-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Berkunjung Ke Nusa Tenggara Barat, Berikut 10 Spot Wisata Terbaik yang Wajib Kalian Kunjungi!

Tidak ada komentar

Jika sebelumnya mimin sudah ngebahas mengenai potensi wisata di Nusa Tenggara Timur, nah kali ini mimin bakal ngajakin kalian jalan-jalan ke tetangganya yaitu Nusa Tenggara Barat. Jadi, inilah 10 spot wisata terbaik yang wajib kalian kunjungi selama berada di Nusa Tenggara Barat.

1. Pulau Gili

Pulau Gili
Source : befreetour.com

Wisata popular pertama di Nusa Tenggara Barat ialah Pulau Gili, ada berbagai jenis pulau Gili di Nusa Tenggara Barat mulai dari Gili Terawangan yang paling terkenal, Gili Kedis, Gili Layar, Gili Meno, dan lainya. Di pulau Gili wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan wisata bahari, berbagai pantai terlihat sangat indah dengan paduan pasir putih bersih serta jernihnya laut biru. Selain itu kalian juga melakukan berbagai aktivitas air yang menarik seperti snorkeling dan diving ya.

2. Gunung Tambora

gunung tambora
Source : bisniswisata.co.id

Selain pamor Gunung Rinjani di Pulau Lombok, ternyata propinsi NTB ini juga memiliki gunung lain yang tak kalah menantang para pendakinya yaitu Gunung Tambora. Gunung ini terletak di antara dua kabupaten yakni Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima, Pulau Sumbawa. Ketinggian relative Gunung Tambora ialah 2.850 mdpl sehingga cukup memikat perhatian para pendaki yang ingin menikmati keindahan alam dari atas Tambora. Selain itu, terdapat sebuah kawah yang cukup dikenal dari gunung ini yaitu The Greatest Crater in Indonesia ( Kawah terbesar di Indonesia ) dengan diameter lebar kawah sebesar 7 km dan kedalaman 800 m. Di Tambora, pelancong akan diperlihatkan dengan keindahan bunga Edelweiss yang indah, namun ingat dilarang keras mencabutnya ya.

3. Pulau Kenawa

pulau kenawa
Source : bobobox.co.id

Berikutnya, kalian dapat memasukan nama Pulau Kenawa kedalam salah satu tempat yang wajib dikunjungi selama berlibur ke NTB. Pulau Kenawa jelas menawarkan keindahan yang memukau, meskipun dengan berjalan kaki pelancong dapat mengintarinya sekali lewat. Pulau Kanawa berada di Kabupaten Sumbawa, yang letaknya tidak jauh dari pelabuhan Poto Tano yang menjadi akses untuk menyebrang ke Kenawa. Pulau Kenawa ini tidaklah berpenghuni, namun ada sebuah pondok kecil yang disediakan bagi Kamu yang ingin menginap atau ganti baju dan  gratis. Seru juga ya berlibur di Pulau serasa miliki pribadi.

4. Pulau Sumbawa

Pantai Maluk
Source : lombokita.com

Pulau Sumbawa adalah pulau terbesar di Propinsi NTB, meskipun tak setenar Pulau Lombok namun tidak ada salahnya kalian berkunjung ke Sumbawa untuk mengeksplorasi keindahanya. Beberapa spot wisata yang dapat kalian jajaki di Sumbawa seperti Kota Bima, Pantai Taliwang, Dompu, dan Pulau Kanawa yang telah dijelaskan sebelumnya.

5. Pulau Lombok

Lombok
Source : indonesia-yacht-charter.com

Nah, yang satu ini biasanya menjadi titik awal para pelancong ketika akan menjelajahi NTB yaitu Pulau Lombok. Banyaknya penerbangan langsung yang murah dari Jakarta atau bandara lainya menuju Lombok, menjadikan Pulau Lombok cukup giat dikunjungi. Ada berbagai spot menarik yang dapat kalian kunjungi di Lombok mulai dari jelajah kota Mataram, ke berbagai pantai cantik seperti Senggigi dan Kuta Lombok, dan lain sebagainya.

6. Sembalun

bukit pergasingan
Source : pagitrans.com

Sembalun adalah sebuah kecamatan kecil di Lombok Timur dan tentu menawarkan pesona keindahan tersendiri untuk para traveler. Salah satu yang paling popular di Sembalun ialah treking menuju puncak bukit Pergasingan dan mengabadikan moment dengan latar belakangan petakan sawah yang hijau. Selain itu juga terdapat beberapa spot wisata lain seperti Air Terjun Mangku Sakti, Bukit Selong Sembalun, dan Taman Wisata Pusuk.

7. Pantai Tanjung Aan dan Bukit Merese

Bukit merese
Source : dokumentasi pribadi

Pantai Tanjung Aan adalah salah satu surge lainya yang di miliki oleh NTB, pantai yang terletak di Pulau Lombok ini menyajikan panorama yang indah dengan pasir putih bersih yang memanjang di seluruh pantai. Selain itu di ujung pantai kalian dapat naik menuju Bukit Merese dan meresapi syahdunya alam dari atas Merese.

8. Pantai Pink Lombok Timur

pantai pink lombok timur
Source : nativeindonesia.com

Masih seputar pantai di Lombok, salah satu yang terkenal lainya ialah Pantai Pink atau bernama asli Pantai Tangsi yang berada di Desa Sekaroh, Lombok Timur. Pantai Pink ini merupakan salah satu dari 7 pantai di dunia yang mempunyai pasir pantai berwarna pink, dan satu dari dua pantai di Indonesia. Warna pink dari pasir pantai ini terbentuk atas perpaduan butir-butir asli warna putih pasir dengan serpihan karang berwarna merah muda. Pantai ini sangat tenang dan hanya memiliki ombak yang relative kecil, sehingga membuat pengunjungnya lebih nyaman.

9. Desa Sade

desa sade
Source : idea.grid.id

Nah, jika ke Lombok jangan lupa untuk berwisata budaya ya, kalian dapat berkunjung ke Desa Sade salah satu dusun di desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Desa Sade dikenal sebagai dusun yang mempertahankan adat suku Sasak asli Lombok. Ada berbagai hal menarik yang dapat kalian temukan di desa Sade mulai dari aktivitas kerajinan tenun tradisional, membeli pernak-pernik Sade, dan berinteraksi langsung dengan warga sasak.

10. Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu
Source : piknikasik.com

Terakhir, jika kalian masih berada di Pulau Sumbawa cobalah untuk berkunjung ke Air Terjun Mata Jitu yang berada di Pulau Moyo yang lebih tepatnya di Dusun Oiramu, Desa Labuhan Aji, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, NTB. Air terjun ini terlihat indah karena memiliki 3 undakan air beserta 7 kolam berwarna hijau. Sanagtlah unik, airnya sangat bersih yang terlihat biru muda seperti air laut. Stalaktid dan stalagmite yang menghiasi permukaaan dinding Air Terjun Mata Jitu menambah indahnya panorama. Untuk dapat sampai ke Air terjun Mata Jitu ini, pelancong dapat menyewa perahu nelayan dari Desa Ai Bari di Sumbawa. Selama kurang lebih 2 jam perjalanan, kita akan disuguhi pemandangan Pulau Moyo yang mengagumka.

Baik sobat Ninggalin Jejak, itulah 10 atraksi wisata terbaik yang dapat kalian kunjungi selama berada di Nusa Tenggara Barat. Semoga artikel ini dapat menjadi bahan refrensi liburan kalian ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com