-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Profil Negara New Zealand beserta 5 Spot Wisata Terbaiknya!

Tidak ada komentar

New Zealand
Source : es.wikipedia.org

Jika ditanya perihal apa Negara dengan bentang alam tercantik di dunia? Jawaban mimin akan mengarah ke Selandia Baru, sebuah Negara makmur di kawasan Oceania atau sebelah selatan Samudera Pasifik. Secara historis, New Zealand awalnya ditemukan oleh 2 orang penjelajah dunia masing-masing Abel Tasman pada tahun 1642 dan kapten Inggris James Cook pada tahun 1769, menurut sejarah nama New Zealand diambil dari salah satu nama rovinsi di Belanda yaitu Zeeland. Selandia Baru memiliki dua wilayah luar yaitu Tokelau dan Ross Dependency  yang berada di Antartika.

Profil Negara Selandia Baru

  • Nama Negara : New Zealand
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional
  • Kepala Negara : Ratu Elizabeth II (Ratu Britania Raya) namun diwakili Gubernur Jenderal Dame Patricia Lee REDDY (sejak 28 September 2016)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Jacinda ARDERN (sejak 26 Oktober 2017)
  • Ibukota : Wellington
  • Luas Wilayah : 268.021 km2
  • Jumlah Penduduk : 4.886 juta (Juli 2018)
  • Suku Bangsa : Eropa 71.2%, Maori 14.1%, Asia 11.3% dan suku bangsa lainnya.
  • Agama : Kristen 44.3%, Hindu 2.1%, Buddha 1.4%, Kristen Maori 1.3%, Islam 1.1%, Agama Lainnya 1.4%, tidak beragama 38.5%, tidak diketahui 8.2% (2013)
  • Bahasa Resmi : Inggris
  • Mata Uang : Dolar Selandia Baru (NZD)
  • Hari Kemerdekaan : 26 September 1907 (merdeka dari Britania Raya)
  • Lagu Kebangsaan : God Defend New Zealand
  • PDB Per Kapita : US$ 41,945,33,- (2018)
  • Kode Telepon : 64
  • Lokasi : Benua Australia dan Oseania

Perekonomian Selandia Baru

        Selandia Baru merupakan Negara dengan perekonomian termaju di kawasan Oceania selain Australia tentunya, laju pertumbuhan penduduknya pun hanya berkisar 0,77% pada 2018. Aktivitas perekonomian terbesar di negera ini dilakukan pada sektor pertanian dan peternakan, di bidang peternakan domba dan sapi merupakan salah satu sumber pendapatan ekonomi tertinggi di negara ini, Sekitar  hasil-hasil ternak pun seperti daging, wol, mentega dan keju. Selain itu bidang pertanian, kehutanan dan perkebunan juga menghasilkan  sayur-mayur, buah-buahan dan kayu. Dari pertambangan sendiri Selandia Baru banyak menghasilkan batubara, pasir besi hitam, minyak bumi dan gas alam. Sektor industri Selandia Baru juga tergolong maju , terbukti dengan banyaknya berdiri pabrik-pabrik industri di Selandia Baru terutama di kota-kota besar seperti Auckland atau Wellington.

Wisata di Selandia Baru

        Untuk urusan destinasi pariwisata jangan ragukan Selandia Baru, dengan topografi alam yang memukau tentu ada banyak pilihan spot pariwisata di negeri ini. Berikut 5 spot wisata terbaik di Selandia Baru.

1. Coromandel

coromandel new zealand
Source : tripsavvy.com

Pertama, wisatawan dapat berkunjung ke Coromandel yang berlokasi di sisi barat Semenanjung Coromandel, pantai Timur pulau Utara Selandia Baru. Kota pelabuhan ini terkenal dengan keindahan alamnya mulai dari area pantai yang meyuguhkan panorama memukau serta keunikan hutan hujannya yang berkabut. Hal menarik yang dapat dilakukan di tempat ini ialah dengan menjelajahi Taman Hutan Coromandel, membuat kolam spa panas sendiri dipasir Pantai Air Panas dan juga berlayar menjelajahi pulau-pulau dengan menggunakan jasa perahu.

2. Wellington

Wellington
Source : theurbanlist.com

Berkunjung ke suatu Negara luar tak lengkap rasanya jika tidak berplesir ke pusat ibu kotanya. Kota Wellington adalah tempat yang wajib untuk kalian telusuri ketika berlibur ke Selandia Baru. Kota yang terkenal dengan julukanya Windy City ini memiliki pemandangan berbukit yang indah, selain itu berdirinya berbagai bangunan berarsitektur kuno maupun modern semakin menambah estetika keindahan kota Wllington. Wellington adalah pusat bisnis dan budaya yang berkembang bagi perusahaan dan penduduk yang mencintai kehidupan santai di sini.

3. Mount Victoria

mount victoria new zealand
Source : newzealand.com

Kembali dengan wisata alam, Selandia Baru masih memiliki hiden gem yaitu Mount Victoria yang merupakan salah satu pegunungan atau perbukitan indah yang berdekatan dengan kota Wellington, tinggi perbukitan ini hanya sekitar 196 mdpl, tentu para wisatawan akan dibuat terpukau dengan melihat keindahan kota Wellington dari atas bukit.

4. Bay Of Islands

Bay Of Islands
Source : planetware.com

Selanjutnya wisatawan dapat menghabiskan waktu berkunjung ke Bay Of Islands sebuah spot wisata alam indah lainya yang ada di New Zealand. Keistimewaan tempat ini adalah dengan adanya 144 pulau yang terbentang saling berjajar rapi dan indah, banyak hal menarik yang dapat dilakukan di Bay of Islands seperti berlayar mengintari teluk-teluk, bermain di pantai, hingga melihat-lihat keindahan hayati yang ada di sekitar Bay of Islands. 

5. Hobbiton

hobbiton new zealand
Source : newzealand.com

Terakhir, pelancong dapat menyambangi Hobbiton, wisata terpopuler lainya yang ada di Selandia Baru. Tempat ini memiliki keaneka ragaman flora indah yang ditanam pada ladang-ladang yang rapi. Dinamakan Hobbiton karena ditempat ini terdapat rumah kecil yang menyerupai goa-goa sepertihalnya rumah hobit di serial film fantasi.

         Nah, itulah profil Negara indah New Zealand beserta potensi wisata yang dimilikinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com