-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Profil Negara Laos dan 5 Spot Wisata Terbaik yang Dimilikinya!

Tidak ada komentar

Source : commons.wikimedia.org

Jika sebelumnya kita membahas Kamboja, kali ini kita akan membahas Negara tetangganya yaitu Laos. Secara geografis, Negara Laos dikelilingi oleh perbukitan-perbukitan hijau yang panjang, Laos juga dilintasi oleh sungai terpanjang di Asia Tenggara yaitu sungai Mekong, sehingga negara ini dijuluki sebagai ''The Land Locked Country'' atau negara yang terkurung dengan daratan karena tidak memiliki lautan. Sejarah modern Laos dimulai sejak tahun 1949, ketika Laos merdeka dari perancis. Pada tahun-tahun setelah kemerdekaan, Laos terkoyak oleh perang saudara. Pemerintahan komunis mengambil alih kekuasaan pada tahun 1975 dan terus memerintah Laos hingga saat ini.

Profil Negara Laos

  • Nama Lengkap :  Lao People’s Democratic Republic
  • Bentuk Pemerintahan : Negara Komunis
  • Kepala Negara : Presiden BOUNNYANG Vorachit (sejak 20 April 2016)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri THONGLOUN Sisoulit (sejak 20 April 2016)
  • Ibukota : Vientiane
  • Luas Wilayah : 237.955 km2
  • Jumlah Penduduk : 7.298.125 jiwa (Worldmeters 2020)
  • Suku Bangsa/Etnis : Laos 53.2%, Khmou 11%, Hmong 9.2%, Phouthay 3.4%, Tai 3.1%, Makong 2.5%, Katong 2.2%, Lue 2%, Akha 1.8%, etnis lainnya 11.6%
  • Bahasa Resmi : Bahasa Laos
  • Agama : Buddha 64.7%, Kristen 1.7%, tidak beragama 31.4%, agama lainnya 2.1%
  • Mata Uang : Kip Laos (LAK)
  • Hari Nasional : 2 Desember 1975 (hari Republik); 19 Juli 1949 (Hari Kemerdekaan dari Perancis)
  • Lagu Kebangsaan : “Pheng Xat Lao” (Hymn of the Lao People)
  • PDB Per Kapita : USD 2.542,49,- (2018)
  • Kode Telepon : 856
  • Lokasi : Benua Asia (Asean)

Perekonomian Laos

Untuk sektor perekonomian sendiri Negara Laos banyak di topang oleh berbagai sektor yang pertama adalah sektor agraris atau pertanian dengan komoditas utamanya padi, kopi, kapas, jagung, sayur-mayur. Selanjutnya di sektor Pertambangan, Negara ini cukup banyak menghasilkan timah dan tembaga di beberapa wilayah negara. Sektor selanjutnya ialah pariwisata, Laos ternyata mampu memperoleh penghasilan yang cukup baik di bidang pariwisata, banyaknya resort wisata di Laos menjadikan negara ini menjadi salah satu negara yang memiliki banyak wisata menarik di Asean. Terakhir sektor Perindustrian, beberapa industri yang terdapat di negara ini seperti penggergajian kayu, semen, rokok, minuman, korek api, plastik, dan industri kerajinan,

Tempat Wisata di Laos

Salah saktor penopang perekonomian negara Laos adalah sektor pariwisata, banyak spot wisata menarik yang dapat wisatawan kunjungi selama di Laos. Nah, berikut mimin pilih 5 spot wisata menarik yang ada di Laos.

1. Pha That Luang

Pha That Luang
Source : architectureofbuddhism.com

Wisata pertama yang dapat dikunjungi ialah Pha That Luang yang berada di pusat kota Vientiane, candi Buddha yang megah ini memiliki kombinasi emas pada arsitekturnya. Sejak awal pembentukannya yang diyakini pada masa abad ke-3, candi ini mulai mengalami beberapa renovasi sampai tahun 1930 karena invasi-invasi dari penjajah. Pada umumnya tempat wisata Pha That Luang dianggap sebagai monumen nasional yang terpenting dan sebagai simbol nasional.

2. Luang Prabang

Luang Prabang
Source : worldnomads.com

Selanjutnya, wisatawan dapat berkunjung ke Area Luang Prabang yang terkenal di Laos dan kalian akan menemui sebuah air terjun yang indah yaitu air terjun Kuang Si. Air terjun ini sangat indah karena memiliki beberapa bagian menyerupai tingkatan. Selain itu, di area Luang Prabang ini juga terdapat spot wisata lain seperti Royal Palace Museum, All Lao Elephant Camp, Wat Xien Thong (Golden City Temple), serta beberapa toko barang-barang unik, Mount Phousi  dan beberapa tempat yang lainnya.

3. Sungai Mekong

Sungai Mekong laos
Source : tempatwisataunik.com

Nah, yang spot yang satu ini sudah menjadi identitas tersendiri bagi Negara Laos yaitu Sungai Mekon. Ketika berkunjung dan menyusuri seungai ini, banyak fenomena unik yang dapat kalian temui mulai dari tempat ikan-ikan raksasa "Catfish Mekong" sampai munculnya bola naga api. Selain itu, di tepi sungai ini digunakan segabai tempat jual beli souvenir atau buah tangan khas Laos, tempat makan dan tempat-tempat peristirahatan.

4. Gunung Phu Chi Fa

Gunung Phu Chi Fa
Source : id.pinterest.com

Selanjutnya, Laos masih memiliki wisata alam yang syahdu yaitu gunung Phu Chi Fa dan hutan taman nasional perbatasan antara Laos dan Thailand. Dengan ketinggian berkisar antara 1.200 hingga 1.600 mdpl menjadikan pendakian ke tempat ini dapat di nikmati dengan santai, selain itu suhu di area gunung Phu Chi Fa ini rata-rata sekitar 20 °C dan memiliki tiga musim yaitu panas, hujan, dan dingin yang dipengaruhi oleh angin muson tropis. Waktu yang cocok untuk mengunjungi gunung ini adalah saat matahari terbit agar dapat melihat indahnya sunrise di pagi hari.

5. Kota Vientiane dan Patuxai

patuxai vientiane
Source : freepik.com

Terakhir, kalian wajib berkunjung dan mengintari Ibukota Loas yaitu Vientiane, selain itu wisatawan dapat berkunjung ke Patuxai yaitu sebuah monumen perang yang terletak di kota Vientiane, Laos. Patuxai dibangun antara tahun 1957 hingga tahun 1968. The Patuxai didedikasikan untuk orang-orang yang berjuang dalam memperebutkan kemerdekaan dari Perancis. Sistem air mancur musikal dipasang di taman dan sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin menghilangkan penat di sore hari.

            Nah, itulah profil singkat Negara Laos dan 5 potensi wisata terbaik yang di milikinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com