-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

6 Kota yang Diklaim memiliki Suhu Terdingin di Indonesia, Kota Apa Saja?

Tidak ada komentar

         Halo sobat Ninggalin Jejak, mimin kembali dengan berita seputar keindahan Nusantara. Berbicara tentang kemahsyuran Indonesia tentu tidak aka nada habisnya ya, dan kali ini mimin bakal membahas topik mengenai beberapa kota terdingin yang ada di Indonesia, apakah kota kalian termasuk dalam list mimin kali ini?. Let’s check it!

1. Kota Mulia, Puncak Jaya, Papua

Kota Mulia
Source : Indonesia.go.id

Kota terdingin pertama di Indonesia apa lagi kalau bukan Kota Mulia di Puncak Jaya, Papua. Kota iMulia berada diantara ketinggian 2.448 mdpl. Meski terbilang kecil, Kota Mulia cukup ramai dengan kehadiran banyak kantor pemerintahan, jalan-jalan juga sudah beraspal dan infrastruktur pendukung pun sudah memadai. Suhu di kota Mulia bisa mencapai 9 derajat celcius loh, dan salah satu akses termudah menuju kota Mulia adalah menggunakan pesawat kecil sejenis Caravan karena di sini juga terdapat sebuah bandara kecil.

2. Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

Dieng
Source : jejakpiknik.com

Untuk kota yang satu ini jelas sudah dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia terutama bagi para penggiat wisata, yups Daerah Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo, Jawa Tengah, adalah salah satu kota terdingin di Indonesia dengan geografis berada di ketinggian sekitar 2.065 mdpl. Bahkan, dalam beberapa kesempatan daerah ini mengalami fenomena embun beku atau yang sering disebut dengan “Bun Upas” oleh warga sekitar. Bun Upas sendiri merupakan fenomena yang terjadi akibat uap air yang terkondensasi secara alami dan mengalami pembekuan akibat suhu ekstrem. Dataran Tinggi Dieng memiliki beberapa spot wisata menarik dan wajib pelancong kunjungi seperti Gunung Prau, Danau 3 warna, Kawah Si Kidang Candi Arjuna, maupun Puncak Si Kunir.

3. Kota Berastagi, Karo, Sumatera Utara

Kota Brastagi
Source : karikab.go.id

Langsung terbang jauh ke Pulau Sumatera, kota terdingin di Indonesia selanjutnya adalah Kota Berastagi, Karo, Sumatera Utara. Kota Brastagi berada ketinggian 1.300 mdpl yang mana secara geografis diapit oleh gunung Sibayah dan Gunung Sinabung, tak ayal suasana di sekitaran Brastagi terasa begitu dingin dan sejuk. Selain itu, karena udaranya yang sangat dingin, Berastagi juga dikenal sebagai penghasil buah-buahan paling bagus di area Sumatra Utara bahkan kerap disuplai ke beberapa kota di Indonesia ya.

4. Kota Ruteng, Nusa Tenggara Timur

Ruteng
Source : genpi.co

Melirik jauh kembali ke daerah timur Indonesia, Kota Ruteng juga tercatat sebagai salah satu kota dengan suhi teridngin di Indonesia. Kota Ruteng ini berlokasi di ketinggian 1.200 mdpl, sehingga hal inilah yang menyebabkan Ruteng memiliki udara yang terbilang dingin. Ruteng juga terkenal karena panorama tata kota nya yang mirip-mirip kota Praha di Eropa, arsitektur bangunan di Ruteng banyak yang bergaya Eropa klasik. Selain itu, Ruteng memiliki area persawahan yang masih lebar dan hijau serta pemandangan gunung yang memukau.

5. Kota Gayo Lues, Aceh

Gayo Lues
Source : lintasgayo.co

Berbicara tentang kota terdingin di Indonesia tentu Kota Gayo Lues di Aceh akan termasuk kedalam list tersebut. Kota Gayo Lues terletak di ketinggian 1.000 mdpl serta memiliki pesona alam yang luar biasa seperti jalur pendakian ke Gunung Leuser serta pemandian air panas di Puri Betung. Jadi, wajar saja jika kota yang terkenal sebagai produsen Kopi Gayo ini menjadi salah satu kota terdingin dan terindah di Indonesia.

6. Kota Padang Panjang, Sumatera Barat

Padang Panjang
Source : kompasiana.com

Selanjutnya masih di Sumatera, kali ini dari ranah Minang ada kota Padang Panjang yang dikenal dengan suhu udaranya yang dingin nan sejuk. Kota Padang Panjang berada di ketinggian antara 650-950 mdpl dan dikelilingi tiga gunung sekaligus, yaitu Tandikat, Marapi, dan Singgalang. Dengan posisi geografis seperti ini jelas saja membuat kota Padang Panjang selalu diselimuti hawa dingin setiap harinya ya.

        Nah, itulah 6 kota di Indonesia yang memiliki suhu terdingin versi mimin Ninggalin Jejak, semoga artikel ini bermanfaat untuk Kalian yang membaca ya.

 

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com