-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Cara Backpacker ke Pacitan, Paradise of East Java!

Tidak ada komentar

            Okey guys jadi beberapa hari yang lalu gua backpackeran ke Pacitan berdua sama teman gua biar sharing kos, sekitar 3 hari di Pacitan gua mengunjungi beberapa tempat wisata keren disana. First impression gua terhadap Pacitan, asli iini tempat keren banget sebenarnya, wisata alamnya hidup banget dan bisa di bilang paradise of east Java, hanya saja rute transportasi umum cukup sulit untuk ke Pacitan karena kondisi geografis wilayah yang naik turun bukit jadi tidak memungkinkan untuk adanya moda transportasi Kereta atau Pesawat komersil, jadi yang paling memungkinkan ya menggunakan bus umum atau sewa motor. Untuk bus sendiri gua nggak tau pasti bus apa, namun ada banyak bus langsung menuju Pacitan baik dari Malang, Surabaya, Jogja, Kediri dan kota-kota terdekat lainya. Jadi langsung saja berikut beberapa destinasi andalan di Pacitan yang gua kunjungi beserta estimasi biaya, ohiya tetap patuhi protocol kesehatan dengan memakai masker dan membawa handsanitize ya!

1. Goa Gong

Goa Gong
Source : Dokumentasi Pribadi

Oke tempat pertama yang gua kunjungi adalah Goa Gong yang disebut-sebut sebagai Goa tercantik se-Asia Tenggara. Meskipun dalam suasana pandemi, ternyata antusiasme wisatawan masih tinggi untuk berkunjung ke Goa ini, saat gua kesana memang banyak wisatawan lokal yang berkunjung untuk menghabiskan akhir pecan bersama keluarga. Dari kota Pacitan, sekitar 45 menit untuk menuju Goa ini, dan benar saja formasi bebatuan di dalam Goa ini benar-benar memukau dan keren. Ohiya, bagi kalian yang memiliki penyakit asma atau takut kegelapan sangat tidak di anjurkan untuk memasuki Goa ini ya.

Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000

2. Pantai Klayar

Pantai Klayar
Source : Dokumentasi Pribadi

Nah, yang satu ini berada sekitar 12 Km dari Goa Gong yaitu Pantai Klayar yang merupakan pantai paling terkenal di Pacitan. Pantai Klayar ini unik menurut gua, perpaduan antara formasi bebatuan besar yang super keren dengan pasir putih pantai sangatlah indah, ditambah kualitas air laut yang biru dan deburan ombak yang menghantam bebatuan menambah estetika keindahan pantai ini. Namun karena kondisi ombak yang cukup besar, sangat tidak di anjurkan untuk berenang di sekitaran pantai Klayar ya.

Harga Tiket Masuk : Rp. 3.000

3. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo
Source : Dokumentasi Pribadi

Pantai Banyu Tibo, bukti keindahan alam lainya yang dimiliki oleh Kabupaten Pacitan. Keunikan Pantai ini dapat dilihat dari rupanya, pasir putih, laut biru, dan air terjun adalah satu perpaduan yang indah pada kawasan pantai ini. Pantai Banyu Tibo sangat pas untuk wisata keluarga, mandi di sekitaran pantai dan air terjun kecilnya dirasa seru dan dapat menghilangkan penat.

Harga Tiiket Masuk : Free

4. Kali Cokel

Kali Cokel
Source : Dokumentasi Pribadi

Okey, kenapa Kali Cokel? Karena kali ini tak kalah indah dengan suasana Sungai maron Pacitan dan harga sewa kapalnya lebih ekonomis. Sebenarnya waktu itu gua sempat berkunjung ke Sungai Maron, namun karena musim penghujan air sungai Maron berubah menjadi cokelat akibat sempat meluap, jadi gua mengurungkan niat untuk telusur sungai Maron dan di Kali Cokel inilah kualitas air sungai masih hijau jernih. Meskipun tak sepanjang Sungai Maron, tapi Kali Cokel punya atraksi wisata tersendiri dimana nahkoda kapal akan membawa kita sailing hingga ke laut dan menantang ombak, seru sekali lah!

Harga Sewa Perahu : Rp. 20.000/orang

5. Pantai Kasap

Pantai Kasap
Source : Dokumentasi Pribadi

Pantai Kasap adalah miniaturnya Raja Ampat di Pacitan, bagaimana tidak ketika gua memasuki area pantai ini dan melihat dari atas tebing lalu keindahan beberapa gugusan pulau kecil di seputaran pantai Pacitan benar-benar memanjakan mata. Selain itu di sekitaran tebing ada sebuah rumah makan yang mana ketika kalian makan di sana dapat sekaligus memandang keajaiban alam tersebut, untuk harga makanan juga murah kok tenang saja.

Harga Tiket Masuk : Rp. 3.000

6. Pantai Srau

Pantai Srau
Source : Dokumentasi Pribadi

Untuk Pantai Srau, gua bilang patai ini sekilas mirip dengan Pantai Bwanna di Sumba dengan formasi karang bolong yang dimilikinya. Pantai ini juga memiliki pasir putih dan laut biru yang jernih, jika dari Kali Cokel kalian hanya perlu lurus saja mengikuti jalan dan kalian akan melewati jalan berbatu sebelum akhirnya mencapai kawasan pantai Srau.

Harga Tiket Masuk : Rp. 3.000

7. Air Terjun Tluvalley

Air Terjun Tluvalley
Source : Dokumentasi Pribadi

Dari sekian banyak destinasi yang gua kunjungi di atas, air terjun Tluvalley lah yang memiliki rute paling menantang. Keberadaannya yang tersembunyi di tengah sawah dan sungai membuatnya cukup sulit untuk di jangkau, gua rasa air terjun ini sempat di olah oleh masyarakat sekitar sebagai tempat wisata, terbukti dengan adanya mushola kecil dan tangga bambu menuju air terjun namun nampaknya air terjun ini mulai terbengkalai dan ketika gua bekunjung kesana saja tak ada satupun orang lain yang berkunjung. Sangat tidak disarankan untuk mandi di air terjun ini, karena ada beberapa kejadian wisatawan tenggelam ujar warga setempat.

Harga Tiket Masuk : Free

8. Masjid Agung Darul Falah Pacitan

Masjid Agung Darul Falah Pacitan
Source : Dokumentasi Pribadi

Terakhir, gua mengakhiri explore pacitan di Masjid Agung Darul Falah Pacitan. Awalnya gua hanya singgah untuk sholat Ashar, namun ketika dilihat arsitektur dan interior bangunan Masjid ini indah juga. Sebenarnya gua sangat suka berwisata ke Masjid, hampir setiap kota yang gua kunjungi selalu ada Masjid Agung yang gua sambangi, karena menurut gua tempat ibadah adalah tempat yang paling damai untuk merecharge energy setelah letih menjalani rutinitas padat.

Harga Tiket Masuk : Free

            Nah, jadi itulah beberapa wisata andalan Pacitan yang gua kunjungi, sebenarnya ada beberapa tempat lain yang gua kunjungi hanya saja gua memilih yang paling terbaik dari beberapa tempat tersebut. Untuk pengeluaran gua di Pacitan berikut gua jabarin, ohiya sebenarnay gua pegi bedua sama teman namun kalkulasi biaya akan gua jabarin sesuai pengeluaran gua pribadi ya.

  • Sewa Motor 3 hari dari Jogja-Pacitan : Rp. 150.000 (@ Rp. 50.000/hari)
  • Bensin dan Biaya tak Terduga : Rp. 100.000
  • Kereta Jakarta – Jogja PP : Rp. 146.000 (@ 73.000/trip untuk ekonomi Brantas)
  • Rapid Test Wajib : Rp. 85.000 di stasiun
  • Makan Selama Trip : Rp. 150.000
  • Hotel Hamana Beach : Rp. 100.000 untuk 2 malam
  • Tiket Wisata Keseluruhan : Rp. 50.000

Total : Rp. 781.000

Full Vlog Pacitan :



mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com