-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Simak, Berikut 10 Spot Wisata Paling Recommended di Sumatera Utara!

Tidak ada komentar

            Welcome back sobat Ninggalin Jejak, kali ini mimin kembali ke Pulau Sumatera. Kita akan membahas 10 spot wisata paling direkomendasikan untuk kalian kunjungi selama di Sumatera Utara, apa saja?

1. Salju Panas Tinggi Raja

Salju Panas Tinggi Raja
Source : travel.tribunnews.com

Wisata popular pertama di Sumatera Utara ialah Salju Panas Tinggi Raja yang sedang naik daun karena keunikanya. Untuk menuju kawasan wisata ini, kalian harus berkendara sekitar 3 jam dari pusat Kota Medan. Dari Medan, kalian akan melewati kawasan Lubuk Pakam, Dolok Masihul, Galang, hingga Bangun Purba. Setelah sampai di lokasi Salju Panas Tinggi Raja, kalian tidak akan dikenakan biaya apa pun. Namun, kalian tetap perlu membayar retribusi parker Rp. 5.000 jika membawa kendaraan pribadi ya.

2. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso
Source : blog.airoaz.com

Selanjutnya ada spot wisata Air Terjun Sipiso-piso yang berlokasi di Desa Tongging, Sumatera Utara. Air Terjun Sipiso-piso dikenal sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, sementara itu air terjun ini dikelola sebagai salah satu destinasi wisata di Sumatera Utara oleh Pemerintah Kabupaten Karo. Kata piso sedniri diartikasi seperti pisau dimana derasnya air terjun ini bagaikan pisau yang tajam.

3. Danau Toba dan Pulau Samosir

Samosir
Source : pegipegi.com

Nah, tempat yang satu ini tentu telah menjadi ikon propinsi Sumatera Utara yaitu danau Toba dan Pulau Samosir. Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara dengan panjang hingga 100 Km dan lebar lebih dari 30 Km. Danau Toba menawarkan keindahan tersendiri bagi para pengunjungnya, selain itu di tengah danau ini terdapat sebuah pulau yang tak kalah ciamik yaitu Pulau Samosir yang memiliki ketinggian 1.000 mdpl. Di pulau ini, wisatawan juga akan menjumpai bentang alam yang menarik dan indah untuk di pandang mata.

4. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan
Source : kumparan.com

Jika, ingin berwisata religi di Sumatera Utara pastikan kalian berkunjung ke Masjid Raya Medan yang berada di Jl Sisisngamangaraja, Kota Medan. Masjid terbesar di Sumatera Utara ini diarsiteki oleh Sultan Ma’moen Al Rasyid Perkasa Alam dan memiliki luas bangunan sekitar 5.000 meter persegi. Kemegahan masjid ini dapat dilihat dengan desain bangunanya yang berbentuk persegi delapan yang dilengkapi empat serambi utama. Ada pula pilar berdiameter 0,6 meter yang menyokong kubah utama masjid Raya Medan.

5. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser medan
Source : dolandolen.com

Nah, spot wisata yang satu ini juga tak kalah menawan dari 4 wisata sebelumnya. Taman Nasional Gunung Leuser adalah kawasan cagar alam di Sumatera, dan secara administratif Taman Nasional ini berada di dua provinsi , yaitu Aceh dan Sumatera Utara dengan luas lahan mencapai 1.094.692 hektar. Taman nasional ini juga telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini ialah di bulan Juni hingga Oktober karena pada waktu ini curah hujan cukup rendah sehingga dapat memudahkan kalian saat menjelajahi Taman Nasional Gunung Leuser.

6. Pantai Pandan

pantai pandan medan
Source : traverse.id

Berikutnya lagi, kalian dapat mengunjungi salah satu spot pantai di Sumatera Utara yaitu Pantai Pandan yang berlokasi di Desa Pandan, Tapanuli Tengah. Pantai ini terkenal dengan pesona pasir putih dan air laut yang jernih. Pantai ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik seperti gazebo, kedai makanan, hingga penginapan.

7. Cagar Alam Sibolangit

Cagar Alam Sibolangit
Source : travel.kompas.com

Selain Taman Nasional Gunung Leuser, kalian masih dapat mengunjungi salah satu cagar alam terbaik lainya di Sumatera Utara yaitu Cagar Alam Sibolangit yang ebrlokasi di Kabupaten Deli Serdang dan memiliki luas lahan hingga 24 hektar. Cagar Alam Sibolangit menyajikan pemandangan yang sangat eksotis dan dipadukan dengan kondisi udara yang sejuk.

8. Gunung Sibayak

gunung sibayak
Source : kulibur.com

Bagi kalian yang hobi treking, Gunung Sibayak yang terletak di Kabupaten Karo ini dapat menjadi alternatif spot wisata yang dapat kalian kunjungi selama berada di Sumatera Utara. Gunung Sibayak memiliki ketinggian relative 763 mdpl dan tergolong masih aktif ya, gunung ini  tentu akan menyajikan panorama alam  yang indah dari atas puncaknya. Selain itu tempat ini juga menjadi spot terbaik untuk melihat sunrise pagi. Cukup membayar retribusi sebesar Rp 4 ribu saja kalian dapat mendaki gunung ini.

9. Desa Lingga

desa lingga karo
Source : pariwisata.karokab.go.id

Desa Lingga terletak di Kecamatan Simpang Empat, kab. Karo dan menjadi salah satu wisata budaya tersohor di Sumatera Utara. Di desa ini wisatawan akan menemui sejumlah spot dan situs budaya yang menarik seperti Museum Lingga yang memiliki aneka macam koleksi Kerajaan Karo masa lalu, ada pula rumah-rumah adat bersejarah yang usianya sudah lebih dari dua setengah abad. Cikal bakal wilayah Karo pun, konon berasal dari daerah ini.

10. Pulau Nias

lompat batu nias
Source : cnnindonesia.com

Terakhir wisatawan dapat berkunjung ke Pulau Nias yang eksotis, Pulau Nias terkenal dengan atraksi wisata lompat batu dan menjadi spot terbaik untuk aktivitas selancar. Selain beberapa kegiatan tersebut, kalian juga dapat mengunjungi Museum Pusaka Nias, yang mempunyai koleksi benda-benda budaya masyarakat Nias atau sekedar menikmati keindahan alam Nias.

Jadi, itulah 10 spot wisata paling recommended di Sumatera Utara, semoga artikel ini dapat menambah refrensi liburan kalian di Sumatera Utara ya.

 

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com