesuai julukanya, Myanmar menjadi salah satu Negara yang wajib dikunjungi bila kalian adalah penikmat wisata kuil estetik yang sarat sejarah. Salah satu rekomendasi wisata terbaik di Myanmar adalah, Kota Tua Bagan yang terletak di tepi sungai Irrawadi, di wilayah Mandalay, Myanmar. Sejak abad ke-9, Bagan menjadi ibu kota Kerajaan Pagan. Sebagian besar penduduk kerajaan itu adalah Bangsa Burma yang menganut ajaran Buddhisme Theravada. Di kota ini setidaknya teridiri lebih dari 10.000 kuil Budha yang  menyebar di kota Bagan seluas 13 x 8 km. Beberapa kuil ternama yang biasa dikunjungi oleh pengunjung tempat wisata di Myanmar ini antara lain Ananda Temple, Shwesandaw Temple, Shwe Zigon Temple, dan Htilo Minlo Temple. Di Bagan juga terdapat Golden Palace  serta Bagan Archeological Museum.


6. Krabi Island, Thailand

Source : krabi-hotels.com

Jika Vietnam punya Halong Bay, maka Thailand punya Krabi Island yang menawan. Thailand menjadi salah satu Negara paling popular dikunjungi wisatawan asing dari berbagai negara di dunia termasuk orang-orang Indonesia yang gemar menghabiskan liburan disana. Pulau Krabi menyajikan eksotisme alam yang mempesona karena gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya yang tertata sangat baiknya. Panoramana laut dengan keindahan pulau yang tenang, akan memberikan nuansa liburan yang berbeda dari biasanya. Sekilas info, Krabi adalah salah satu provinsi di yang terletak di bagian selatan Thailand, sepanjang garis pantai Laut Andaman. Berbatasan langsung dengan provinsi Phang Nga, Surat Thani, Nakhon Si Thammarat and Trang.


7. Luang Prabang, Laos

Source : worldnmads.com

Berikutnya kita akan sedikit bercerita mengenai salah satu spot wisata menarik di negara Laos, Kota Luang Prabang begitulah masyarakat sekitar menamainya adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Laos. Kota ini terletak di Laos bagian utara. Meskipun kecil, namun kota ini telah memperoleh pengakuan dari UNESCO sebagai kota warisan dunia. Kota ini dikelilingin oleh bukit-bukit dan dilalui dua sungai yaitu Namkhan dan Mekong. Kekayaan arsitektur Luang Prabang tercermin dari campuran gaya bangunan dan bahan yang digunakan. Mengikuti tradisi, mayoritas bangunan terbuat dari struktur kayu dan menggunakan teknik dan bahan tradisional yang diperkenalkan pada masa kolonial, seperti panel bambu yang dilapisi dengan ukiran-ukiran unik.


8. Penang, Malaysia

Source : merdeka.com

Mari melirik ke Negara tetangga Indonesia yaitu Malaysia, mungkin sebagian dari kalian mengetahui beberapa spot wisata terkenal di Malaysia seperti menara kembar petronas ataupun Batu Caves, namun kali ini mimin akan sedikit membahas mengenai kota Penang yang merupakan kota wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Malaysia. Penang merupakan pulau kecil yang berada di sisi barat laut semenanjung Malaya dan dikenal sebagai salah satu kota dengan kualitas layanan kesehatan terbaik di Asean. Beberapa tempat wisata menarik yang dapat kalian kunjungi ketika berplesir ke Penang adalah Armenian street, Penang Bridge,  Fort Cornwallis,  Pantai Batu Feringghi, dll


9. Kota Singapura, Singapore

Source : travel.dream.co.id

Bila kalian bosan bermain di alam dan ingin menikmati suasana gemerlap lampu perkotaan, mutlak mimin menjawab bahwa Singapura adalah pilihan yang tepat untuk kalian. Salah satu kota termaju di dunia ini pantas dinobatkan sebagai salah satu kota tersibuk di dunia karena lalu lintas perekonomian yang padat serta menjadi salah satu Negara multi etnik di dunia karena di huni oleh populasi dari berbagai ras dan etnik di dunia. Marina Bay Sands, Merlion Park, Universal Studio Singapore, Gardens by The Bay, Singapore Flyer, Orchar road, Little Indian adalah sebagian kecil dari deretan wisata berkelas yang wajib dikunjungi selama berwisata kesana.


10. Labuan Bajo, Indonesia

Source : lukita.co

Terakhir datang dari Negara Indonesia tercinta, jika diharuskan memilih salah satu dari pariwisata terbaik yang ada di Indonesia tentu akan sangat sulit karena hampir sebagian besar bentang alam di Indonesia itu memikat hati. Namun, mimin harus tetap memilih dan Labuan Bajo menjadi salah satu spot terbaik yang ada di Indonesia saat ini selain Bali dan Raja Ampat yang telah mendunia. Sebagai rumah dari salah satu hewan reptile terbesar di dunia yaitu Komodo, Labuan Bajo memiliki daya tarik yang menawan bagi wisatawan mulai dari gugusan pulau dan pantai yang indah, hingga wisata budaya Wae Rebo yang dapat memberikan sensasi historical dan culture yang magis bagi para pelancong.

          Nah, itulah 10 spot wisata terbaik di Asia Tenggara pilihan Ninggalin Jejak, semoga bisa menjadi refrensi liburan kalian semua ya pasca pandemi ini berakhir.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com