-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Inilah, 10 Spot Wisata Paling Berkesan di Sulawesi Selatan!

Tidak ada komentar

            Hai, hai sobat Ninggalin Jejak mimin kembali dan kali ini kita akan masuk dalam rubrik wisata propinsi Indonesia. Setelah berkunjung ke Kalimantan Selatan pada artikel sebelumnya, sekarang mimin mau ngajakin kalian berkunjung ke Sulawesi Selatan yang juga memiliki berbagai spot wisata memukau. Apa saja? Berikut mimin kasih pembahasanya untuk kalian.

1. Pulau Samalona

Pulau Samalona
Source : arsytours.com

Tempat wisata pertama yang wajib pelancong kunjungi ketika berplesir ke Sulawesi Selatan ialah Pulau Samalona. Pulau ini berjarak sekitar 6,8 Km dari Kota Makassar yang dapat ditempuh sekitar 20 – 30 menit dengan menggunakan speed boot.  Panorama yang terhampar di kawasan pulau ini sangatlah indah dan tempat ini juga menjadi salah satu spot terbaik utuk menyelam, karena di sekelilingnya terdapat terumbu karang yang dihuni beraneka ragam ikan tropis dan biota laut lainnya. Jangan khawatir untuk akomodasi selama di Pulau Samalona, di pulau ini juga tersedia beberapa homestay dan warung makan yang nyaman kok.

2. Tanjung Bira

Tanjung Bira
Source : pegipegi.com

Berikutnya, wisatawan dapat berkunjung ke Tanjung Bira salah satu dari kejaiban wisata alam lain yang dimiliki oleh Propinsi Sulawesi Selatan. Selama di perjalanan pun kalian akan disuguhkan berbagai pemandangan yang eksotik seperti hamparan ladang nan hijau serta pemandangan rumah panggung yang tradisionalis. Pantai Tanjung Bira sangatlah bersih dan nyaman untuk dijadikan spot liburan singkat kalian. Keindahan lainya, pantai ini pun dihintari pulau-pulau yang terlihat seperti daun mengambang di atas air.

3. Pulau Gusung

Pulau Gusung
Source : jejakpiknik.com

Selain pulau Samolana, Sulawesi Selatan masih memilki wisata bahari Pulau yang ciamik yaitu Pulau Gusung yang berjarak 1.6 km saja dari pesisir pantai kota Makassar dan dapat diakses hanya dalam 5 menit dengan speed boat dari Dermaga Popsa, Makassar. Beberapa atraksi wisata yang dapat kalian lakukan selama di pulau kecil ini adalah snorkeling, diving, ataupun sekedar bermain di air di pantai. Dahulu, pulau itu adalah tanggul yang membentang dari utara ke selatan sepanjang 1 km dan berfungsi untuk meredam ombak yang masuk ke wilayah pelabuhan di Makassar. Namun, karena proses sedimentasi yang terjadi terus menerus dan telah berlangsung lama, maka membuat pasir putih menumpuk di sisi utara tanggul.

4. Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung
Source : timesindonesia.com

Jika kalian mencari tempat dengan populasi kupu-kupu terbanyak di Indonesia, kalian dapat berkunjung Taman Nasional Bantimurung yang juga dijuluki sebagai kerajaan kupu-kupu oleh masyarakat sekitar. TN Batimurung ini berada di kabupaten Maros atau sekitar 45 km dari pusat kota Makassar, disini terdapat sekitar 250 jenis kupu-kupu sehingga kupu-kupu dijadikan maskot bagi Taman Nasional Batimurung ini. Selain itu tempat ini juga menyuguhkan panorama alam yang menawan seperti formasi bukit kapur, air terjun hingga wisata gua yang menarik untuk di sambangi.

5. Kawasan Malino

Malino
Source : asrsy.co.id

Berikutnya, wisatawan dapat berkunjung ke Malino salah satu tempat wisata di Sulawesi Selatan yang memberikan pemandangan alam pegunungan dan dataran tinggi yang sangat sejuk dan nyaman tentunya. Malino terletak di Kab. Gowa dan wisata ini pun sudah terkenal sejak zaman Belanda, di Malino kalian dapat menemukan banyak wisata air terjun yang indah. Selain itu, karena udara pegunungan yang dingin tempat ini juga memberikan wisata lainnya seperti perkebunan teh, lembah biru serta wisata sejarah berupa bunker peninggalan jepang yang menarik.

6. Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu
Source : yukpigi.com

Bukan Indonesia namanya jika setiap daerah tidak menyimpan spot historis, Benteng Somba Opu di Sulawesi Selatan ini dapat menjadi salah satu refrensi bagi kalian yang hibi berwisata sejarah. Benteng yang dibangun pada tahun 1525 oleh Sultan Gowa ke IX ini merupakan pusat perdagangan dan pelabuhan rempah-rempah yang ramai dikunjungi pedagang dari Asia dan Eropa pada masa lampau. Kini, Benteng Somba Opu menjadi sebuah objek wisata bersejarah di Kota Makassar yang di dalamnya terdapat beberapa bangunan rumah adat Sulawesi Selatan yang mewakili suku Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja.

7. Pantai Losari

Pantai Losari
Source : pinterest.com

Nah, yang satu ini mungkin taka sing lagi di telinga wisatawan khususnya yang berada di wilayah Sulawesi Selatan, Pantai Losari menjadi salah satu landmark tersendiri bagi Kota Makassar. Meskipun dikelilingi oleh beton, Pantai Losari tetaplah menawan dan menjadi spot paling popular masyarakat setempat untuk menghabiskan waktu sore. Beberapa atraksi wisata yang dapat kalian lakukan di sepanjang pantai ini seperti memancing, naik banana boat atau sepeda air, berlayar dengan perahu dan lain sebagainya. Berbagai kuliner pinggiran pun sangatlah enak untuk dinikmati di sekitaran Pantai Losari.

8. Masjid 99 Kubah

Masjid 99 Kubah
Source : reddorz.com

Makassar juga memiliki salah satu bangunan religi yang ikonik loh, yaitu Masjid 99 Kubah yang terletak tidak jauh dari Pantai Losari.. Sesuai dengan namanya, masjid ini memiliki kubah yang berjumlah puluhan. Kubah-kubah ini berbaris mengelilingi kubah utama yang punya diameter besar dan berada di tengah, tak ayal masjid ini menjadi salah satu landmark arsitektur yang keren di Sulawesi Selatan. Corak warna yang terang, mulai dari merah, jingga dan kuning ini menghiasi deretan kubah di Masjid 99 Kubah ini.

9. Danau Tektonik Towuti

Danau Towuti
Source : GenPi.co

Berikutnya lagi, pengunjung wisata dapat menyambangi danau tektonik purba Towuti yang berada di daerah Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Di sekitaran danau ini kalian akan disuguhkan oleh panorama yang alam indah serta dipadukan dengan banyaknya biota alam baik di atas maupun bawah laut seperti bunga anggrek epifit yang langka hingga ikan opudi yang khas.

10. Tanah Toraja

Toraja
Source : idntimes.com

Terakhir tempat wisata yang sangat wajib anda kunjungi ketika berada di Sulawesi Selatan ialah Tanah Toraja salah satu daerah yang masih menjunjung tinggi norma dan adat leluhurnya. Beberapa spot wisata yang dapat kalian kunjungi di Tanah Toraja seperti Kete Kesu, Londa, Batutumonga, Ranteallo, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah 10 spot pariwisata terbaik yang wajib kalian kunjungi selama berada di propinsi Sulawesi Selatan. Bagaimana mulai matang rencana liburanya?.


mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com