-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Profil Negara Impian Australia beserta Rekomendasi Pariwisata Terbaiknya!

Tidak ada komentar

        

Australia Flag
Source : amazon.com

        Australia sebuah negara satu benua yang terletak di kawasan Oceania, negara persemakmuran Inggris ini merupakan salah satu Negara kawasan asia pasifik paling maju di dunia. Secara historis, Benua Australia pertama kali ditemukan oleh beberapa penjelajah seperti William Jansz (1606) yang mendarat di teluk Carpentaria. J. Cartensz (1623) yang mendarat di Arhemn di pantai barat daya dan tentu Abel Tasman (1642-1643) yang menemukan Pulau Tasmania dan Selandia Baru. Negara Australia sendiri terbagi kedalam 6 wilayah negara bagian dan 2 teritorial dimulai dari Australia Barat, Australia Selatan, Queensland, New South Wales, Victoria, Tasmania, Teritorial Australia Utara dan Ibu Kota Australia itu sendiri .

Profil Negara Australia

  • Nama Negara : Persemakmuran Australia (Commonwealth of Australia)
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional Federal
  • Kepala Negara : Ratu ELIZABETH II (sejak 06 Februari 1952)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Scott MORRISON (sejak 24 Agustus 2018)
  • Ibukota : Canberra
  • Luas Wilayah : 8.945.000 Km2
  • Jumlah Penduduk : 24.99 juta  jiwa (estimasi tahun 2018)
  • Suku Bangsa/Etnis : Inggris 25.9%, Australia 25.4%, Irlandia 7.5%, Skotlandia 6.4%, Italia 3.3%, Jerman 3.2%, Tionghoa 3.1%, India 1.4%, Yunani 1.4%, Belanda 1.2%, etnis lainnya 15.8% (termasuk pribumi Australia Aboriginal).
  • Bahasa Resmi : Tidak memiliki bahasa resmi, namun bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa de facto nasional.
  • Agama : Protestan 23,1%, Katolik 22,6%, Kristen lainnya 4,2%, Islam 2,6%, Buddha 2,4%, Ortodok 2,3%, Hindu 1.9%, Tidak beragama 30,1%, agama lainnya 1,3%
  • Mata Uang : Dolar Australia (AUD)
  • Hari Kemerdekaan : 1 January 1901 (dari Inggris Raya)
  • Lagu Kebangsaan : “Advance Australia Fair”
  • PDB Per Kapita : US$ 1,434 triliun,- (2018)
  • Kode Telepon : 61
  • Lokasi : Benua Australia (Oseania

Perekonomian Australia

Sebagai salah satu Negara termaju di dunia, tentu Australia memiliki kualitas penataan yang sangat baik di sektor perekonomian. Perlu diketahui, sebagian besar wilayah Australia bersifat kering sehingga sulit untuk aktivitas pertanian, hanya beberapa persen saja wilayah di Australia yang dapat ditanami dengan hasil-hasil pertanian dan perkebunan. Komoditas utama pertanian di Australia berupa gandum, tebu, jagung, dan buah-buahan. Selain itu negara ini juga memperoleh penghasilan dari sektor peternakan sapid an domba. Di bidang perindustrian sendiri Australia telah menghasilkan mesin-mesin tekstil, alat-alat elektronik, fashion, kendaraan, dan sebagainya.

Potensi Wisata di Australia

Australia adalah negara yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan asing setiap tahunya, hal ini terjadi mengingat Australia merupakan Negara yang unik dengan segala keanekaragaman yang dimilikinya, selain itu bentang alam di Negara ini juga sangatlah memukau. Nah, berikut 5 spot wisata terbaik di Australia versi mimin.

1. Kota Sydney

Sydney
Source : australia.com

Baik, yang pertama dan paling utama ialah kota Sydney yang menjadi landmark tersendiri bagi Negara ini dengan background Opera House yang melegenda. Di Sydney terdapat sejumlah wisata pantai indah lengkap dikelilingi oleh dermaga-dermaganya. Waktu yang tepat untuk mengunjungi kota ini adalah ketka malam pergantian tahun dimana akan diadakan salah satu festival kembang api terbesar di dunia, langit-langit kota Sydney akan bercahaya dan indah dipandang. Beberapa tempat wisata menarik di Sydney misalnya Bronte, Coogee, Palm Beach dan Bondi Beach.

2. Great Barrier Reef

great barrier reef australia
Source : telegraph.co.uk

Berikutnya wisatawan dapat berkunjung ke Great Barrier Reef yang berada dalam kawasan Laut Koral, lepas pantai Queensland timur laut Australia. Great Barrier Reef sendiri merupakan habitat bagi kumpulan terumbu karang terbesar dunia berada, sekitar kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km di area ini. Saking besarnya, Great Barrier Reef bahkan dapat dilihat dari citra luar angkasa dan menjadi struktur tunggal terbesar di dunia yang dibuat oleh organisme hidup. Keanekaragaman jenis karang dan spesies ikan ini membuat Great Barrier Reef terpilih menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

3. Pulau Tasmania

pulau tasmania
Source : viva.co.id

Ditemukan oleh Abel Tasman, pulau Tasmania menjadi salah satu daya tarik wisata tersendiri bagi negeri Kanguru. Tasmania dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, beberapa tempat yang wajib dikunjungi seperti Wineglass Bay yaitu pantai berbentuk sabit dengan pasir putih, selain itu wisatawan juga dapat berwisata ke Gunung Wellington yang menyuguhkan panorama pemandangan Hobart dan Sungai Derwent yang indah.

4. Pulau Kangaroo

Pulau Kangaroo
Source : metrotravel.com.au

Selanjutnya wisatawan dapat berkunjung ke Pulau Kangaroo yang merupakan habitat bagi fauna khas Australia yaitu Kanguru. Selain dapat bermain-main dengan hewan berkantung itu para wisatawan dapat menikmati panorama menakjubkan di Pulau Kangaroo. Tak hanya kanguru yang dapat ditemui. Fauna lainya seperti Koala, walabi, penguin, ekidna, dan berbagai burung juga dapat dijumpai di sini.

5. Air terjun MacKenzie

Air terjun MacKenzie
Source : halotour.com

Terakhir, kalian dapat menyambangi MacKenzie Waterfall yang berlokasi di sebuah gunung batu pasir yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter atau berada sekitar 235 km di sebelah barat kota Melbourne. MacKenzie mrupakan air terjun terbesar di Taman Nasional Grampians yang dihuni oleh banyak kangaroo. Mackenzie sendiri merupakan air terjun yang terletak di anak sungai Sungai Mackenzie di barat Victoria, yang berada pada ketinggian sekitar 350 meter di atas permukaan laut. Sungguh menyajikan wisata alam yang luar biasa ciamik.

        Nah, itupah profil singkat Negara Australia dan beberapa potensi pariwisata yang dimilikinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner