-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

10 Spot Wisata Paling Eksotis di Maluku Utara!

Tidak ada komentar

           Halo sobat Ninggalin Jejak, kali ini mimin masih berada di daerah Timur Indonesia dan akan memberikan refrensi wisata terbaik lainya untuk kalian. Artikel ini akan membahas 10 wisata paling eksotis di Propinsi Maluku Utara, wisata apa saja? Berikut pembahasan lengkapnya untuk kalian.

1. Pulau Halmahera

Pulau Halmahera
Source : travel.kompas.com

Spot wisata eksotis pertama yang wajib kalian kunjungi ketika berplesir ke Maluku Utara ialah. Pula Halmahera. Keindahan pulau Halmahera dapat dilihat dari formasi bebatuan karang serta indahnya terumbu karang yang terletak di ujung utaranya. Beragam biota laut pun dapat kalian jumpai di Halmahera selain paronama alam sekitar pantai yang indah dan jernih. Selain snorkeling, berenang atau bersantai di tepi pantainya, berjalan menyusuri pulau juga menjadi kegiatan yang yang gemar dilakukan oleh para pelancong.

2. Benteng Tolukko

Benteng Tolukko
Source : merahputih.com

Berikutnya wisatawan dapat napak tilas sejarah di Benteng Tolukko yang berada di Kelurahan Sangadji, Ternate Utara. Benteng ini dibangun sekitar tahun 1540 oleh seorang panglima Portugis kemudian mengalami beberapa kali perbaikan hingga kini. Benteng bersejarah ini berdiri diatas pondasi batuan beku yang membentuk lorong, ruang bawah tanah, serta halaman dan bangunan utama berbentuk persegi. Secara sensasi, benteng Tolukko akan membawa kalian pada kenangan zaman kolonialisme.

3. Danau Tilore

Danau Tolire

Nah, spot wisata yang satu ii cukup di kenal di Maluku Utara yaitu danau Toilre yang berada di kaki Gunung Gamalama, selain memunyai bentuk yang unik Danau Tolire terdiri dari dua buah danau yang masyarakat biasa menyebutnya sebagai Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Keci. Danau Tolire Besar sendiri menyerupai Loyang raksasa. Danau Tolire Besar merupakan tempat tinggal bagi bermacam ikan, uniknya warga setempat tak ada yang sudi menangkap ikan maupun mandi. Danau Toilore diyakini menyimpan banyak mistis dan legenda oleh masyarakat setempat loh.

4. Gunung Gamalama

Gunung Gamalama
Source : kieraha.com

Selanjutnya, wisatawan dapat menikmati panorama Gunung Gamalama yang indah, Gunung yang penuh dengan mitos ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih sekitar 30 menit saja dari pusat kota Ternate. Dari puncak Gamalama, kalian dapat melihat hamparan perkebunan cengkeh dan pala di sepanjang lereng, hutan yang hijau dan luas serta keindahan pulau Ternate, pulau Halmahera, pulau Tidore dan hamparan birunya laut luas.

5. Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha
Source : hipwee.com

Wisata Pantai jelas menjadi salah satu daya tarik utama pariwisata di Maluku Utara, salah satu pantai yang terkenal ialah Pantai Sulamadaha yang memiliki pasir putih dan dipadukan dengan kejernihan airnya. Pantai ini berlokasi di desa Sulamadaha atau sekitar 15 km dari pusat Kota Ternate. Pantai ini juga memiliki sebuah teluk yang airnya juga jernih dan berhadapan dengan Pulau Hiri yang menawan.

6. Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo
Source : pantainesia.com

Masih dengan wisata pantai, kali ini kalian dapat mengunjungi Pantai Jikomalamo yang dikenal sebagai salah satu spot snorkeling terbaik di Maluku Utara. Di pantai ini kalian bisa melihat indahnya alam bawah laut baik susunan terumbu karang ataupun biotanya. Pantai Jikomalamo merupakan pantai yang sangat indah berpasir putih bersih dengan bentangan pasir putih kurang lebih sekitar 100 meter. Terletak di sebuah teluk tersembunyi yang berhadapan langsung dengan Pulau Hiri.

7. Taman Nukila

taman nukila ternate
Source : tripadvisor.com

Selanjutnya lagi, pelancong dapat menyambangi Taman Nukila yang sejuk, nama Nukila sendiri diambil dari nama seorang pejuang perempuan Ternate yang pada saat itu melawan penjajahan Portugis. Beliau adalah pejuang wanita pertama di Indonesia, hal tersebut tertulis lengkap pada prasasti yang ada di Taman Nukila. Kesyahduan Taman Nukila dapat di lihat dari lokasinya yang strategis yaitu berada di pinggiran pantai dan dikelilingi oleh pepohonan rindang. Di taman ini juga dilengkapi berbagai fasilitas umum warga seperti pedestrian, taman bermain anak, hingga kursi taman.

8. Pulau Morotai

Pulau Morotai
Source : jababekamorotai.com

Selain Pulau Halmahera, Maluku Utara masih memiliki destinasi pulau yang menarik untuk dikunjungi yaitu Pulau Morotai. Pulau yang memiliki luas sekitar 1.800 KM ini merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia dan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Halmahera Utara. Sejarah singkat, Morotai dulu digunakan sebagai basis pertahanan Jepang selama Perang Dunia II. Setelah itu, pulau ini diambil alih oleh Sekutu dan digunakan sebagai landasan pesawat untuk menyerang wilayah Filipina dan Borneo Timur. Pesona Morotai dapat dilihat dari keindahan wisata baharinya, pesona kepulauan, dan pesona sejarahnya.Morotai memiliki beberapa tempat menyelam menarik yang sanggup membuat decak kagum tamu bawah lautnya loh. 

9. Teluk Jailolo

Teluk Jailolo
Source : triptrus.com

Teluk Jailolo adalah spot wisata terbaik lainya yang dimiliki Propinsi Maluku Utara, teluk ini berada di antara Pulau Ternate dan Pulau Halmahera atau tepatnya di Halmahera Barat. Lagi-lagi, Teluk Jailolo menjadi salah satu tempat terbaik untuk aktivitas diving dan snorkeling di Maluku Utara. Di Teluk Jailolo ini, kalian akan melihat beragam jenis terumbu karang dan sejenis kerang-kerangan yang langka, dan jika beruntung setiap bulan Mei atau Juni, pemerintah Kabupaten Halmahera Barat selalu mengadakan Festival Jailolo yang di hadiri 100 penyelam lokal maupun luar negeri.

10. Desa Marikurubu

Desa Marikurubu
Source : heikaku.com

Terakhir, wisatawan dapat berkunjung ke Desa Marikurubu yang terletak di kaki Gunung Gamalama, desa ini berada di ketinggian sekitar 700 mdpl. Kondisi geografis iinilah yang membuat Desa Marikurubu memiliki kualitas udara yang segar dan sehat. Selain itu, hamparan perkebunan cengkeh dan pemandangan Gunung Gamalama memberikan kesan tersendiri bagi desa yang dinobatkan sebagai daerah asal pohon cengkeh tertua di dunia ini.

        Nah, itulah 10 tempat wisata paling eksotis yang dapat kalian jumpai di Maluku Utara. Bagaimana, tertarik untuk berpelancong kesana?

 

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com