-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

10 Spot Wisata Paling Menakjubkan di Papua Barat, Apa Saja?

Tidak ada komentar

            Dari Makassar, kita terbang ke Papua tepatnya di Papua Barat. Mungkin sebagian besar dari sobat Ninggalin Jejak sudah familiar dengan keindahan wisatawan Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat, dan tepat sekali kali ini mimin bakal ngebahas mengenai 10 spot wisata terkeren yang ada di Papua Barat. Apa saja? Simak pembahasan mimin ya.

1. Kepulauan Raja Ampat

Raja Ampat
Source : kumparan.com

Wisata terpopuler pertama di Papua Barat apalagi jika bukan Raja Ampat, kepulauan Raja Ampat sudah menjadi primadona di Papua bahkan ketenaranya pun telah mendunia. Secara administrative kepulauan Raja Ampat  berada di wilayah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Dengan formasi gugusan pulau yang memukau serta keindahan terumbu karang di bawah lautnya menjadikan Raja Ampat sebagai salah satu spot terfavorit untuk aktivitas snorkeling ataupun diving.  Raja Ampat juga merupakan rumah bagi 75% spesies karang dunia, selain itu beberapa spesies unik pun dapat ditemui di sini seperti jenis kuda laut katai, wobbegong, dan ikan pari Manta.

2. Situs Purbakala Tapurarang

Situs Purbakala Tapurarang
Source : ksmtour.com

Berikutnya, pesona wisata Papua Barat lainya adalah Situs Purbakala Tapurarang. Situs Purbakala ini terletak di Disrik Kokas, Kabupaten Fakfak dan merupakan peninggalan zaman prasejarah. Situs ini berupa sebuah lukisan telapak tangan manusia dan binatang di sebuah tebing bebatuan yang sangat terjal. Lukisan prasejarah yang terdapat di tebing ini dapat di jumpai di sekitaran Andamata, Fior, Forir, Darembang dan Goras. Warna merah pada lukisan kuno di tebing ini menyerupai warna darah manusia sehingga masyarakat setempat menyebutnya sebagai lukisan cap tangan darah.

3. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Source : rimbakita.com

Selain memiliki Taman Nasional Lorentz, Pulau Papua masih memiliki taman nasional keren lainya yaitu Taman Nasional Teluk cendrawasih yang terletak di kabupaten teluk wondama dan juga Kabupaten Nabire. Taman nasional ini digadang-gadang sebagai salah satu taman laut terluas di Indonesia dengan berbagai macam spesies hidup di dalamnya.  Daya tarik utama dari taman nasional yang satu ini adalah pelancong bisa berenang bersama hiu paus, selain itu juga dikelilingi oleh pantai yang sangat jernih, air terjun dan juga air panas yang eksotik

4. Pegunungan Arfak

Pegunungan Arfak
Source : arfaknews.com

Selanjutnya, para wisatawan dapat hiking menuju Pegunungan Arfak, di Pegunungan Arfak kalian akan disuguhkan oleh keindahan dua danau, yakni Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji. Selain pemandangannya yang ciamik, di danau ini wisatawan dapat berenang dan menikmati pasir putih yang berada di tengah danau. Dari Kota Manokwari menuju dua danau ini dapat berkendara selama 4-5 jam ya.

5. Danau Framu

Danau Framu
Source : wartawisata.id

Danau Famu bisa menjadi salah satu tujuan wisata menarik lain yang dapat kalian kunjungi selama berada di Papua Barat. Danau Framu terletak di Distrik Ayamaru, Kab. Maybrat, keindahanya pun dapat terlihat dari birunya air danau yang dipadukan dengan keindahan alam di sekitaran danau.

6. Pulau Mansinam

Pulau Mansinam
Source : Indonesia.go.id

Salah satu tempat eksotis lain di Papua Barat selain Kepulauan Raja Ampat adalah Pulau Mansinam yang berlokasi di Teluk Doreh, 6 km dari ibu kota Papua Barat, Manokwari, destinasi wisata di Papua Barat ini dipercaya merupakan awal dari peradaban masyarakat Papua Barat. Selain hamparan pantai, pulau ini juga menyimpan peninggalan bersejarah serta kisah terbentuknya agama Kristen di area tersebut. Dalah satu landmark dari pulau ini ialah monumen patung Yesus layaknya yang ada di Rio De Janeiro.

7. Gunung Meja

Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Meja
Source : indonesiakaya.com

Next destination, kali ini kalian dapat berkunjung ke Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Meja yang terletak di pusat kota Manokwari. Di tempat ini kalian dapat melakukan berbagai aktivitas menantang seperti trekking, hiking dan lain-lain. Para pelancong akan dimanjakan oleh flora hutan tropis yang sangat beragam dan memiliki bentuk unik di sekitaran Taman Wisata Alam ini. TWA Gunung Meja memiliki ratusan jenis pohon, puluhan jenis perdu, semak, liana tanaman anggrek, dan paku serta tanaman herbal.

8. Gunung Botak

gunung botak manokwari
Source : travel.okezone.com

Berikutnya lagi, wisatawan dapat menikmati panorama alam yang sejuk dari atas Gunung Botak. Gunung ini berlokasi di Distrik Momi Waren, kawasan wisata alam di Papua Barat ini terkenal sebagai destinasi camping favorit karena keindahan alam disekitarnya. Dari tempat ini, kalian akan melihat langsung indahnya pantai berbingkai perbukitan asri dari kejauhan yang sangat indah.

9. Desa Sawinggrai

Desa Sawinggrai
Source : wisatabaru.com

Jika sudah puas bermain di gunung, kalian harus menyempatkan diri berkunjung ke Desa sawinggrai yang juga merupakan salah satu distrik di Raja Ampat. Daya tarik dari desa ini adalah burung khas cendrawasih yang cantik. Selain itu, desa ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang tak kalah menakjubkan dari tempat-tempat lain yang ada di Papua Barat.

10. Tembok Berlin dan Kota Sorong

Tembok Berlin Sorong
Source : reklamasi-pantura.com

Terakhir, ketika berkunjung ke Papua Barat tak lengkap rasanya jika tidak menjelajahi Kota Sorong. Salah satu aktivitas menarik yang dapat kalian lakukan di Sorong ialah berwisata kuliner di area Tembok Berlin. Nama “Tembok Berlin” memang diambil dari nama tembok yang dulu memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur, namun Tembok Berlin di Sorong adalah tembok pembatas antara pantai dengan jalan raya tepi pantai yang bentuknya memanjang. Di sore hari, kawasan ini ramai dikunjungi oleh turis dan penduduk lokal yang hanya ingin sekedar bersantai menyaksikan sunset ataupun menyantap kuliner seafood.

            Dan itulah 10 tempat wisata paling memukau di Papua Barat, semoga suatu saat kita semua dapat berkunjung kesana ya. Ingat, jika berwisata harus selalu sopan ya baik kepada penduduk sekitar maupun alamnya ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com