-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

7 Gunung Tertinggi di Dunia Versi Ninggalin Jejak!

Tidak ada komentar

            Berbicara tentang dunia pendakian, tentu akan ada banyak daftar gunung yang menjadi wish list sobat pendaki semua termasuk gunung-gunung tertinggi di dunia. Di Negara Indonesia saja terdapat sejumlah gunung tertinggi dengan tingkat kesulitan pendakian yang ekstrim, dan apa jadinya dengan gunung-gunung yang di klaim memiliki puncak tertinggi di dunia, tentu akan lebih menantang ya. Namun, pada artikel ini mimin bakal kasih info mengenai 7 gunung tertinggi di dunia saat ini versi mimin dan melintang di setiap benua.

#1. Gunung Everest, Nepal

puncak everest
Source : mldspot.com

Gunung Everest di Himalaya masih menduduki peringkat sebagai gunung paling tinggi dan menantang maut di dunia, dengan ketinggian mencapai 8.848 mdpl menjadikanya sebagai salah satu gunung paling menantang untuk para pendaki. Secara strategis gunung Everest berada di antara wilayah Tibet dan Nepal. Gunung Everest pertama kali diskalakan pada tahun 1953 dan tetap menjadi tempat sampah tertinggi di dunia. Selain itu, untuk mencapai puncak tertingginya dibutuhkan waktu 45 hari pendakian dengan modal yang tentu tidak sedikit ya, para pendaki harus merogoh kocek hingga $100 untuk mendaki gunung Everest. South Ridge adalah jalur populer di antara 20 rute yang ada.

#2. Gunung Aconcagua, Argentina

Gunung Aconcagua
Source : wallpapersqq.net

Dari Amerika Selatan ada gunung Aconcagua yang menjelma menjadi gunung tertinggi kedua di dunia dengan ketinggian mencapai 6.962 mdpl dan secara strategis berletak di bagian barat Negara Argentina. Gunung Aconcagua di klaim sebagai gunung berapi aktif di era dinosaurus. Waktu terbaik untuk mendaki gunung ini ialah antara bulan Desember hingga Januari.

#3. Gunung Denali, Alaska

Gunung Denali
Source : superadventure.com

Diurutan ketiga sebagai gunung tertinggi di dunia masih ditempati oleh Gunung Denali yang berlokasi di Alaska. Gunung ini memiliki ketinggian hingga 6.190 mdpl, dengan range sepanjang 965 kilometer. Selain itu kadar oksigen dan pola cuaca di gunung ini pun tak menentu, terkadang cuaca akan sangat berangin bahkan kecepatan angina hingga 150 mph dan suhu -69 derajat Celcius. Para ilmuwan mengatakan bahwa ketinggian Gunung Denali masih bisa meningkat, yakni setengah milimeter per tahun.

#4. Gunung Kilimanjaro, Tanzania

Gunung Kilimanjaro
Source : vistapointe.net

Gunung Kilimanjaro menjadi primadona tersendiri untuk benua Afrika, dengan ketinggian mencapai 5.895 mdpl telah cukup menjadikanya sebagai gunung tertinggi keempat di dunia. Gunung Kilimanjaro memiliki rupa yang cukup ekstrim dengan pola kerucut dan memiliki berbagai zona ekologi yakni hutan hujan tropis, padang rumput, padang pasir dan kawasan berselimut salju. Perjalanan normal menuju puncaknya akan memakan waktu selama 5 hari dan waktu terbaik untuk mendaki Kilimanjaro ialah di musim kemarau, antara akhir Juni hingga Oktober.

#5. Gunung Elbrus, Russia

Gunung Elbrus
Source : wallpaperbetter.com

Kali ini dating dari benua biru Eropa, yaitu gunung Elbrus yang menjadi gunung tertinggi kelima di dunia dengan ketinggian mencapai 5.642 mdpl. Puncak Elbrus ini berlokasi di Rusia serta menjadi bagian dari Pegunungan Kaukasus yang membagi benua Asia dan Eropa. Untuk mencapai puncak gunung Elbrus, pendaki akan membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 9 jam dengan jalur pendakian dari sisi selatan gunung.

#6. Gunung Vinson Massif, Antartika

Gunung Vinson Massif
Source : inews.id

Diurutan keenam versi mimin sebagai gunung tertinggi di dunia ialah gunung Vinson Massif di Antartika yang memiliki ketinggian 4.892 mdpl.. Titik tertinggi benua itu ada di dataran tinggi di Sentinel Range Pegunungan Ellsworth, Antartika Barat. Gunung Vinson Massif adalah yang terakhir dari Seven Summits yang berhasil didaki pada 1966 silam. Diperkirakan, lebih dari 1.200 pendaki telah berhasil mencapai puncaknya yang dipimpin oleh beberapa pemandu khusus. Lama pendakian normal biasanya memakan waktu sekitar 5 hingga 6 hari dengan aklimatisasi yang tepat. Periode pendakian terbaik Gunung Vinson Massif antara Desember dan Februari saat Antartika disinari matahari selama 24 jam.

#7. Puncak Cartenz, Indonesia

Puncak Cartenz
Source : jubi.co.id

Nah, diurutan terakhir datang dari Negara Indonesia, puncak Cartenz di pegunungan Jaya Wijaya juga menjadi salah satu puncak gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian relatif mencapai 4.884 mdpl. Cartenz Pyramid memiliki puncak yang diselimuti es langka karena berada di daerah tropis dan menjadi satu-satunya wilayah bersalju di Indonesia. Selain itu, gunung ini juga menjadi salah satu gunung dengan rute yang curam dan sulit di daki secara teknis.

            Nah, itulah 7 gunung tertinggi di dunia versi Ninggalin Jejak, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan refrensi kalian untuk seven summit suatu saat nanti ya.

 

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com