-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Profil Negara Korea Selatan dan Potensi Wisata yang Dimilikinya! (South Korea)

Tidak ada komentar

South Korea
Source : dlpng.com

Selain Jepang, Republik Korea Selatan adalah sebuah negara maju di benua Asia Ibu Kotanya bernama Seoul , Negara Korea Selatan terletak di bagian selatan Semenanjung Korea. Di sebelah utara, negara ini berbatasan dengan Republik Rakyat Demokratik Korea Utara. Semenanjung Korea telah terbagi antara utara dan selatan semenjak tahun 1945. Korea Selatan merupakan negara bekas jajahan Jepang selama 45 tahun dan akhirnya berhasil memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 15 Agustus 1948.  Selain itu, akhir-akhir ini popularitas Negara Korea Selatan sedang naik daun di berbagai Negara dunia termasuk Indonesia berkat kemajuan industri hiburan mereka yang mendunia.

Profil Negara Korea Selatan

  • Nama Lengkap : Republik Korea (Republic of Korea)
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden MOON Jae-in (sejak 10 Mei 2017)
  • Kepala Pemerintahan : Presiden MOON Jae-in (sejak 10 Mei 2017)
  • Ibukota : Seoul
  • Luas Wilayah : 100,210 km2
  • Jumlah Penduduk : 51,2 juta jiwa (2020)
  • Bahasa Resmi : Korea
  • Agama : Kristen (Katolik dan Protestan) 31,6%, Buddha 24,2% dan Tidak beragama43,3%
  • Mata Uang : Won Korea Selatan (KRW)
  • Hari Nasional : 15 Agustus 1945 (dari Jepang)
  • Lagu Kebangsaan : “Aegukga” (Patriotic Song)
  • PDB Per Kapita : US$. 31.362,75,-
  • Kode Telepon : 82
  • Lokasi : Benua Asia (Asia Timur)

Perekonomian Korea Selatan

Sebagai Negara maju, tentu pertumbuhan Ekonomi Korea Selatan menjadi salah satu yang terbaik di Asia bahkan dunia. Korea Selatan juga tergabung dalam beberapa organisasi ekonomi internasional seperti G-20 ekonomi utama, WTO, APEC dan OECD. Pertumbuhan ekonominya yang sangat cepat ini membuat negara ini dikenal dengan sebutan Macan Asia. Penghasilan utama negeri ini berupa Padi, Serealia, Kedelai, Kacang Tanah, sayur-sayuran pada sektor agraris. Sementara pada sektor pertambangan menghasilkan Biji Timah, Biji Tembaga, Biji Besi, Biji Bauksit, Tungsten, Minyak, dan Batubara. Untuk sektor Industri dan elektronik sendiri menjadi sektor yang paling krusial dalam mengangkat pamor perekonomian Korea Selatan seperti Industri  Perfilman, Animasi, Elektronik, Otomotif, Ban, Panel Plasma, Ponsel, Peripheral, Komputer, Kerajinan, Kapal, Pariwisata, Alat Musik, alat-alat rumah tangga dan sebagainya.

Wisata Korea Selatan

Korea Selatan identik dengan serial drama Koreanya, tapi negeri gingseng juga punya banyak tempat wisata yang menarik dan indah. Berikut 5 destinasi wisata pilihan terbaik yang ada di Korea Selatan.

1. Pulau Nami

nami island korea
Source : colourbox.com

Salah satu wisata terpopuler di Korea Selatan ialah Pulau Nami yang terletak di Chuncheon-si, Gangwon-do, Korea Selatan. Pulau Nami merupakan sebuah pulau kecil yang indah dan unik di Korea Selatan dan jarak antara Kota Seoul menuju pulau Nami sekitar 63 km saja. Pulau Nami dapat menjadi spot wisata paling direkomendasikan untuk kalian yang ingin berbulan madu bersama pasangan dengan nuansa romantic. Fakta lainya, pulau ini kerap dijadikan sebagai lokasi syuting berbagai drama atau serial film Korea.

2. Taman Nasional Bukhansan

Taman Nasional Bukhansan
Source : liawisata.com

Berikutnya, wisatawan dapat berkunjung ke Taman Nasional Bukhansan yang terletak di sebelah utara sungai Han, Korea tepatnya di tengah kota Seoul. Setidaknya, terdapat lebih dari 1.300 spesies flora dan fauna di taman ini. Selain itu juga terdapat salah satu peninggalan sejarah Korea Selatan yakni Benteng Bukhansanseong, sebuah benteng yang telah berdiri lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Selain itu, di Taman Nasional Bukhansan ini, para wisatawan juga dapat menyaksikan puluhan ngarai, puncak granit, dan aliran sungai yang jernih.

3. South Korea Palace

South Korea Palace
Source : pinterest.com

Istana Korea Selatan merupakan salah satu bangunan tua yang dibanguan pada zaman dinasti Joseon . Di Korea Selatan sendiri stidaknya terdapat 5 macam tempat grand plance atau istana yang dibangun pada zaman Dinasti Joseon. Kelima istana tersebut antara lain Gyeongbokgung, Changdeokgung, Gyeonghuigung, Changgyeonggung, dan Deoksugung. Tempat-tempat tersebut cukup populer di kalangan wisatawan mancanegara dan tempat-tempat tersebut pun sering kali digunakan sebagai tempat syuting drama-drama Korea.

4. Pulau Jeju

Pulau Jeju
Source : travel.okezone.com

Selain Pulau Nami, Korea Selatan masih memiliki spot wisata Pulau Jeju yang tersohor. Tempat ini dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 130 km dari pantai korea Selatan. Pulau ini juga menawarkan keindahan alam yang eksotik dan menenangkan dengan berbagai spot seperti padang savana, gunung,  sungai, tebing, air terjun dan padang bunga liar yang indah.

5. Kota Seoul

seoul city
Source : cntraveler.com

Terakhir kalian wajib untuk menyusuri kota Seoul yang fenomenal, selain sebagai pusat ibukota negara Seoul sendiri merupakan rumah bagi setengah warga Korea Selatan bersama dengan warga international lainya. Selain itu di tengah kota ini terdapat sebuah sungai yang terkenal di Korea Selatan yaitu Sungai Han yang indah serta landmark berupa Namsan Seoul Tower. Seoul memiliki catatan sejarah panjang bagi peradaban Korea Selatan karena terdapat berbagai peninggalan-peninggalan yang berasal dari dinasti Joseon disini.

        Nah, itulah profil Negara Korea Selatan dan 5 spot wisata terbaiknya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com