-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Berikut 10 Spot Pariwisata paling Menawan di Gorontalo!

Tidak ada komentar

            Kembali di rubric wisata Indonesia, kali ini mimin kembali ke Pulau Sulawesi dan akan membahas keunikan pariwisata salah satu Propinsi di Sulawesi yaitu Gorontalo. Nah, berikut adalah 10 spot wisata paling memukau di Gorontalo versi mimin Ninggalin Jejak.

1. Pulau Cinta

pulau cinta gorontalo
Source: blog.airyrooms.com

Tempat wisata popular pertama di Gorontalo ialah Pulau Cinta yang berada di Kab. Boalemo, Gorontalo. Pulau Cinta akan menyuguhkan panorama bahari yang memukau bagi para pengunjungnya, disni juga terdapat berbagai resort yang dapat kalian tinggali. Banyak aktivitas menarik yang dapat pelancong lakukan di Pulau Cinta seperyi snorkeling atau hanya sekedar bersantai menikmati keindahan laut dan pantainya.

2. Pantai Bolihutuo

Pantai Bolihutuo
Source : pedomanwisata.com

Berikutnya masih dengan wisata pantai, kali ini kalian dapat berkunjung ke Pantai Bolihutuo yang berlokasi di berlokasi di Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Pantai Bolihuta terkenal dengan keindahan pasir putih beserta pohon-pohon pinusnya yang rindang, pantai ini pun selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk sekedar rekreasi dan menghabiskan akhir pekan.

3. Taman Wisata Laut Olele

Taman Wisata Laut Olele
Source : traverse.id

Selanjutnya wisatawan dapat berkunjung ke Taman Laut Olele yang berada di Desa Olele Kec. Kabila Bone serta berada di dalam kawasan Teluk Tomini yang kaya akan biota laut yang unik. Taman Laut Olele juga dikenal lebih alami di banding dengan taman laut lain yang ada di Indonesia.

4. Tangga 2000 dan Jejak Kaki Lahilote

jejak kaki lahilote di gorontalo
Source : cagarbudaya.kemdikbud.go.id/

Wisata unik selanjutnya adalah Tangga 2000 beserta Jejak Kaki Lahilote yang termasuk kedalam salah satu wisata dataran tinggi terbaik di Gorontalo. Dari atas sini wisatawan dapat menikmati pemandangan danau Tomini yang menawan. Di tangga 2000 ini juga terdapat sebuah batu yang berukuran besar nampak seperti jejak kaki manusia, menurut cerita, “Lahilote” merupakan jejak kaki seorang pria menikah dengan seorang malaikat yang jatuh ke bumi. Unik ya!

5. Air Terjun Didingga Gorontalo

Air Terjun Didingga Gorontalo
Source : blog.airyrooms.com

Bagi kalian yang hobi berwisata air terjun maka kalian wajib berkunjung ke Air Terjun Didnigga di Gorontalo. Air terjun keren ini berlokasi di Kec. Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo. Kondisi air terjun ini masih sangat asri karena masih belum terlalu ramai dikunjungi oleh masyarakat luas sehingga cocok bagi kalian yang ingin mencari wisata alam yang tenang dan bersih tentunya.

6. Benteng Otanaha

Benteng Otanaha
Source : ksmtour.com

Nah, bukan Indonesia namanya jika tidak kaya akan wisata sejarah, di Gorontalo kalian dapat menelisik sejarah di Benteng  Otanaha. Benteng Otanaha sendiri berlokasi di desa sebelah barat kota, daerah Dembe I, sekitar 8 Km dari pusat kota Gorontalo. Benteng Otanaha memiliki gaya arsitektur eropa dan merupakan sisa-sisa peninggalan zaman Belanda yang ada di Gorontalo.

7. Pusat Kerawang

Pusat Kerawang gorontalo
Source : engrasia.com

Selanjutnya Gorontalo juga memiliki pusat wisata kerajinan seni tradisional yaitu Pusat Kerawang. Tempat ini merupakan salah satu penghasil kain kerajinan tradisional Gorontalo yang indah dan keren loh. Pusat industri kerajinan karawang ini disebut juga dengan Karawo dan sangat cocok untuk kalian yang ingin berburu buah tangan khas Gorontalo.

8. Danau Limboto

Danau Limboto
Source : bobo.grid.id

Danau Limboto menjadi salah satu primadona pariwisata lainya yang dimiliki Propinsi Gorontalo, danau ini merupakan salah satu danau terbesar di Pulau Sulawesi. Sekedar informasi, danau ini merupakan muara dari lima sungai yang ada di Gorontalo dan di sini kalian dapat mengamati kehidupan para nelayan tradisional sekaligus menikmati hasil tangkapannya. Banyak warung yang tersedia di sekitar Danau Limboto menawarkan sajian kuliner khas Gorontalo yang lezat tentunya. Bagaimana tertarik berkunjung kesini?

9. Rumah Adat Bantayo Poboide

Rumah Adat Bantayo Poboide Gorontalo
Source : celebes.co

Selanjutnya lagi wisatawan dapat berkunjung ke Rumah Adat Bantayo Poboide khas Gorontalo. Secara harfiah “Bantayo” artinya bangunan dan “Poboide” berarti tempat pertemuan. Selain sebagai salah satu landmark budaya di Gorontalo, Bantayo Poboide juga berfungsi sebagai tempat kegiatan seni dan adat Gorontalo. Tempat ini memiliki berbagai ruangan dengan fungsi masing-masing, ornamen pada dinding juga menyimbolkan setiap aktivitas dari para penghuninya.

10. Bukit Layang Gorontalo

Bukit Layang Gorontalo
Source : kumparan.com

Terakhir kalian dapat menghabiskan waktu di bukit layang yang berlokasi di Kelurahan Siendeng Kecamatan Hulonthalangi, Gorontalo. Bukit layang merupakan sebuah wisata perbukitan yang menawarkan pemandangan alam yang indah di Gorontalo, dan tempat ini wajib dikunjungi ketika berlibur ke Gorontalo karena dari atas bukit inilah wisatawan dapat melihat keindahan kota Gorontalo secara keseluruhan.

Jadi, itulah 10 lokasi pariwisaya paling populer di Propinsi Gorontalo, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan refrensi liburan kalian semua ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com