-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Profil Negara Belanda dan 5 Spot Wisata Terbaiknya! (Netherlands)

Tidak ada komentar

belanda flag
Source : kindpng.com

        Nah, kali ini mimin akan membahas mengenai profil salah satu Negara maju di Kawasan Eropa Barat yaitu Belanda. Negeri Belanda sendiri memiliki ikatan emosional tersendiri dengan bangsa Indonesia, bagaimana tidak Belanda pernah menjadi bagian dari sejarah NKRI karena pernah menguasai kepulauan nusantara berabad-abad pada era kolonialisme dan imperalisme. Pusat pemerintahan Belanda berada di Den Haag, sementara ibukota negara ini berada di Kota Amsterdaam. Julukan negara ini ialah negara kincir angin atau Negara bunga tulip.

Profil Negara Belanda

  • Nama Lengkap : Kerajaan Belanda (Kingdom of Netherlands)
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional Parlementer
  • Kepala Negara : Raja WILLEM-ALEXANDER (sejak 30 April 2013)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Mark Rutte (sejak 14 Oktober 2010)
  • Ibukota : Amsterdam
  • Luas Wilayah : 41.543 km2
  • Jumlah Penduduk : 17.280.397 jiwa (2020)
  • Bahasa Resmi : Belanda (Dutch)
  • Agama : Katolik Roma (28%), Protestan (19%), Agama lainnya (11%), Atheis (42%)
  • Mata Uang : Euro (EUR)
  • Hari Nasional : 27 April 1967 (Hari Raja / Hari Kelahiran Raja)
  • Lagu Kebangsaan : “Het Wilhelmus” (The William)
  • PDB Per Kapita : US$ 53.024,06,- (2018)
  • Kode Telepon : 31
  • Lokasi : Benua Eropa (West Eropa) 

Perekonomian Belanda

Untuk sektor perekonomian sendiri Belanda tergolong sebagai negara maju dengan menganut sistem ekonomi liberal yang memberikan keleluasaan terhadap investasi. Belanda tergolong sebagai negara yang sukses dalam pengembangan industrinya, hal ini dibuktikan dengan banyaknya perusahaan multinasional terkemuka yang berasal dari Belanda seperti Shell Oil (Perusahaan minyak) dan Philips (Perusahaan elektronik) yang sukses dalam penjualan produk-produknya. Untuk komoditas utama negara kincir angin ini berupa bahan makanan, bahan kimia, pemrosesan minyak, produk otomotif, listrik, dan elektronik.

Wisata di Negara Belanda

Meskipun wilayahnya yang tidak terlalu luas, tapi Belanda kerap menjadi pilihan utama bagi turis mancanegara untuk berlibur termasuk pelancong asal Indonesia yang tengah berlibur ke Eropa. Belanda memeiliki sejumlah pesona wisata yang dapat menjadi pilihan kalian untuk berlibur. Berikut 5 tempat wisata menarik yang ada di Belanda.

1. The Peace Palace

The Peace Palace netherlands
Source : denhaag.com

Pertama wisatawan dapat berkunjung ke The Peace Palace yang merupakan bangunan bersejarah dan kerap dijadikan tempat pertemuan penting para delegasi PBB. Bangunan ini memiliki gaya arsitektur yang unik menyerupai kastil eropa abad pertengahan. Bangunan ini juga terbuat dari kayu yang merupakan hadiah dari negara Indonesia untuk Belanda.

2. Desa Kinderdijk

Desa Kinderdijk
Source : liawisata.com

Berikutnya wisatawan dapat berkunjung ke desa Kinderdijk yang menjadi pusat konsentrasi terbesar dari kincir angin Belanda. Kincir Angin sendiri berguna untuk mengalirkan kelebihan air dari polder, yang terletak di bawah permukaan laut. 19 kincir angin di Desa Kinderdijk ini dibangun sekitar tahun 1740-an. Kincir angina disini masih terpelihara dengan baik sehingga dapat dijadikan sebagai tempat tujuan wisata bagi para wisatawan yang berkunjung.

3. Taman Bunga Keukenhof

Taman Bunga Keukenhof
Source : bobo.grid.com

Destinasi wisata selanjutnya ialah Keukenhof Gardensm sebuah taman bunga indah dan terbesar di Belanda. Sekitar tujuh juta bibit bunga ditanam setiap tahunnya di taman ini, seperti bunga tulip, gondok, bakung dan bunga musim semi lainnya. Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke Belanda tanpa mengabadikan momen dengan latar belakang perkebunan bunga yang indah, taman-taman ini dibuka dari minggu terakhir bulan Maret hingga pertengahan bulan Mei.

4. Frisian Islands

frisian islands netherlands
Source : dreamstime.com

Nah, selanjutnya lagi kalian dapat bersafari ke Frisian island yang mana dalam bahasa indonesia Frisian Islands berarti Rantai pulau. Para wisatawan dapat berjalan ke Pulau ini dengan berjalan kaki saat keadaan laut surut. Untuk dapat berwisata ke pulau unik ini kalian harus menggunakan jasa pemandu wisata yang sudah berlisensi disana ya.

5. Kota Amsterdam dan Kanalnya

amsterdam
Source : tourkeeropa

Terakhir yang wajib anda kunjungi ketika berlibur ke Belanda tentu saja ibukota negara tersebut yaitu kota Amsterdam. Di Amsterdam banyak juga tempat wisata yang terkenal yang dapat kalian kunjungi, sebut saja landmark tulisan “I Amsterdam” yang merupakan ikon kota ini dan berlokasi di beberapa tempat wisata diantaranya yaitu di Rijksmuseum Museum, di Bandara Schiphol Amsterdam, dan diberbagai tempat wisata lainnya. Hal menarik lainya yang dapat di lakukan di kota ini seperti menyusuri berbagai kanal/anak sungai indah, dan bersepeda menyusuri keramaian kota.

            Nah, itulah profil Negara Belanda dan beberapa spot wisata terbaiknya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com